Binyamin Netanyahu

Foto:

Binyamin Netanyahu


Nama Lengkap : Binyamin Netanyahu

Alias : Benjamin Netanyahu

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Tel Aviv, Istrael

Tanggal Lahir : Jumat, 21 Oktober 1949

Zodiac : Balance

Warga Negara : Israel


Istri : Dr. Miriam Weizmann, Fleur Cates, Sara Ben-Artzi
Anak : Noa, Yair, Avner
BIOGRAFI

Benjamin Netanyahu adalah perdana menteri Israel, sekaligus ketua umum dari Partai Likud. Sebelumnya, ia pernah memegang beberapa jabatan penting, yaitu sebagai Menteri Kesehatan Israel, Menteri Urusan Pensiunan Israel, dan Menteri Strategi Ekonomi Israel. Ia lahir di Tel Aviv, tepatnya pada tanggal 21 Oktober 1949. Ia merupakan putra dari Zila dan Ben-Zion Netanyahu. Ben-Zion merupakan seorang profesor sejarah yahudi yang juga sekaligus mantan editor Hebrew Encyclopedia atau Ensiklopedi Ibrani. Kakaknya, Yonatan, adalah seorang militer yang tewas pada Operasi Entebbe pada tahun 1976, dan adiknya, Iddo, adalah seorang radiolog dan penulis. Ketiga bersaudara tersebut pernah berdinas di satuan pengintai Sayeret Matkal.

Saat ia berusia 14 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat dan tinggal di Cheltenham Township, Pennsylvania. Netanyahu muda bersekolah di Sekolah Menengah Atas Cheltenham, lalu ia meneruskan pendidikannya ke Institut Teknologi Massachusetts dan mendapatkan gelar B.Sc di bidang arsitektur. Lalu ia meneruskan jenjang pendidikannya ke MIT Sloan School of Management dan mendapatkan gelar MBA. Ia pun juga pernah belajar ilmu politik di Universitas Harvard. Pada saat itu, ia mengubah namanya menjadi Benjamin Ben Nitai.

Setelah ia lulus pasca-sarjana, Netanyahu sempat terjun di bidang bisnis, lalu pada tahun 1982 ia diangkat menjadi Wakil Kepala Misi di Kedutaan Besar Israel di Washington, D.C. Pada tahun 1984, ia dipercaya untuk menjadi Duta Besar Istral untuk Amerika Serikat, dan posisi ini ia emban sampai tahun 1988. Pada tahun 1988, ia terpilih menjadi anggota Knesset (anggota parlemen Israel) di bawah pemerintahan Yitzhak Shamir sampai dengan tahun 1992. Ketika Shamir pensiun dan mengundurkan diri dari bidang politik karena kekalahan partai Likud dalam pemilu tahun 1992, untuk pertama kalinya partai tersebut melakukan pemilu untuk memilih ketua partainya. Netanyahu mencalonkan diri sebagai calon ketua umum partai Likud, dan ia pun menang setelah mengalahkan Binyamin Ze'ec Begin dalam pemilihan tersebut.

Ia memenangkan pemilihan umum sebagai perdana menteri pada tahun 1996, dan memegang posisi tersebut sampai jabatannya habis pada tahun 1999. Netanyahu kemudian mengajukan dirinya lagi sebagai calon perdana menteri dari Partai Likud pada tahun 1999, namun ia kalah dan posisi perdana menteri akhirnya dipegang oleh Ehud Barak. Setelah kekalahan tersebut, Netanyahu mengundurkan diri dari kancah politik Israel. Pada tahun 2002, ia sempat ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri, dan kemudian berganti menjadi Menteri Keuangan pada tahun 2003 sampai dengan tahun 2005.

Pada tahun 2005, ia mengajukan dirinya lagi untuk menjadi pemimpin Partai Likud dan ia pun terpilih kembali. Pada pemilu 2009, ia mengajukan dirinya lagi sebagai calon perdana menteri Israel, dan ia pun terpilih kembali dan tetap memegang posisi tersebut sampai sekarang. Semasa hidupnya, Netanyahu pernah menikah tiga kali. Pernikahan pertamanya adalah dengan Miriam Weizmann yang ia kenal sewaktu ia masih di Boston. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai satu anak yang bernama Noa. Namun keduanya bercerai pada tahun 1978, dan Netanyahu menikah lagi dengan Fleur Cates pada tahun 1981, ia adalah seorang warga negara Inggris. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai 2 anak, yaitu Yair dan Avner. Pasangan tersebut bercerai pada tahun 1984, dan Netanyahu menikah lagi dengan Sara Ben-Artzi pada tahun 1991.

 

Riset dan Analisis: Galih Setyo Pribadi

Last Update: 11/07/2014

PENDIDIKAN
  • Sekolah Menengah Atas Cheltenham
  • Institut Teknologi Massachusetts
  • MIT Sloan School of Management
  • Universitas Harvard
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya