Opera Kemayoran, menggebrak panggung lewat kejujuran berkarya

Kamis, 12 Juni 2014 15:11 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
Opera Kemayoran, menggebrak panggung lewat kejujuran berkarya Opera Kemayoran. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Mungkin drama musikal sudah tidak asing lagi bagi sebagian warga Indonesia, terutama warga Jakarta. Dalam waktu dekat, menyambut dan memperingati Hari Ulang Tahun kota Jakarta, sekelompok penggiat seni ibu kota akan menghelat pagelaran musikal yang berbeda. Semangat berkarya dari seorang Benyamin Suaeb (Alm.) diangkat ke dalam bentuk pertunjukan drama musikal yang juga akan dipentaskan di gedung pertunjukan termegah di Jakarta saat ini, Teater Jakarta – Taman Ismail Marzuki.

Opera Kemayoran, sebuah karya kolaborasi dari Athpal Sofie Paturusi, Diky Soemarno, dan Toto Sokle sebagai penulis naskah, mengangkat kehidupan urban Jakarta ke atas panggung dengan intrik dan kompleksitas kota Jakarta. Bercerita tentang perjalanan seorang Beni, yang terbawa ke dalam alam mimpi dan membuat ia berada di masa lampau dan juga masa sekarang. Jakarta di tahun 2040, di mana kesemrawutan, kekacauan dan segala bentuk konflik dari gambaran manusia metropolitan yang seolah telah terjadi perubahan moral perilakunya. Beni si "Biang Kerok" adalah seseorang yang ingin berubah menjadi manusia yang tentunya lebih baik.

Pertunjukan Opera Kemayoran sendiri disutradarai oleh Ohan Adiputra, sutradara terbaik Festival Teater Jakarta 1985, bergabung dengan Teater Koma sejak 1988 dan di tahun 1995 sudah menjadi asisten sutradara dan pemusik di teater tersebut, di tahun 2011 bersama N. Riantiarno membangun wahana "Funtastique Multimedia Show" dengan lakon "Timun Mas" di salah satu taman hiburan terbesar di Indonesia.

Pertunjukan ini akan membawakan 29 nomor lagu dari karya maestro seni Indonesia, Benyamin Suaeb (Alm). Sebut saja Kompor Meledug, Siapa Suruh ke Jakarta, Zorro Kemayoran, Nonton Bioskop, dan Di Sini Aje. Semua akan dibawakan dengan aransemen berbeda hasil garapan seorang komposer Yusuf Oeblet, yang merupakan music director dari Pertunjukan Opera Kemayoran.

Lebih dari 30 aktor yang telah lolos dalam proses audisi akan berperan dalam pertunjukan ini. Poppy Sovia, aktris yang dikenal lewat lakonnya di film "Catatan Harian si Boy" akan mengambil bagian sebagai pemeran utama dalam pertunjukan ini bersama dengan Jimi Multhazam, namanya dikenal sebagai vokalis band The Upstairs, yang berperan sebagai Beni. Nama-nama seperti Omas, Mastur, Bonita, Tony Q, Ria Probo, Gofar Hilman juga akan memeriahkan pertunjukan ini.

"Pertunjukan ini sesuatu. Saya pribadi tertarik dengan konsep pertunjukan ini yang mengambil nilai-nilai dan semangat berkarya dari maestro seni Indonesia, Benyamin Suaeb (Alm), yang jujur dan sederhana tanpa menghilangkan nilai-nilai dan kualitas dari seni itu sendiri." seru Ohan Adiputra selaku sutradara Opera Kemayoran.

Opera Kemayoran akan diselenggarakan pada 21 Juni 2014 hingga 22 Juni 2014, bertempat di Teater Jakarta – Taman Ismail Marzuki. Setiap harinya akan ada 2 kali pertunjukan, pukul 15.00 WIB dan 20.00 WIB. Informasi mengenai Opera Kemayoran dapat dilihat pada situs resmi di http://www.operakemayoran.com.

Baca juga:
Diundur, Drama Musikal Opera Kemayoran hadir di bulan Desember

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini