Soal industri musik, Jokowi bakal tiru pemerintah Inggris

Rabu, 6 Agustus 2014 21:47 Sumber :
Soal industri musik, Jokowi bakal tiru pemerintah Inggris Jokowi KapanLagi.com

Merdeka.com - Hari ini Matt Hart, gitaris Arkarna akhirnya bertemu dengan Jokowi di Balai Kota Jakarta, Rabu (6/8). Matt ditemani Abdee Slank dan Olga Lydia saat bertamu ke tempat kerja gubernur dan wakil gubernur Jakarta itu.

Awalnya, saat gitaris berambut pirang ini datang ke Balai Kota, Jokowi sedang blusukan ke Waduk Marunda. Matt pun baru bertemu dengan Jokowi sekitar pukul 17.00 WIB.

Ketika bertemu, Matt yang mengenakan setelan jas rapi itu mengobrol dengan Jokowi yang mengenakan kemeja putih. Kunjungan Matt ke Jakarta untuk mengucapkan selamat, sekaligus ingin tahu program Jokowi untuk masa depan Indonesia, terutama di bidang industri kreatif.

"Kita ngobrol banyak soal industri kreatif, terutama di London dan di Indonesia. Saya ingin tahu kenapa musik mereka bisa berkembang pesat sejak tahun 1970-an," timpal Jokowi kepada KapanLagi.com.

Jokowi mengungkapkan ia membicarakan soal pembajakan dan masalah royalti yang masih belum jadi perhatian utama pemerintah. Menurutnya, jika musisi mendapatkan royalti atas karyanya, maka pemerintah pun pasti akan mendapatkan income dari pajak.

Tidak luput dari diskusi kecilnya bersama Matt, Jokowi juga akan memperhatikan infrastruktur untuk pertunjukan seni, khususnya musik. Musik Indonesia dipercaya bisa berkembang pesat jika musisi diberi tempat untuk berekspresi dengan mudah dan nyaman.

Menariknya, seperti yang dilakukan pemerintah inggris terhadap musisinya, Adele dan One Direction, pemerintah Indonesia di bawah Jokowi juga akan mendukung penuh karya musisi melalui insentif.

"Ketiga, regulasi insentif dari pemerintah harus jalan sebagai dorongan dari negara untuk mengembangkan musik. Misalnya, artis menghasilkan album, maka diberi insentif atau ada juga insentif promosi," tambahnya.

(Kpl/hen/trn)

Topik berita Terkait:
  1. Artis Dukung Jokowi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Sumber: Kapanlagi.com

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini