Gemar Koleksi Mobil Mewah, Pajak yang Harus Dibayar 5 Artis Ini Bikin Melongo

Jumat, 6 Desember 2019 15:14 Reporter : Dian Rosadi
Gemar Koleksi Mobil Mewah, Pajak yang Harus Dibayar 5 Artis Ini Bikin Melongo Raffi Ahmad Modifikasi Lamborghini. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjadi artis masih menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan bagian sebagian orang. Selain popularitas, besarnya pendapatan menjadi salah satu faktor banyaknya kalangan masyarakat yang ingin menjadi artis.

Dengan pendapatan yang besar membuat gaya hidup sebagian artis cukup mewah. Mobil menjadi salah satu barang yang menjadi koleksi sejumlah artis. Sebut saja, Raffi Ahmad, Atta Halilintar. Mereka rela mengeluarkan kocek dalam demi mobil mewah yang diidam-idamkan.

Sebagian artis memiliki mobil-mobil super mewah. Sebut saja seperti Lamborghini, Ferrari, Bentley, BMW hingga McLaren. Di balik mobil mewah yang dimiliki ada pajak yang harus dibayar. Besaran pajak itu pun tentu nilainya sebanding dengan harga mobil yang mereka miliki. Berikut perkiraan pajak mobil mewah para para artis yang dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Raffi Ahmad

Siapa tak kenal Raffi Ahmad. Suami Nagita Slavina ini menjadi salah satu artis yang gemar mengoleksi mobil mewah. Mobil Lamborghini Aventador LP-700 4 Roadster atau yang dikenal dengan Lamborghini 'Batman' merupakan salah satu mobil termahal yang dimiliki Raffi. Kabarnya mobil ini dibanderol dengan harga 13 miliar.

Ada dua pajak yang harus dibayar pemilik mobil mewah termasuk Raffi yakni Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) dan kedua Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Untuk BBN KB besarnya 10 persen dari harga kendaraan (off the road). Sedangkan PKB jumlahnya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan.

Jika harga mobil Rp13 miliar maka untuk BBN KB saja Raffi harus membayar Rp1,3 miliar. Sedangkan untuk PKB, Rp13 miliar x 1,5 persen yaitu Rp195 juta. Lalu ada lagi biaya tambahan SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) yakni Rp140.000. Maka besaran pajak Aventador milik Raffi bisa dihitung dengan Rp1,3 miliar (BBN KB) ditambah Rp195 juta (PKB) dan SWDKLLJ Rp140.000, adalah Rp1,495 miliar.

2 dari 5 halaman

Atta Halilintar

Atta Halilintar juga merupakan salah satu youtuber yang gemar mengoleksi mobil mewah. Salah satu mobil termahal yang dimiliki Atta yakni BMW i8. Mobil ini kabarnya dibandrol dengan harga Rp3,4 Miliar.

Jika memperhatikan skema di atas, Atta harus membayar BBN KB sebesar Rp340 juta. Adapun untuk PKB yakni Rp51 juta. Sehingga total pajak yang harus dibayar berada di kisaran Rp391 juta.

3 dari 5 halaman

Kevin Aprilio

Musisi Kevin Aprilio juga diketahui memiliki mobil mewah yakni Ferrari 458 Italia warna kuning. Mobil ini belum lama dia pamerkan di akun instagramnya.

Mobil produksi tahun 2011, diketahui seharga Rp Rp4,7 miliar. Setiap tahunnya, Kevin Aprilio juga harus membayar pajak (PKB) senilai Rp97 jutaan untuk Ferrari 458 Italia miliknya.

4 dari 5 halaman

Syahrini

Syahrini juga dikabarkan memiliki koleksi mobil mewah yakni Lamborghini Gallardo. Lambo berwarna emas itu dikabarkan seharga Rp5 miliar.

Ternyata jika dikenakan BBNKB, Syahrini dikenakan pajak sampai Rp500 juta. Belum lagi dengan biaya PKB sekitar Rp75 juta. Belum dengan biaya lainnya diperkirakan pajak yang harus dibayarkan sekitar Rp600 juta.

5 dari 5 halaman

Hotman Paris

Pengacara kondang Hotman Paris juta diketahui memiliki koleksi mobil mewah. Mobil mewah Hotman dikabarkan seharga Rp14 miliar. Untuk biaya bea masuknya saja Hotman harus membayar Rp3 sampai Rp5 miliar. Adapun untuk pajak STNK setiap tahunnya Hotman membayar Rp150 juta. [end]

Baca juga:
Tiga Mobil Mewah yang Tunggak Pajak Ratusan Juta Terparkir di Apartemen Regatta
Terindikasi Punya Mobil, 20 Ribu Peserta KJP Akan Dievaluasi
Jeep Rubicon Bupati Karanganyar Disorot, Ini Aturan Pengadaan Mobil Dinas
BPRD DKI Gandeng KPK Sidak Penunggak Pajak
Ganjar Tak Permasalahkan Bupati Karanganyar Pakai Mobil Dinas Jeep Rubicon
Bupati Karanganyar Bakal Pakai Mobil Rubicon Seharga Rp1,9 Miliar

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini