Tak Disangka Dulunya Pengamen, 5 Orang Ini Sekarang Jadi Artis Terkenal

Jumat, 5 April 2019 10:35 Reporter : Dian Rosadi
Tak Disangka Dulunya Pengamen, 5 Orang Ini Sekarang Jadi Artis Terkenal Iwan Fals tampil di HUT SCTV. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Menjadi artis Indonesia terkenal menjadi mimpi bagi sebagian musisi. Beragam usaha dilakukan untuk merengkuh kesuksesan lewat dunia tarik suara.

Beragam perjuangan pun ditempuh. Mulai dari mengumpulkan uang untuk rekaman hingga mengikuti ajang pencarian bakat.

Namun siapa sangka di balik karier cemerlang seorang artis tidak ditempuh dengan cara instan. Sebelum merengkuh kesuksesan menjadi terkenal, sebagian musisi mengawalinya menjadi pengamen di jalanan.

Berikut lima artis yang dulunya menjadi pengamen jalanan dan sekarang menjadi terkenal:

1 dari 5 halaman

Iwan Fals

Siapa tak kenal Iwan Fals. Pria bernama asli Virgiawan Listanto ini menjadi salah satu legenda musik di Indonesia lewat karya-karyanya.

Penyanyi yang terkenal lewat lagu-lagu bertema sosial ini telah melahirkan puluhan karya yang banyak dinikmati masyarakat. Karyanya disukai dari beragam kalangan. Namun siapa sangka jika Iwan Fals ternyata mengawali karier bermusiknya sebagai pengamen jalanan. Iwan diketahui pernah menjadi pengamen di jalanan Kota Bandung.

2 dari 5 halaman

Charly Van Houten

Muhammad Casmali Parli atau dikenal sebagai Charly Van Houten merupakan seorang musisi yang dikenal lewat bandnya ST 12. Charlie pun merengkuh kesuksesan lewat bandnya tersebut.

Namun di balik kesuksesanya, Charlie ternyata pernah menjadi pengamen. Charlie biasa mengamen di sekitar stasiun dan jalanan Kota Bandung.

3 dari 5 halaman

Via Vallen

Via Vallen menjadi pedangdut yang terbilang sukses. Di usia yang terbilang muda yakni 27 tahun, Via telah meraih beragam kesuksesan. Apalagi terakhir dia berhasil meraih penghargaan di Moskow, Rusia.

Di balik kesuksesan yang diraih saat ini ada cerita suka duka yang dialaminya. Ternyata Via Vallen pernah mengamen ketika masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar. Kala itu dia mengamen selepas pulang sekolah bersama adik-adik dan tetangganya.

4 dari 5 halaman

Ryan dMasiv

Rian Ekky Pradipta atau dikenal sebagai Rian D'Masiv merupakan vokalis dari grup musik d'Masiv. Pada tahun 2003, bersama Kiki, Rai, Rama dan Wahyu, mereka mendirikan grup musik itu.

Sebelum digandeng oleh label musik ternama tanah air, Ryan bersama d'masiv ternyata mengalami masa perjuangan dengan menjadi pengamen. Uang receh yang mereka dapat digunakan untuk latihan di studio. Ryan mengaku sering mengamen di bus rute Ciledug-Petukangan-Blok M.

"Tahun 2003 bikin band, sempat ngamen-ngamen di bus buat biaya latihan di studio. Ikut-ikut festival band nyewa alat di studio musik karena belum bisa beli alat musik. Itu pun bayar sewa nya kalo menang festival baru di bayar. Kakau engga menang ya ngutang dulu untung yang punya studio baik. Tahun 2008 mimpi gua jadi kenyataan @dmasivbandofficial di kontrak label impian gua dari kecil @musicastudios setelah kita menang festival tingkat nasional juara 1 dari 3000 band yang ikut festival tersebut," tulis Rian di akun instagramnya.

5 dari 5 halaman

Aris Idol

Januarisman atau yang lebih dikenal dengan nama Aris 'Idol' pemenang ajang pencarian bakat Indonesian Idol pada tahun 2008. Lewat penampilannya Aris berhasil memukau dewan juri dan mengungguli Gisella Anastasia atau Gisel yang berada di posisi kedua.

Kesuksesan Aris rupanya tidak diraih secara instan. Dia menapaki karier bermusiknya dengan menjadi pengamen jalanan. Aris biasa mengamen di kereta listrik dan bis. [end]

Baca juga:
Sederet Perayaan Mewah Ulang Tahun Anak Artis Indonesia
Artis Indonesia Ini Yang Kaget Melihat Sikap Jokowi
Mirip Tapi Bukan Saudara, Artis Indonesia Cantik Ini Sering Disebut Kembar
Para Artis Cantik Ini Punya Adik Ganteng, Kamu Dijamin Jatuh Cinta

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini