Sebelum Terkenal Jadi Penyanyi, 4 Keahlian Anji Manji Jarang Diketahui Publik

Kamis, 28 Maret 2019 11:46 Reporter : Dian Rosadi
Sebelum Terkenal Jadi Penyanyi, 4 Keahlian Anji Manji Jarang Diketahui Publik anji. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Anji Manji menjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari terakhir. Lewat aksinya melakukan 'sidak' musisi jalanan yang membawakan lagunya, Anji sukses membuat pengunjung CFD Kota Malang terkejut. Video yang diunggah di kanal youtubernya, telah diputar lebih dari 10 juta kali.

Pemilik nama Erdian Aji Prihartanto ini telah sukses berkarier sebagai musisi. Lewat band Drive, nama Anji semakin dikenal. Meski pada akhirnya Anji memutuskan keluar dari band yang membesarkan namanya itu pada 2011.

Di balik semua pencapaian Anji hingga saat ini, ada sisi lain Anji yang jarang diketahui publik. Hal itu diungkapkan Aji saat berbincang dengan Raffi Ahmad di kanal youtube Rans Entertainment.

Berikut sisi lain Anji yang jarang diketahui publik:

1 dari 4 halaman

Pernah Jadi Guru Bahasa Mandarin

Sebelum memutuskan sebagai musisi, Anji pernah mengajar Bahasa Mandarin. Anji diketahui pernah mengeyam pendidikan di jurusan Sastra Mandarin Universitas Indonesia.

Anji mengungkapkan jika ketertarikan untuk mempelajari bahasa Mandarin awalnya karena ketidaksukaannya kepada etnis Tionghoa. Namun setelah mengetahui lebih dalam, Anji mengaku banyak pelajaran yang didapatnya dari orang etnis Tionghoa, khususnya tentang pola hidup.

"Jadi gua tuh kuliah. Dulu gue tuh engga suka sama orang chinese. Karena gue ketemu sama orang chinese terus mereka nyebelin. Tapi terus gue mikir kenapa kok mereka kaya kaya, banyak duit gitu. Akhirnya gue berencana mempelajari mereka dan gue masuk sastra mandarin di UI. Setelah gue pelajarin malah jadi suka sama polanya mereka, pola hidup, kerja kerasnya. Mereka engga malu loh di siang siang bawa barang buat dijualin," kata Anji kepada Raffi Ahmad.

Anji pun sempat mengajar di sejumlah lembaga kursus, sekolah hingga private ke sejumlah perusahaan. Pekerjaan yang didapatnya saat itu diperoleh Lewat bekal ilmunya di bangku kuliah.

"Dulu gue pernah ngajar di kursus. Waktu itu di LM Patra. Terus gue ngajarin orang kantoran bahkan sampe direkturnya bahasa mandarin terus gue pernah ngajar di SMK 20 Fatmawati. Gur ngajar mereka dan itu dibayar sebagai guru. Gue waktu itu sehari bisa dapet duit 250 ribi sehari. Saat itu gede loh. Dibayar segitu. Maksudnya gue menggunakan ilmu yang didapat dari kampus," ucap Anji.

2 dari 4 halaman

Jadi Penguji Tenaga Kerja Luar Negeri

Selain guru, Anji juga sempat menjadi penguji tenaga kerja yang berangkat ke luar negeri. Hal itu berkat kemampuannya menguasai bahasa Mandarin Anji menjadi penguji tenaga kerja yang kerja di Taiwan.

"Gue pernah jadi penguji tenaga kerja yang mau ke ke Taiwan," kata Anji.

3.Pernah Gagal Rekaman

Sebelum sukses seperti sekarang, Anji mengalami masa pahit saat meniti karier sebagai musisi. Anji mengaku pernah gagal rekaman.

Di awal kariernya sebagai musisi dia didukung penuh oleh orang tua. Bahkan ibunda Anji sampai sampai keluar uang ratusan juta buat merintis karier sebagai artis .

"Jadi nyokap gue pengen (Anji) jadi artis. Dia mendukung 3 anaknya. Jadi ade gue, abang gue itu masing-masing punya band. Dimodali semua walaupun itu jual mobil, pinjem duit kemana mana sampai akhirnya nyokap gue nyerah. Maaf ya udah ga kuat lagi," kata Anji.

Namun hingga suatu titik, Anji berhasil melejit lewat bandnya bersama Drive. Di balik kesuksesaanya sekarang, Anji mengaku tak akan lupa dengan perjuangan orang tuanya saat awal merintis karier

"Gue sih yakin apa yang gue dapat sekarang karena buah dari itu juga. Kita harus memperhatikan orang tua kita,"ucap Anji.

3 dari 4 halaman

Pernah Gagal Rekaman

Sebelum sukses seperti sekarang, Anji mengalami masa pahit saat meniti karier sebagai musisi. Anji mengaku pernah gagal rekaman.

Di awal kariernya sebagai musisi dia didukung penuh oleh orang tua. Bahkan ibunda Anji sampai sampai keluar uang ratusan juta buat merintis karier sebagai artis .

"Jadi nyokap gue pengen (Anji) jadi artis. Dia mendukung 3 anaknya. Jadi ade gue, abang gue itu masing-masing punya band. Dimodali semua walaupun itu jual mobil, pinjam duit ke mana -mana sampai akhirnya nyokap gue nyerah. Maaf ya sudah ga kuat lagi," kata Anji.

Namun hingga suatu titik, Anji berhasil melejit lewat bandnya bersama Drive. Di balik kesuksesan sekarang, Anji mengaku tak akan lupa dengan perjuangan orang tuanya saat awal merintis karier

"Gue sih yakin apa yang gue dapat sekarang karena buah dari itu juga. Kita harus memperhatikan orang tua kita,"ucap Anji.

4 dari 4 halaman

Bercita-cita jadi Diplomat

Anji mengungkapkan jika salah satu cita-citanya menjadi seorang diplomat. Hal itu merupakan cita-citanya sejak kecil selain menjadi penyanyi.

"Jadi cita cita gue sejak kecil itu ada dua, jadi penyanyi dan diplomat," kata Anji.

 

[end]
Topik berita Terkait:
  1. Anji
  2. Artis Indonesia
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini