Kenangan Ustaz Yusuf Mansur dengan Ibunda Jokowi, Rajin Salat Malam & Baca Al Ikhlas

Kamis, 26 Maret 2020 07:43 Reporter : Dian Rosadi
Kenangan Ustaz Yusuf Mansur dengan Ibunda Jokowi, Rajin Salat Malam & Baca Al Ikhlas Pelayat Antarkan Ayahanda Ustaz Yusuf Mansur ke Pemakaman. ©2020 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Meninggalnya ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo menyimpan duka mendalam tak hanya bagi keluarga tapi orang-orang dekat almarhumah. Salah satunya dirasakan Ustaz Yusuf Mansur. Ustaz Yusuf Mansur memiliki kenangan tersendiri dengan sosok yang biasa disapa Eyang Noto ini.

Hal itu diungkapkan Ustaz Yusuf Mansur lewat akun instagramnya. Menurut Ustaz Yusuf Mansur, sosok Eyang Noto selalu rajin salat malam dan tak pernah lupa mendoakan anak-anaknya termasuk Jokowi sejak muda hingga kini menjadi presiden.

1 dari 8 halaman

Rajin Salat Malam

Menurut Ustaz Yusuf Mansur, Eyang Noto merupakan sosok yang religius. Dia tak melewatkan salat malam serta salat subuh berjamaah.

"Shalat malamnya juga tiap malam. Tp wkt saya blg yg gini2, dianggep bohong. Dua puluhan tahun beliau shalat berjamaah shubuh, dari cerita2 beliau, dan diaminin Pak Parmin, tetangga beliau, yg jd slh 1 Pimpinan DQ Solo," tulis Yusuf Mansur.

2 dari 8 halaman

Baca Surat Al Ikhlas 100 Kali untuk Jokowi

Sosok Eyang Noto kata Ustaz Yusuf Mansur selalu membacakan surat Al Ikhlas setiap malam. Kebiasaan ini dilakukan bahlan jauh sebelum Jokowi menjadi presiden.

"Beliau pun sejak zaman Pak Jokowi muda, bacain 100 Qulhu tiap malam. Sampe Pak Jokowi jd Presiden, ga berenti bacain. Inipun saya dianggep ngada2. Padahal wkt cerita2 itu, saya liat ketulusan. Lg bcr2 gmn amalannya dari seorang ibu? Sampe anak2nya sukses2. Ya di antaranya itu," katanya.

3 dari 8 halaman

Diingatkan untuk Sering Mendoakan Anak

Ustaz Yusuf mansur sendiri pernah mendapat pesan dari Eyang Noto untuk selalu mendoakan anak.

"Eyang sendiri ngingetin saya. Untuk sering2 doain anak. Dan ada amalan atau zikir khusus. 'Eyang cuma bisa fatihah dan qulhu, ya itu aja yg Eyang bacain banyak2. Sehari semalam, 100x'. Saya sama istri pernah nyoba baca. Hanya kuat 4hr. Abis itu lupa, sibuk, lalai," kata Yusuf Mansur.

4 dari 8 halaman

Diberi Oleh-oleh Jika ke Solo

Menurut Ustaz Yusuf Mansur, drinya juga kerap diberi oleh-oleh saat datang ke Solo. Oleh-oleh yang diberikan jumlahnya sangat banyak.

"Saya kalo ke Eyang Noto ya dioleh2in banyak gini ... "Saya kalo ke Eyang Noto ya dioleh2in banyak gini.... 'Udah. Anaknya banyak' kata Eyang sambil ketawa. Dan saya suka dikasih duit. 'Ngapain sih Eyang? Pake gini2an?'. Kata Eyang, 'Udah. Buat Bontotnya Eyang'," katanya.

5 dari 8 halaman

Dianggap Anak

Eyang Noto kata Ustaz Yusuf Mansur menganggapnya seperti anak. Hal itu bahkan disampaikan kepada Presiden Jokowi.

"Beneran saya dianggap anak bontot. Beliau suka ngomong kemana2. Bahkan ke Pak @jokowi. Mbak Titik, Bontot asli, berkali2 bilang, 'Ustadz Yusuf nih, ngegeser posisi saya' katanya sambil senyum," tulis Yusuf Mansur.

6 dari 8 halaman

Diingatkan Puasa dan Olahraga

Ustaz Yusuf Mansur juga mengaku selalu dingatkan untuk banyak puasa dan olahraga.

"Usia 77 Eyang sangat terlihat muda. Bahkan Eyang sering ngingetin saya, banyak puasa, jaga makan, dan olahraga. Pak @Jokowi pernah blg ke saya juga. Kayak Eyang tuh. Puasa, dan olahraga," katanya.

7 dari 8 halaman

Sedih Tak Bisa Melayat

Ustaz yusuf mansur pun mengaku sedih dirinya tidak bisa melayat ke Solo. Apalagi saat ini dalam kondisi wabah Corona dimana-mana.

"Sedih sekali. Saya ga bs ke sana," katanya.

8 dari 8 halaman
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini