Baihaki Hakim

Foto:

Baihaki Hakim


Nama Lengkap : Baihaki Hakim

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Sijunjung, Sumatera Barat

Tanggal Lahir : Kamis, 3 Desember 1942

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Perubahan wajah Pertamina yang bisa dilihat sekarang tidak lepas dari gebrakan yang dibuat oleh Baihaki Hakim ketika memangku jabatan sebagai direktur utama Pertamina. Saat itu, presiden KH Abdurrachman Wahid ingin memperbaiki kinerja Pertamina dan untuk itu membutuhkan orang yang berpengalaman di bidang perminyakan. Baihaki yang baru saja purna sebagai Presiden Direktur PT. Caltex setelah bergelut selama 31 tahun di perusahaan migas, diusulkan untuk memimpin Pertamina.

Bersama Baihaki, Pertamina memperbaiki citra di dalam negeri dan memiliki program go international dengan mengerjakan proyek-proyek di ladang minyak internasional seperti Vietnam, Irak dan Myanmar. Begitu pula dengan ladang minyak dan gas di dalam negeri yang sebelumnya banyak digarap oleh pihak asing, kini Pertamina masuk ke dalam percaturan migas nasional dan siap bersaing di dalamnya.

Perbaikan citra Pertamina nampak dalam pelayanan kepada masyarakat yang lebih transparan dan ramah. Kesan Pertamina sebagai tempat KKN perlahan-lahan dikikis, diawali dengan kebijakan yang sangat diingat masyarakat yaitu pejabat Pertamina tidak boleh menerima bingkisan Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Jenjang karir dalam Pertamina juga diperbaiki oleh Baihaki, yang sebelumnya kental dengan senioritas dan tidak memungkinkan generasi muda untuk memiliki jabatan, diubah menjadi kesempatan karir terbuka bagi siapa saja yang berprestasi. 

Baihaki Hakim digantikan oleh Arifi Nawawi pada tahun 2003, hanya dua tahun setelah Baihaki dilantik menjadi Dirut Pertamina.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

PENDIDIKAN
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
KARIR
  • Direktur Utama Pertamina
  • Presiden Direktur PT Caltex Indonesia
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya