Saat Dian Sastrowardoyo Jawab Kritik Pedas Menteri Yasonna Laoly

Senin, 30 September 2019 07:15 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Saat Dian Sastrowardoyo Jawab Kritik Pedas Menteri Yasonna Laoly Dian Sastro/instagram Dian Sastro. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu artis Indonesia yang gencar menolak RUU KUHP. Penolakannya itu diungkapkan melalui akun Instagramnya @therealdisastr. Dia mengunggah ulang tulisan aktivis Tunggal Pawestri yang memberikan sorotan terhadap sejumlah pasal kontroversial di RUU KHUP.

Salah satunya yakni soal korban perkosaan akan dipenjara selama 4 tahun jika menggugurkan janin hasil perkosaan.

Komentar tersebut mendapat dukungan, sekaligus mendapat kritikan dari masyarakat. Termasuk dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Kritikan Menteri Yasonna kemudian dibalas dengan jawaban menohok dari Dian Sastrowardoyo.

Tak hanya membalas kritikan, Dian juga mengomentari soal penjemputan Dandhy Dwi Laksono dan Ananda Badudu. Berikut kritikan Dian Sastrowardoyo:

1 dari 5 halaman

Kritikan Menteri Yasonna

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menjawab kritikan Dian Sastro. Dia menyebut jika Dian Sastro terlihat bodoh, karena belum membaca aturan tersebut secara utuh.

"Dian Sastro tidak membaca UU sebelum komen. Jadi terlihat bodoh. Apa yang disampaikan tidak seperti itu, tapi sudah komentar dan jadi ke mana-mana," kata Yasonna Laoly.

2 dari 5 halaman

Jawaban Menohok Dian Sastro

Dian Sastro merespon apa yang disampaikan Menkumham. Dia memberikan jawaban menohok.

"Karena lebih baik kita merasa bodoh, dan terus belajar daripada sudah merasa sudah tahu semuanya," tulis Dian Sastro di instagram story.

Tak cukup sampai di situ, Dian Sastro menyebut jika dirinya tidak akan bisa dibungkam meski mendapat respon kurang menyenangkan dari Menkumham.

"You can call me anything you want. But we shall not be silenced (Anda bisa memanggil saya apa pun yang Anda inginkan. Tapi kita tidak akan dibungkam)," kata Dian Sastro.

3 dari 5 halaman

Dapat Gelar dari Sudjiwo Tejo

Hal ini rupanya menarik perhatian budayawan Sudjiwo Tejo. Dia bahkan memberikan gelar 'Putri Reformasi' kepada Dian Sastro atas kritiknya terhadap aturan yang dibuat pemerintah dan DPR.

"Dengan pernyataan Dian Sastro yang begini, maka Republik #Jancukers memberi gelar padanya Puteri Reformasi ..Namanya pun kami ubah dengan tumpeng 8 penjuru angin menjadi: DIAN YANG TAK KUNJUNG PADAM .. nama@panggilannya YANG," tulis Sujiwo Tejo di akun twitternya.

4 dari 5 halaman

Dian Sastro juga Komentar Soal Dandhy Dwi Laksono dan Ananda Badudu

Kabar soal polisi menjemput Dandhy Dwi Laksono dan Ananda Badudu membuat publik geger. Dian pun bingung dengan kejadian tersebut.

Seperti diketahui, Dandhy Dwi Laksono ditangkap polisi pada Kamis (26/9) malam, sementara Ananda Badudu ditangkap Jumat (27/9) pagi. Dandhy ditangkap, karena cuitannya soal Papua di twitter. Adapun Ananda Badudu ditangkap karena disebut mendanai aksi demo mahasiswa beberapa hari lalu.

Dian Sastro menyampaikan kabar penangkapan aktivis dan musisi tersebut lewat akun instagramnya. "Breaking news pagi ini: 1. Dandhy Laksono, aktivis, ex jurnalis, founder watchdoc, produser film sexy killers. Ditangkap polisi dgn UU ITE. 2. Ananda Badudu, musisi. Ditangkap polisi karena dianggap mendanai demo. Padahal dia cuma galang dana di kitabisa, utk bantu logistik mahasiswa," tulis Dian Sastro.

"Kenapa jadi begini sih... ?" tulisnya lagi.

5 dari 5 halaman

Dian Teringat Kasus Wiji Thukul

Dian Sastro mengaku telah melihat detik-detik penangkapan Ananda Badudu. Hal itu diketahui dari instagram story Ananda Badudu. Dian pun mengaku teringat saat menonton film tentang aktivis Widji Thukul saat ditangkap.

"Liat ig story @anandabadudu saya jadi inget gimana rasanya nonton film #IstirahatlahKataKata dan proses penangkapan #widjithukul Dan ketegangan saat membaca novel #lautbercerita karya @leilachudori," tulis Dian Sastro. [dan]

Baca juga:
Dandhy Dwi Laksono dan Ananda Badudu Ditangkap Polisi, Dian Sastro Buka Suara
Jawaban Menohok Dian Sastro Setelah Disebut Bodoh oleh Menkumham Yasonna Laoly
Gara-Gara Ini, 5 Artis Indonesia Pernah Dicap Sombong
Dian Sastrowardoyo Blak-blakan Anak Pertamanya Tunjukkan Tanda Autisme
Deretan Aktor-Aktris yang Bakal Jadi Superhero di Jagat Sinema BumiLangit

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini