Ichwan Persada dan 'Cerita Dari Tapal Batas'

Selasa, 3 Juli 2012 22:46 Sumber :
Ichwan Persada dan 'Cerita Dari Tapal Batas' Ichwan Persada | Dok: pribadi

Merdeka.com - Bermula dari sebuah proyek promo, film dokumenter CERITA DARI TAPAL BATAS berkembang menjadi sebuah dokumenter lepas dengan durasi yang lebih panjang. Ide mengembangkan film ini sendiri datang dari sang produser, Ichwan Persada.

"Mulanya ini hanya materi promo dari film BATAS. Saya melihat film ini bakal jadi film menarik dan bisa berdiri sendiri," ungkap Ichwan saat dihubungi KapanLagi.com, Senin (02/07) sore.

Dengan ide tersebut sebagai dasar, Ichwan lalu memaksa Marcella Zalianty yang kala itu bekerja sama dengannya sebagai produser dalam BATAS untuk menggarap film dokumenter secara lepas. "Ini adalah film dokumenter pertama saya," terangnya bersemangat.

Ide Ichwan itu tak salah, CERITA DARI TAPAL BATAS mendapat respon positif baik dari perfilman nasional maupun mancanegara. Film ini masuk nominasi dalam Festival Film Indonesia tahun 2011 sebagai salah satu nominator Film Dokumenter Terbaik. Dan untuk kiprahnya di ajang internasional, Ichwan dan tim mendapat undangan langsung menghadiri Aljazeera International Documentary Film 2012, April lalu.

Bercerita tentang kehidupan masyarakat di daerah perbatasan Indonesia - Malaysia dengan segala problematikanya. Dengan tema yang jarang diangkat, film ini pun diproduksi dalam bentuk yang lebih merakyat, keping VCD dan DVD. Tak hanya itu, film CERITA DARI TAPAL BATAS juga mendapat banyak tawaran roadshow dari kota-kota di Indonesia. Harapannya hanya dapat dinikmati oleh lebih banyak penonton saja.

"Saya sudah menggagas roadshow keliling. Alhamdulillah banyak yang sudah bantu. Sudah ada tawaran dari Sukabumi, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Samarinda, Tenggarong, sampai Manokwari," papar Ichwan. (kpl/dka/abs)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini