Ini reaksi keras Lukman Sardi soal wacana sensor naskah film

Selasa, 20 Oktober 2015 18:58 Sumber :
Ini reaksi keras Lukman Sardi soal wacana sensor naskah film Lukman Sardi/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Merdeka.com - Minggu lalu, wacana penyensoran sejak proses pra-produksi oleh Lembaga Sensor Film (LSF) ramai bergulir. Beberapa di antara pekerja film langsung memberikan tanggapannya soal ini, termasuk produser Chand Parwez dan penulis naskah Salman Aristo.

Keduanya sama-sama sependapat jika wacana penyensoran pada naskah film sangat mengekang kreativitas dan kebebasan mereka. Chand dan Aris juga menyatakan jika penyensoran ini jadi diterapkan, maka sebenarnya hal tersebut sudah tidaklah relevan dengan modernisasi yang terjadi di Indonesia.

Kini, giliran aktor kawakan Lukman Sardi angkat bicara. Senada dengan Chand dan Aris, Lukman pun kurang setuju dengan adanya penyensoran naskah film tersebut.

"Ya kita lihat aja seberapa besar wacana itu akan terjadi. Lagipula maksud dan tujuannya itu apa? Kita nggak tahu apa itu bisa dilakukan, karena mereka juga nggak bisa dengan seenaknya ngotak atik naskah. Bakal ajaib kalau disensor dari skrip, memotong kreativitas," tuturnya saat ditemui KapanLagi.com® di The East Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/10).

Namun, dirinya masih belum mau berkomentar terlalu banyak karena ini hanyalah sebuah wacana yang belum tentu akan segera diterapkan. "Kalau akhirnya terjadi tanpa dibicarakan itu menjadi concern kita selaku sineas film. Cuma karena masih wacana gue nggak mau ngomong banyak nanti dikira berlebihan, disalah-salahin," ungkapnya.

Menurut Lukman, yang harusnya disensor lebih teliti lagi adalah konten-konten televisi. "Malah yang harus dijaga itu sebenarnya konten televisi, kalau film bioskop aksesnya harus bayar. Televisi semua bisa menjangkau," tandasnya.

(kpl/abs/tch)


Sumber: Kapanlagi.com
Topik berita Terkait:
  1. Film Indonesia 2015
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini