Raffi Ahmad Buka Rahasia Rans Entertainment Bisa Raup Penghasilan Hingga Miliaran

Kamis, 31 Oktober 2019 11:12 Reporter : Dian Rosadi
Raffi Ahmad Buka Rahasia Rans Entertainment Bisa Raup Penghasilan Hingga Miliaran raffi ahmad. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sosok Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kini tak hanya eksis di layar kaca. Pasangan artis ini kini sangat dikenal di dunia maya lewat channel youtube mereka, Rans Entertainment.

Channel yang dibuat pada akhir 2015 itu kini telah memiliki hampir 11 juta subscriber. Konten-konten yang mengangkat tentang kehidupan keluarga Raffi Ahmad rupanya mendapat sambutan hangat dari para warganet.

Pundi-pundi rupiah Raffi Ahmad semakin bertambah lewat bisnis digitalnya tersebut. Sahabat Raffi Ahmad, Denny Cagur bahkan menyebut jika Raffi bisa meraup pendapatan hingga puluhan miliar dari Rans Entertainment.

1 dari 8 halaman

Awalnya Tak Tertarik dengan Media Sosial

Raffi Ahmad mengungkapkan jika awalnya dia tidak tertarik dengan media sosial. Raffi yang pada saat itu mendapat banyak job di televisi dianggapnya sudah cukup untuk dikenal publik. Hal itu pula yang membuat Raffi tak tertarik dengan medsos.

"Gini, waktu gue nikah sama Nagita kan di live. Apa-apa dipublikasi, jadi fans ngikutin. Gue waktu itu engga punya sosmed kan, karena waktu itu gue ngerasa, punya acara 'Dashyat'. Abis 'Dahsyat' diwawancara sama infortainment, dari situ gue ngerasa udah cukup keseharian disitu," kata Raffi.

"Gue pernah nanya ke Raffi. Fi lo ga main instagram. Jawabnnya ngapain main instagram ," kata Denny Cagur menirukan ucapan Raffi beberapa tahun silam.

2 dari 8 halaman

Raffi Buat Youtube untuk Abadikan Momen Bersama Keluarga

Raffi mulai tertarik dengan medsos saat Nagita hamil. Saat itu Raffi mengaku dirinya membuat akun instagram. Tujuan dia membuat akun instagram yakni untuk mengabadikan momen saat Nagita hamil.

"Jadi pas setaun temen-temen gue main instagram gue engga ngerti. Awal gue make instagram itu pas nagita hamil. Awalnya gue iseng aja bikin. Awalnya yang penting ngeabadiin Nagita dari kurus sampai gendut, bahasa-bahasanya gitu. Jadi waktu itu emang momen sih. Orang orang udah nunggu instagram gua. Pas gua punya instagram Nagita lagi hamil. Jadi kan orang nunggu perkembangan terus sampai lahir gitu terus," katanya.

Begitu pula dengan Youtube. Raffi mulai membuat channel youtube untuk mengabdikan anak semata wayangnya, Rafathar.

"Youtube juga gue belum. Waktu itu gue mikirnya 'ah ngapai gue punya acara 'Janji Suci'. Youtube gue bikin pas Rafathar bayi. Niatnya bener bener mengabadikan Rafathar. Main 5 bulan subscriber 300 ribu. Dari situ udah ga gue mainin 2 tahun. Pas liat temen temen gue main youtube, dari situ mulai aktif lagi," katanya.

"Jadi pemikiran gue 'ah gue udah besar di tv'. Itu pemikiran yang salaha saat itu," imbuh Raffi.

3 dari 8 halaman

Buat Konten yang Disukai

Raffi mulai menyadari manfaat dari media sosial. Dia mulai sering mengunggah foto-foto kehidupan keluarganya ke media sosial.Dia mulai banyak belajar soal konten-konten yang banyak disuka oleh warganet.

"Ternyata kalau instagram yang gua pelajari itu ada dua. Satu capture moment, satu lagi word moment. Caption tulisan dan foto. Terkadang nih kalau misalnya udah lama ga ketemu orang, kita kasih foto (di medsos). Nah kita kasih gambar love aja itu udah pasti tinggi (jumlah like) tapi ditambah lagi dengan caption yang menceritakan. Kalau orang Indonesia itu dia suka ngeliat gambar dulu nih," kata Raffi menjelaskan.

"Banyak like pas foto family atau ada satu momenlah. Tapi kalau gue sendiri, Gigi sendiri, Rafathar sendiri engga sebesar gabungan emang (jumlah like). Jadi kita mempelajari karakter karakter instagram," imbuh Raffi.

4 dari 8 halaman

Mulai Memperhatikan Jam Posting

Raffi Ahmad juga mempelajari waktu-waktu tertentu untuk memposting konten di medsosnya. Waktu-waktu ini merupakan waktu paling banyak orang mengakses medsos. Waktu paling banyak orang mengakses medsos kata Raffi yakni di sore hari dan malam hari.

"Sebenernya yang kenceng sih di sore sama di malem. Mungkin orang lagi di jalan pulang. Cuma kalau lo posting gambar yang ada ceritanya pasti tinggi," katanya.

5 dari 8 halaman

Hasilkan Pundi-pundi Rupiah

Raffi tak menampik, hadirnya Rans Entertainment telah menjadi sumber penghasilan baru baginya di luar syuting. Jumlahnya pun tak main-main. Belum lagi dari banyaknya sponsor yang bekerjasama di channel Raffi.

"Raffi ini luar biasa, dari hal yang engga suka anti sosmed, sekarang sosmed jadi salah satu kehidupan dia yang banyak menghasilkan pundi pundi untuk Raffi," kata Denny kepada Raffi.

"Iya gue akuin sekarang udah mulai tapi ya kita ga bisa pungkiri juga," kata Raffi.

6 dari 8 halaman

Tak Menyangka Dampak Medsos yang Luar Biasa

Raffi Ahmad pun mengaku tak menyangka dengan dampak dari media sosial yang dirasakannya hingga saat ini. Di instagram Raffi dan Nagita kini memiliki 34,5 juta pengikut. Sementara Youtube hampir 11 juta.

"Gue ga nyangka impac-nya sosmed itu begini," kata Raffi.

7 dari 8 halaman

Membuat Suasana Kerja yang Nyaman untuk Karyawan

Raffi Ahmad memiliki tim yang khusus menggarap media sosial terutama youtube. Karyawan yang tergabung di rans sendiri ada 30 orang. Sementara khusus untuk youtube ada 12 orang.

Raffi mengaku dirinya sengaja menyediakan PS di kantornya. Hal ini untuk membuat suasana kerja yang nyaman.

"Kenapa mereka ada tempat mainnya supaya dibikin nyaman. Jangan sesuatu yang kaku," kata Raffi.

8 dari 8 halaman

Medsos dan TV Jalan Beriringan

Raffi menyebut meski dirinya eksis di dunia maya, dia tetap tidak melupakan televisi. Sebab baik medsos maupun televisi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Kalau bisa lo punya sosmed lo harus tetep jaga. Keduanya, sama sama memberikan etalase menguntungkan satu sama lain. Jalan berbarengan aja," kata Raffi kepada Denny Cagur.

"Nagita baru beberapa bulan pegang semakin gue sibuk engga mungkin ngepost di lokasi syuting melulu karena si netizen pengen ngeliat daily family. Ngapain si rans family ini," kata Raffi. [end]

Baca juga:
Raffi Ahmad Buka Suara Terkait Video Syur yang Dituduhkan Pada Nagita Slavina
Denny Cagur Geleng-geleng Lihat Kantor Raffi: Kerjanya Santai Hasilnya Puluhan Miliar
Begini Jadinya Barbie Kumalasari Bertemu Nagita Slavina Bicara Soal Berlian
Lagi-Lagi, Raffi Ahmad Unggah Foto Mangap Nagita Slavina
Membandingkan Saldo ATM Raffi Ahmad dan Barbie Kumalasari

Topik berita Terkait:
  1. Raffi Ahmad
  2. Denny Cagur
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini