Tunjukkan kecintaan pada batik, Ini yang dilakukan Happy Salma

Kamis, 20 April 2017 17:21 Sumber :

Merdeka.com - Wanita Indonesia sudah selayaknya menjaga warisan budaya, khususnya dalam hal pakaian tradisional. Hal ini pula yang dilakukan oleh aktris cantik Happy Salma yang mengaku sangat mencintai Batik hingga mengoleksinya.

"Kebetulan setelah di Bali terbiasa pakai kain. Di Bali ada kegiatan budaya dan adat, harus pakai kain. Beberapa belakangan mementaskan tokoh sastra, jadi cukup sering pakai kain," ujar Happy Salma saat ditemui di Museum Bang Indonesia, Kota, Jakarta Barat, Selasa (12/4).

"Batik. Saya koleksi batik juga. Almarhum ibu saya ada batik. Karena saya Sunda dan Jawa, memang itu sudah terbiasa dari kecil. Adik saya digendong pakai kain batik. Mau tidur pakai batik kainnya. Meninggal pakai batik," imbuh wanita berambut panjang tersebut.

Tak hanya sekadar koleksi, namun Happy juga menghargai proses pembuatan Batik tersebut. Selain membeli langsung pada pembuatnya, wanita tahun tersebut juga memburu kain khas daerah lainnya di berbagai pelosok Nusantara.

"Cukup banyak. 10 tahun lalu belajar Batik di musium tekstil susah banget. Saya hargai proses pembuatan Batik, saya mau beli langsung ke pembuatnya," ungkap aktris yang aktif bermain teater tersebut.

"Saya ke daerah kayak ke Kalimantan, beli kain khas sana. Sumbawa, Lamarela, ke mana lah tempat ada kain saya simpan dan jadikan koleksi," pungkasnya.

(kpl/pur/pit)


Sumber: Kapanlagi.com
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.