Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gara-gara perceraian orangtua, anak artis ini jadi merana

Gara-gara perceraian orangtua, anak artis ini jadi merana Ilustrasi anak korban perceraian. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Pixel 4 Images

Merdeka.com - Ikatan suci pernikahan antara dua insan sudah seharusnya dijaga dengan baik. Pasalnya, sebuah pasangan tidak hanya mengucap janji di depan orang tua maupun keluarga, melainkan Tuhan juga turut menyaksikannya.

Sayangnya, tidak sedikit pasangan yang dengan begitu saja membiarkan ikatan pernikahannya kandas di tengah jalan. Perceraian seakan merupakan pilihan akhir yang harus dipilih.

Membahas perceraian, seperti tak lengkap jika tidak dikaitkan dengan segelintir artis yang mengakhiri mahligai rumah tangga mereka. Para selebriti dalam negeri kerap menjawab santai alasannya berpisah karena sudah tidak ada kecocokan lagi.

Tahukah anda, siapa yang paling merasakan dampak perceraian orang tua? Mereka boleh saja pisah dengan alasan tak nyaman, tapi tidak dengan buah hati mereka. Mereka lupa, dengan adanya perceraian ini, sama saja menancapkan pisau di hati buah cintanya. Pasalnya, anak korban dari perceraian atau kerap disebut broken home tidak lagi bisa merasakan sebuah keluarga yang utuh.

Berikut ini kisah perceraian artis dalam perkembangan anak-anaknya, di antaranya:

Ahmad Dhani dan Maia

Siapa yang tidak kenal dengan musisi papan atas Ahmad Dhani Prasetyo, punggawa dari Republik Cinta Management dengan berbagai band melejit seperti Dewa 19, T.R.I.A.D, MahaDewa dan Ahmad Band, ini kerap menghiasi pemberitaan di sejumlah media. Selain kelihaiannya memainkan hampir semua musik di atas panggung, Dhani juga kerap menjadi sorotan media lantaran perseteruannya dengan sang mantan istri, Maia Estianty.Usai Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengetuk palu, keduanya pun resmi berpisah. Maia tinggal di kediamannya, sedangkan tiga anaknya yaitu AL, EL, dan Dul, tinggal bersama Ahmad dhani yang selalu mengurus perkembangan anaknya, beserta istri barunya yaitu Mulan Jameela, yang sebelumnya diisukan sebagai penyebab retaknya hubungan Dhani-Maia. Meski begitu, Maia dengan hati keibuannya tetap selalu memperhatikan ketiga buah hatinya tersebut.Terbukti saat anak pertamanya, Al Ghazali (AL) menghadapi Ujian Nasional (UN) pada April 2015 lalu, meskipun tak bisa mendampingi AL lantaran ujian akhirnya itu di rumah mantan suaminya, Maia menuturkan sudah dan selalu memberikan support agar bisa mengerjakan semua soal dengan baik dan benar."Iya sekarang AL lagi UN. Dia kan homeschooling jadi UN di rumah, Pokoknya dia harus belajar terus," tutur Maia saat ditemui di Doubletree, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (14/04) lalu.Selain AL, terhadap anak keduanya, EL Jalaludin Rumi (EL), Maia juga tak henti memberi dukungan. Pada Maret 2015 lalu, kepada EL yang ikut main dalam film yang berjudul KAMPUNG ZOMBIE, Maia menyempatkan diri untuk hadir saat press screening film tersebut. Maia menilai akting EL sudah cukup bagus."Bagus, tapi harus belajar banyak lagi. Sebelum nonton saya bilang ke El, I'm proud of you," ujar Maia di Djakarta Teater, Jakarta Pusat, Rabu (19/3) lalu.Selain AL dan EL, Maia pun tak luput memberikan kasih sayang ke anak bungsunya yaitu Abdul Qodir Jaelani (Dul). Perceraian keduanya begitu membekas dalam benak Dul. Dirinya menjadikan prahara rumah tangga orangtuanya sebagai pelajaran berharga. Dul yang bertahun tahun tinggal bersama Ayah dan kedua kakaknya ini kini memilih untuk tinggal bersama Maia. Menurutnya, kasih sayang yang diberikan Maia jauh lebih besar dibanding yang diberikan Dhani."Tahun lalu aku kangen sama Bunda, Bunda kan sendirian. Jadi aku nemenin Bunda aja, kalau Ayah kan sudah ada kakak Al sama El," tutup Dul saat mengisi sebuah program talk show di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (2/9) lalu.  

Krisdayanti dan Anang Hermansyah

Pasca retaknya rumah tangga pasangan musisi Krisdayanti (KD) dengan Anang Hermansyah. Dua buah hati mereka yakni Aurel Hermansyah dan Azriel Hermansyah memilih untuk tinggal dengan pria yang kini menjadi Anggota Dewan tersebut. Sedangkan KD kini tinggal bersama suami barunya Raul Lemos. Bersama dengan Ashanty, istri barunya, Anang terlihat lebih bahagia. Pasalnya, Ashanty telah menganggap Aurel dan Azriel bak anak kandungnya sendiri. Anang mendukung semua yang dilakukan Aurel, selagi hal tersebut tidak membahayakan Aurel. Terbukti, kini Aurel menekuni dunia tarik suara dan sang pipi, sebutan untuk Anang mencarikan guru vokal untuk menunjang keberhasilan anaknya ini. Anang ingin Aurel dapat bernyanyi jauh lebih baik ketimbang orang tuanya."Mendukung banget, dicarikan guru segala. Anaknya Anang harus bagus nyanyinya. Nggak benar nyanyinya, bikin isin (malu)," ungkap Anang di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (21/2) lalu).Selain itu, Anang juga merestui si anak sulung untuk melanjutkan pendidikan sekolah musik di Boston, di Berklee College of Music, Amerika Serikat. Lampu hijau itu diberikan Anang setelah Ashanty meyakinkan dirinya jika Aurel menyimpan potensi di dalam dirinya. "Kemarin aku cerita ke Kakak (Aurel), dia memang lebih mementingkan musiknya, dan mau dijadiin karier profesional. Aku bilang penyanyi banyak, tapi yang bisa menciptakan lagu atau main alat musik itu sedikit," ujar Ashanty di salah satu studio dibilanga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Oktober 2012 lalu.Sementara itu, dalam perkembangan Aurel dan Azriel, Krisdayanti nampaknya sudah mempercayakan sepenuhnya ke Anang dan Ashanty. Pasalnya, anatara KD dan Aurel terbilang jarang sekali bertemu baik dalam satu panggung maupun sekedar kumpul layaknya hubungan ibu dan anak."Saya percaya Anang dan Ashanty mampu mengimami anak-anak dan memberikan bekal yang baik," tutup KD.

Nia Daniati dan Farhat Abbas

Perceraian selebriti lainnya yakni dialami oleh pasangan Nia Daniaty dan pengacara kontroversial Farhat Abbas. Pasca, Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Juni 2014 hak asuh buah cinta mereka, Muhammad Angga Hadi (Angga), jatuh ke tangan pelantun Gelas-Gelas Kaca ini.Sayangnya, perpisahan kedua orang tuanya berbanding lurus dengan memburuknya nilai akademik Angga. Meski berhasil naik kelas, nilai rapor sekolah Angga terbukti pernah mengalami penurunan pada tahun lalu."Sudah kemarin bagi rapor. Alhamdulillah naik, cuma memang angkanya (nilai) nggak sebagus sebelumnya, saya maklumi lah," ungkap Nia di Blitz Megaplex Pacific Place, Jakarta Selatan, Juni 2014 lalu.Selain itu, demi kebutuhan perkembangan anaknya dewasa kelak, Nia pun menagih janji Farhat yang akan memberikan rumahnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. "Kalau kemudian Mbak Nia minta rumah sekarang, itu karena Farhat pernah menghibahkan rumah tersebut pada Angga. Angga adalah anak Mbak Nia dan Farhat yang sudah mulai besar. Ada kok bukti tertulis soal hibah rumah itu dari Farhat Rumah itu hanya untuk Angga saja, Mbak Nia tidak memintanya," ungkap Pengacara Nia, Susanti, Februari 2014 lalu.Namun tak kunjung berikan rumah yang dimaksud, Farhat malah tega meneror anak kandungnya sendiri, Angga yang baru berusia 10 tahun. Teror itu ia sampaikan melalui pesan singkat, yang membuat anaknya ketakutan."Farhat sering teror sehingga anaknya ketakutan dan minta Nia mundur. Ada SMS minta rumah disegel. SMS nya 'Bilang ke Nia Daniati, jangan cari gara-gara sama gua. Kalau Nia masih mengundang orang-orang bersaksi bohong, rumah Kemang akan papa masuki dan segel' itu," ujar Abdul Rahim Hasibuan selaku kuasa hukum Nia di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada Mei 2014 lalu."SMS-nya dikirim tanggal 19 April ditujukan kepada anaknya. Mana ada Bapak yang mengancam anaknya umur 10 tahun," tutupnya.Hingga kini, nama Farhat Abbas memang dekat dengan sikapnya yang penuh kontroversial, bahkan Farhat disebut-sebut mendomplang nama Nia Daniaty yang sudah lebih dulu terjun ke dunia hiburan. Pasalnya selain dengan keluarganya sendiri, Farhat juga pernah bersitegang dengan beberapa artis lain seperti keluarga musisi Republik Cinta Management, Ahmad Dhani.

Rossa dan Yoyo

Meskipun sudah tak dalam ikatan suami istri, Penyanyi Rossa masih menjalin hubungan baik dengan mantan suaminya, Yoyo Padi. Mereka kerap bertemu untuk saling bertukar pikiran. Hal itu dilakukan untuk menjaga psikologis anak semata wayang mereka, Rizky Langit Ramadhan (Rizky). Baik Rossa maupun Yoyo tak ingin masa depan anaknya berantakan karena status orang tuanya yang sudah pisah.Sejak bercerai dari Yoyo, hak asuh anak jatuh ke tangan Rossa. Namun selama ini, Rossa menuturkan tidak pernah membatasi Yoyo untuk bertemu dengan anak. Karena, apapun yang terjadi keduanya tetap sebagai ayah dan ibu bagi Rizky."Enggak boleh ngebatasi ke anak. Bagaimana pun Yoyo kan ayah dari Rizky yah. Yang penting hubungan kami bisa baik dan enggak ada masalah apa-apa," ucap Rossa Juli 2012 lalu.Selain berhubungan baik dengan Yoyo, Rossa juga memperhatikan tumbuh kembang Rizky. Oca, sapaan akrabnya, pun tetap berusaha memberikan pendidikan secara baik. Bahkan Rizky dimasukkan ke sekolah berbasis agama. Menurut Rossa, Hal ini sebagai benteng saat ia dewasa nanti. Apalagi sebagai single parent dia tidak dapat mengawasi 24 jam pergaulan Rizky."Dia sekolah di Global Islamic School. Itu Islamnya cukup baik yah, jadi anak-anak diajarin buat salat tata krama dan aku sangat terbantu. sekolah yang berlandaskan agama Islam karena kalau ngandelin orangtuanya kan, orangtuanya sibuk gitu kan kerja. Jadi sangat-sangat membantu juga," paparnya Rossa.Selain itu, Rossa pun memberikan pengertian bagi anaknya tentang bulan Ramadan dan berbagai ibadah di dalamnya. "Cara ngajarinnya agak susah sih. Yang jelas aku bilang mau jadi orang Islam ga?" tutup Rossa di Gramedia Matraman, Jakarta Timur.

Ayu Ting-ting dan Enji

Kehidupan rumah tangga pelantun 'Alamat Palsu' Ayu Ting Ting dengan Henry Baskoro Hendarso (Enji) menarik perhatian khalayak. Pasalnya, Ayu yang tengah berbadan dua ditinggalkan begitu saja oleh Enji.Padahal, ketika berpacaran keduanya kerap menunjukkan hubungan yang romantis jauh dari kata pertengkaran. Atas dasar itulah, pemilik nama lengkap Ayu Rosmalia ini menggugat cerai Enji dan keduanya resmi berpisah pada April 2014 lalu.Perlakuan tak bertanggung jawab Enji begitu membekas di hati Ayu, alhasil ia tidak menyelipkan nama Enji pada buah cintanya, Bilqis Khumairah Razak. Bahkan Ayu mengaku tak akan membiarkan anaknya untuk bertemu dengan Enji selaku ayah kandungnya.Bilkis menjadi penyemangat hidup Ayu pasca perpisahannya dengan Enji. Ia dibantu oleh kedua orang tuanya dalam membesarkan Bilkis. Meski demikian, Ayu tak menampik menjadi single parent tidaklah muda, saat dirinya berhasrat untuk memperhatikan tumbuh kembang Blikis, Ayu juga dihadapkan sebuah tanggung jawab besar, yakni mencari nafkah. Untuk itu, Ayu menuturkan harus membagi waktu dengan ekstra ketat sehingga mampu membagi waktunya untuk bekerja dan waktunya terhadap Bilqis. Bahkan Bilqis pun sesekali dibawa ke lokasi syuting oleh Ayu."Di mobil enggak bisa istirahat, karena mompa, waktu tidur kan berkurang. Dua jam sekali terbangun, paling lama empat jam sekali, nangis minta susu kalau enggak pup atau pipis. Kalau pup atau pipis saya yang gantiin dong. Kalau kesulitan, nggak sih, semuanya sudah bisa," jelas Ayu.Pedangdut ini juga mengaku siap menjadi orang tua tunggal bagi anak perempuan yang lahir pada awal Januari 2014 lalu. Ia tidak mau digeneralisasi bahwa seorang anak akan lebih baik mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtua."Kedua orangtua yang seperti apa dulu. Mudah-mudahan saya bisa jadi ibu yang baik, bertanggungjawab dan ayah yang baik untuk anak saya," ucap Ayu.Selain itu, Ayu memaparkan tidak berniat memakai jasa baby sitter untuk mendidik sang anak. Dia ingin merawat sendiri anak pertamanya. "Pakai bantuan ibu saya saja. Saya pingin rawat sendiri, lagi senang-senangnya. Kadang saya kalah sama ibu, lebih sering dia yang gendong," tuturnya.Tentang job yang diambil, Ayu hanya memilih jenis pekerjaan yang ringan, seperti talkshow dan bernyanyi di acara televisi. Dia belum berani mengambil job luar kota, karena alasan anak."Lebih banyak talkshow, kalau nyanyi kan keluar kota. Sedangkan saya belum berani kalau ninggalin anak ke luar kota," tutupnya. (mdk/did)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bagaimana Orangtua Bisa Menjawab Pertanyaan Anak ketika Kita Tidak Tahu Jawabnya?
Bagaimana Orangtua Bisa Menjawab Pertanyaan Anak ketika Kita Tidak Tahu Jawabnya?

Anak memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga mereka bisa melontarkan banyak pertanyaan.

Baca Selengkapnya
Deretan Anak Artis Ini Didampingi Dua Ibu saat Wisuda, Siapa Saja?
Deretan Anak Artis Ini Didampingi Dua Ibu saat Wisuda, Siapa Saja?

Beberapa artis yang sudah bercerai tetap kompak ketika menghadiri wisuda anaknya, bahkan bersama pasangan baru mereka.

Baca Selengkapnya
Pantang Menyerah, Anak Buruh Tukang Las Ini Berhasil Jadi Polisi
Pantang Menyerah, Anak Buruh Tukang Las Ini Berhasil Jadi Polisi

Perjalanan hidup yang penuh liku dan tantangan membuatnya semangat pantang menyerah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Anaknya Menangis Lantaran Tak Enak Hati Minta Uang Kuliah Profesi, Respons Ayah Ini Bikin Terenyuh
Anaknya Menangis Lantaran Tak Enak Hati Minta Uang Kuliah Profesi, Respons Ayah Ini Bikin Terenyuh

Cara didikan orang tua menentukan keberhasilan anak di masa depan.

Baca Selengkapnya
6 Penyebab Bayi Menangis yang Perlu Dikenali Orangtua, Ketahui Cara Membedakannya
6 Penyebab Bayi Menangis yang Perlu Dikenali Orangtua, Ketahui Cara Membedakannya

Tangisan yang dikeluarkan oleh bayi memiliki berbagai tanda yang berbeda. Kenali enam penyebab tangisan dari bayi yang biasanya ditunjukkan.

Baca Selengkapnya
6 Tanda Anak Miliki Bakat Musik, Harus Disadari Orangtua Sejak Dini
6 Tanda Anak Miliki Bakat Musik, Harus Disadari Orangtua Sejak Dini

Banyak orangtua menginginkan anaknya istimewa dan bisa melakukan berbagai macam hal. Salah satunya adanya banyak orangtua ingin buah hati bisa bermain musik.

Baca Selengkapnya
Akan Merantau untuk Kuliah, Momen Orang Tua Beri Nasihat ke Anaknya Ini Bikin Haru
Akan Merantau untuk Kuliah, Momen Orang Tua Beri Nasihat ke Anaknya Ini Bikin Haru

Kedua orang tuanya tampak memberikan wejangan yang bermanfaat untuk sang anak yang akan merantau kuliah.

Baca Selengkapnya
7 Cara yang Bisa Diterapkan oleh Orangtua untuk Cegah Kekerasan Seksual pada Anak
7 Cara yang Bisa Diterapkan oleh Orangtua untuk Cegah Kekerasan Seksual pada Anak

Dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual pada anak, orangtua memiliki peran yang penting.

Baca Selengkapnya
Cuma Gara-Gara Main Layangan, Ayah di Merangin Jambi Piting Anak Kandungnya Hingga Tewas
Cuma Gara-Gara Main Layangan, Ayah di Merangin Jambi Piting Anak Kandungnya Hingga Tewas

Ada dugaan, pelaku mengidap gangguan jiwa. Tetapi kebenarannya masih didalami

Baca Selengkapnya