Nostalgia, inilah 10 Anime paling legendaris di Indonesia

Jumat, 6 Maret 2015 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Nostalgia, inilah 10 Anime paling legendaris di Indonesia Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Jika berbicara masa kecil, mungkin tidak akan ada habisnya. Selalu ada hal-hal menyenangkan yang terlintas saat bernostalgia ke masa itu. Salah satunya adalah keceriaan kala mengikuti serial tv kartun favorit di hari minggu.

Ya, ini adalah salah satu keuntungan bagi orang tua yang memiliki anak untuk tidak usah repot membujuk sang buah hati agar tidak keluar rumah. Cukup menyalakan tv saja, anak-anak zaman dulu akan langsung duduk manis dari jam 6 pagi sampai tiba waktu makan siang. Tontonan kartun tanpa henti menghiasi layar kaca dengan cerita beragam serta menarik di tiap minggunya.

Berbeda dengan sekarang. Televisi kerap menayangkan acara-acara yang kurang mendidik seperti live musik misalnya dangdut dengan menampilkan penyanyi seksi. Atau juga menayangkan infotainment yang sebenarnya sama sekali tidak dibutuhkan oleh anak-anak.

Nah, kali ni merdeka.com akan mengajak Anda bernostalgia melihat bagaimana keceriaan zaman dulu cukup terpuaskan dengan 10 film anime paling legendaris di Indonesia. Kira-kira film apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 10 halaman

Dragon Ball dan Dragon Ball Z

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Jika Anda adalah seorang anak 1980 atau 1990-an, maka kemungkinan masa kecil Anda akan dibesarkan oleh film Dragon Ball setiap akhir pekan. Entri pertama dalam seri trilogi membentang hingga 153 episode dan membawa cerita yang sangat menarik.

Sangat menyenangkan. Cerita dikemas seperti petualangan seru yang sangat menantang. Terlebih lagi melihat bagaimana Son Goku bertarung dengan para musuhnya.

Berlanjut di tahun 1996, film ini kembali menyapa masyarakat dunia dengan Dragon Ball Z. Di seri ini, lebih seru dibanding dengan sebelumnya. Musuh datang dengan lebih kuat, yakni Frieza dari planet lain dan siap menghancurkan Planet Namec. Anak Goku yang sudah bisa bertarung, Son Gohan dipaksa untuk melawan Frieza menyelamatkan Namec.

2 dari 10 halaman

One Piece

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Lahir sejak 1999. Film ini juga syarat akan aksi-aksi petualangan yang tak kalah seru. Setiap episodenya cukup menyenangkan dan menarik untuk diikuti. Serial ini mendekati nyaris 700 episode yang saat ini sedang berlangsung.

Ada yang berkata bahwa nantinya One Piece akan segera menghadirkan tokoh baru yang dikembangkan dengan jauh lebih baik. Luffy dan Zoro menjadi pemain yang sangat disorot karena penokohan yang sangat kental.

3 dari 10 halaman

Naruto dan Naruto Shippuden

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Naruto mirip dengan Dragon Ball dalam memulai cerita untuk nantinya beralih ke Shippuden. Film Naruto hadir pertama kali di tahun 2002 dengan mencatat 220 episode yang sangat menarik. Kekuatan tiap tokohnya membuat Naruto banyak dicintai.

Beralih ke tahun 2007, Naruto mulai masuk ke ranah Shippuden. Ini jauh lebih 'keras'. Adegan perkelahian yang mendebarkan membuat seri ini semakin banyak menarik perhatian masyarakat dunia. Namun sayangnya saat Naruto sudah memasuki babak akhir episode, banyak fans yang kecewa karena episode terakhirnya jauh dari ekspektasi mereka.

4 dari 10 halaman

Gundam

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Ini adalah salah satu serial paling laris di Jepang besutan studio Sunrise. Kepopuleran Gundam telah menghasilkan bisnis waralaba yang menguntungkan. Waralaba dari serial Gundam tersebut telah diproduksi dalam berbagai macam format seperti anime, film bioskop, manga, novel, mainan, video game, dan lain sebagainya.

Film ini memulai debutnya dilayar kaca sekitar tahun 1979 silam degan Mobile Suit Gundam. Seri pertama ini berisi 43 episode yang berakhir pada tahun 1980. Beberapa seri lainnya adalah Mobile Suit Zeta Gundam 1985, Mobile Suit Gundam ZZ 1986, Mobile Suit Victory Gundam 1993, dan Mobile Suit Gundam Unicorn 2009.

5 dari 10 halaman

Digimon

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Digimon sebenarnya adalah singkatan dari Digital Monster. Uniknya, meskipun sudah terkenal di Indonesia dan beberapa negara di dunia, pencipta Digimon sampai sekarang enggan muncul di publik. Dia dianggap sangat misterius, termasuk perannya dalam penciptaan Digimon bernama Akiyoshi Hongo.

Digimon adalah makhluk hidup semacam program kecerdasan buatan yang tersusun atas kumpulan data digital. Mereka memiliki berbagai macam jenis dengan bentuk yang bermacam-macam dan memiliki jurus-jurus serangan serta kemampuan evolusi ke tingkat yang lebih tinggi.

Digimon dirilis pertama kali oleh perusahaan Bandai pada tanggal 26 Juni 1997. Karena kesuksesannya, generasi kedua Digimon dirilis pada bulan Desember tahun itu juga dan diikuti oleh generasi ketiga pada tahun 1998. Untuk konsol permainan, Digimon pertama kali muncul pada konsol Sega Saturn.

Di Indonesia, digimon pernah ditayang di TV swasta nasional dari season pertama hingga season kelima.

6 dari 10 halaman

Detektif Conan

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Ini adalah salah satu anime yang sangat terkenal di dunia. Sejak 1994, cerita ini dipublikasikan pada majalah mingguan, Shonen Sunday di Jepang. Serial ini menceritakan Shinichi Kudo, seorang detektif yang masih duduk di sekolah menengah atas. Tubuhnya mengecil keran racun yang diberikan oleh seorang penjahat kala itu.

Kemudian cerita ini diadaptasi ke serial animasi TV diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation Jepang sekitar tahun 1997. Nyaris sama dengan cerita aslinya, Shinichi Kudo yang mengecil akhirnya menyamar menjadi seorang anak SD bernama Conan Edogawa. Untuk membalas dendam, Conan tinggal bersama teman masa kecilnya dulu Ran Mouri. Dia adalah anak dari Kogoro Mouri yang juga seorang detektif swasta.

Aksi Conan memecah kejahatan sangat luar biasa. Dengan cara menyuntikkan jarum bius ke Kogoro, detektif cilik itu kemudian beraksi mengungkap kejahatan dengan menggunakan Kogoro sebagai media agar identitasnya tidak kelihatan.

7 dari 10 halaman

Doraemon

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Tahun 1969 Fujiko F. Fujio sukses mengarang cerita Doraemon yang kini sudah terkenal di seluruh dunia. Cerita tentang robot kucing dari masa depan ini cukup gemari. Terlebih lagi dengan kemampuan mengeluarkan berbagai alat ajaib dari kantong di perutnya.

Petualangan hidup bersama Nobita, Giant, Suzuka, Suneo, dan Dekisugi membuat banyak masyarakat dunia menyukainya. Unsur komedi anak yang ada di setiap episode menambah serial ini semakin menarik. Sayangnya, beberapa waktu lalu film terakhir Doraemon telah dirilis dengan judul 'Stand by Me'.

8 dari 10 halaman

Sailormoon

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Tahun 1992 menjadi awal kebangkitan dari 5 remaja cantik yang memiliki kekuatan super, bernama Sailormoon. Mereka adalah Usagi Tsukino, Ami Mizuno (Sailor Mercury), Rei Hino (Sailor Mars), Makoto Kino (Sailor Jupiter), dan Aino Minako (Sailor Venus).

Mereka adalah lima tokoh utama, yang sebenarnya juga ada banyak Sailor, seperti Setsuna Meiou (Sailor Pluto), Chibiusa (Sailor Chibi Moon), Haruka Tenou (Sailor Uranus), Michiru Kaioh (Sailor Neptunus), Hotaru Tomoe (Salior Saturnus), serta Mamoru Chiba seorang pemuda tampan berambut hitam yang pada awal seri sering menggoda Usagi. Kehadirannya kerap dihubungkan dengan pahlawan Tuxedo Bertopeng.

9 dari 10 halaman

Pokemon

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Pada mulanya, Pokemon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy. Pokemon merupakan permainan video tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga diciptakan oleh Nintendo.

Nama Pokemon sendiri merupakan nama romanisasi dari nama Jepang, 'Pocket Monsters'. Dalam ceritanya, ada 649 spesies fiksi yang muncul di sana.

Sementara itu, serial TV Pokemon merupakan pengembangan dari seluruh seri permainan video yang lebih dulu terkenal di Jepang. Karakter utama dalam serial TV Pokémon adalah Ash Ketchum (alias Satoshi di versi Jepang). Ash bersama teman-temannya (Brock Misty, dan Misty) berusaha untuk mengumpulkan para Pokemon untuk menumpas kejahatan.

Ash memiliki satu pokemon yang paling setia bernama Pikachu. Kekuatan Pikachu berasal dari seluruh tubuhnya yang mampu mengeluarkan sengatan listrik tegangan tinggi. Sayangnya, terkadang Pikachu belum bisa mengontrol kekuatannya sendiri. Alhasil, Ash dan teman-temannya tak jarang ikut tersengat listrik.

10 dari 10 halaman

Dash Yonkuro

Film Anime legendaris di Indonesia. ©2015 Merdeka.com

Pada tahun 1989, film berjudul Dash Yonkuro langsung menggebrak pasar dengan mengusung tema mobil mainan mini 4WD yang sejatinya sudah lebih dulu marak di Jepang tahun 1982.

Berkat adanya film ini, banyak masyarakat Indonesia yang seketika menggandrungi mobil mainan yang kerap disebut 'Tamiya' tersebut.

Yonkuro nama pemain utama serial ini adalah seorang anak laki-laki yang mengidolakan sang ayah yang tak lain adalah seorang pebalap dunia terkenal. Keahliannya dalam mengemudi dikagumi banyak orang. Itulah alasan Yonkuro menjadikan ayahnya idola dalam kehidupan sehari-harinya.

Bermula dari membentuk tim mini 4 WD dengan nama tak asing didengar saat itu, yakni 'Dash Warrior', Yonkuro memulai kariernya cukup gemilang. Dash Warior beranggotakan lima orang, yakni; Yonkuro, Tankuro, Shinkuro, Punkuro dan Rinko yang merupakan pemeran wanita satu-satunya. [ega]

Baca juga:
Menkominfo tak bisa paksa TV swasta tayangkan film animasi lokal
Dan Stevens, 'The Beast' pasangan si cantik Emma Watson
Ada kekhawatiran besar melanda animator dalam negeri
Industri film animasi Indonesia butuh 'bapak asuh'

Topik berita Terkait:
  1. Film Animasi
  2. Top List
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini