Nicholas Saputra tingkatkan kesadaran HIV/AIDS lewat Cinta Dari Wamena

Selasa, 4 Desember 2012 20:07 Sumber :
Nicholas Saputra tingkatkan kesadaran HIV/AIDS lewat Cinta Dari Wamena Pemain CINTA DARI WAMENA. Sumber: KapanLagi.com

Merdeka.com - Nicholas Saputra dan Susan Bachtiar bakal tampil dalam sebuah film yang berlokasi di provinsi Papua untuk tingkatkan kesadaran terhadap HIV/AIDS. Pemerintah Australia melalui program pembangunannya, AusAID, mendanai film bertemakan HIV, CINTA DARI WAMENA (FROM WAMENA WITH LOVE) pada Hari AIDS Sedunia.

Facebook.com" width="476" />

Film yang disutradarai oleh Lasja Susatyo ini akan ditayangkan di bioskop-bioskop di Indonesia pada Maret 2013. Kisahnya bercerita tentang persahabatan tiga orang anak yang meninggalkan kampung halaman mereka untuk mengejar impian dan menghadapi berbagai tantangan kehidupan di Wamena.

"Film ini diprakarsai oleh pemerintah kabupaten Jayawijaya yang akan digunakan sebagai media alternatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap HIV/AIDS, khususnya untuk menurunkan stigma dan diskriminasi masyarakat terhadap mereka yang hidup dengan HIV," ujar Unit Manager HIV AusAID, Adrian Gilbert.

Susan Bachtiar menemani para pemain film di Blitz Megaplex" width="476" height="293" />

Dengan tema sepenting itu, film dirasa menjadi medium yang tepat dalam penyampaiannya kepada masyarakat. "Ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap HIV/AIDS dan untuk memberikan informasi tentang bagaimana cara mengurangi penularan," ujar Adrian Gilbert.

Setelah merilis film di tahun 2013, AusAID akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, organisasi masyarakat sipil, sekolah dan universitas untuk melakukan sosialisasi di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua dan Papua Barat. Kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran, teknik pencegahan dan strategi terhadap HIV/AIDS.

Australia telah mendukung upaya Indonesia untuk menangani HIV selama lebih dari 12 tahun. Sebagai bagian dari Kemitraan untuk HIV senilai $100 juta, AusAID memberikan bantuan sebesar $25 juta untuk membantu meningkatkan akses kepada layanan HIV di provinsi Papua dan Papua Barat. Program ini akan meningkatkan akses layanan HIV dan juga meningkatkan jumlah orang untuk menerima perawatan yang mereka butuhkan. (prl/dka)


Sumber: Kapanlagi.com
Topik berita Terkait:
  1. Cinta Dari Wamena
  2. Film Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini