'SOEKAMTI DAY', album Endank Soekamti yang penuh ide segar

Jumat, 18 Maret 2016 16:28 Sumber :
'SOEKAMTI DAY', album Endank Soekamti yang penuh ide segar Endank Soekamti KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Merdeka.com - Satu album baru Endank Soekamti telah resmi dipublikasi bulan Ferbruari lalu. Meski kini rilisan fisik penjualannya cukup sulit tak menyurutkan Erix, Ari dan Dori untuk menjual albumnya dalam bentuk CD.

Sebuah terobosan dilakukan oleh trio asal kota Yogyakarta ini. Yup, album baru yang diberi judul SOEKAMTI DAY ini dikemas dalam bentuk boxset yang akan menjadi hal 'segar' di tengah keringnya minat masyarakat pada rilisan fisik.

Saat media visit ke Kantor KapanLagi.com®, Erix menjelaskan bahwa boxset ini dibanderol Rp 350 ribu per paket. Jangan salah, isinya sangat lengkap dan dibuat sangat premium dengan CD Audio, DVD behind the scene pembuatan album, komik Soekamti Day, T-Shirt, gelang dan sertifikat atas apresiasi pembelian rilisan fisik. Keren kan?

Masih kemahalan? Ada opsi lain kok yang disiapkan oleh Erix."Jika boxset ini dirasa kemahalan kalian juga bisa miliki komiknya dengan harga 75 ribu maka akan dapat CD juga. Kalau masih dirasa kemahalan lagi kalian bisa download versi digitalnya," ucap vokalis yang suka banget bercanda ini.

Sayangnya boxset SOEKAMTI DAY dibatasi produksinya. Hanya akan ada 5000 paket boxset yang disiapkan.

Untuk ide yang sangat original ini merupakan salah satu bukti bahwa dalam setiap masalah pasti ada jalan. "Ini adalah bentuk inovasi kami menciptakan peluang dengan kreatifitas," kata Erix.

Bagi kalian yang mengikuti perkembangan musik indie tentu sangat sering sekali mendengar musisi yang merilis album fisik mereka dalam format vinyl. Endank Soekamti juga ditanya mengapa mereka gak bikin SOEKAMTI DAY dalam format piringan hitam ini.

"Kalau vinyl terlalu mainstream dan terlalu ikut-ikutan. Lalu penggandaan vinyl yang bagus ada di luar negeri. Lalu kalau mencetak boxset sama dengan kami memperkerjakan industri kreatif lain. Contohnya handmade untuk boxset, artworknya. Lalu penggandaan CD dan DVD. Di sini juga ada komik. Lalu ada T-shirt yang merupakan hasil dari industri kecil kreatif Indonesia. Satu lagu, pasar kami tidak terlalu masuk ke vinyl. Boxset lebih pantas dengan segment," jelas Erix.

Album ini pun bisa dinikmati oleh siapa saja, termasuk saudara-saudara kita yang memiliki kekurangan dalam pendengaran. Sebuah video klip dengan format khusus dibuat untuk mereka. Lalu apa ya alasan Endank Soekamti membuat klip semacam ini?

"Tujuannya kami ingin teman-teman tuli bisa menikmati musik dengan lirik. Nah lirik itu bisa sampai kalau kami bisa menyampaikan dengan cara mereka. Karena banyak pesan positif di sini dan bisa membuat energi kami berkembang," ungkap Erix tentang cerita di balik pembuatan klip khusus ini.

Endank Soekamti juga mengajak para pendengarnya untuk berkarya lho. Semua lagu dalam album ini bisa diaransemen sesuka hati oleh kita. Caranya buka aja SoekamtiKaraoke.com nanti kalian bisa mengaransemen album ini. Jadi tunggu apa lagi? Ayo berkreasi!

(kpl/pur/otx)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Sumber: Kapanlagi.com

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini