Presiden SBY dapat royalti dari YKCI

Sabtu, 16 Juni 2012 07:46 Sumber :
Presiden SBY dapat royalti dari YKCI SBY

Merdeka.com - Meski jabatannya sebagai seorang Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata juga mendapatkan royalti atas kepemilikan beberapa lagu yang ada di albumnya. SBY pun berhak untuk mendapatkan royalti dari Yayasan Karya Cipta Indonesia.

Dalam perkembangannya, Presiden SBY memang mendaftarkan lagunya untuk bisa dimintai royaltinya di KCI. Untuk tahun ini, KCI akan membayarkan royalti kepada para pencipta musik di Indonesia yang tergabung dalam organisasinya sebesar Rp3,4 miliar.

"Kita akan mendistribusikan royalti tahun ini, sebelum puasa mendatang sekitar akhir bulan Juli. Semuanya sebesar Rp 3,4 miliar. Royalti ini akan didistribusikan kepada semua pencipta, semua pencipta akan mendapatkan bagian sampai ke SBY juga karena beliau adalah anggota KCI," ujar Enteng Tanamal, Ketua Dewan Pembina KCI saat jumpa pers di Tee Box Cafe, Jakarta, Kamis (14/6).

Dana Rp3,4 miliar ini sebagian juga akan didistribusikan untuk membayar royalti lagu musisi luar negeri yang digunakan untuk keperluan iklan dan tayangan televisi. "Distribusi royalti untuk lokal Rp 2,8 miliar dan asing sekitar Rp 500 juta lebih," ujarnya.

Pengurus KCI yang baru saja kembali dari Irlandia untuk mengikuti pertemuan internasional, dalam kesempatan tersebut, KCI memperkenalkan diri dan menyerahkan CD album SBY yang merupakan seorang Presiden dan menjadi anggota KCI. "Mereka kaget kalau Presiden saja menjadi anggota," pungkasnya.

Selain itu, sebagai informasi, Yayasan KCI kini sudah tidak tergabung lagi dengan CISAC (Konfederasi Pencipta Lagu dan Komposer Internasional). Hal ini disebabkan karena pihak CISAC menginginkan KCI untuk membenahi pendistribusian royalti yang selama ini tidak berjalan. (kpl/sjw)


Sumber: Kapanlagi.com
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Karya Cipta Indonesia
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini