Deretan maestro meriahkan konser Candra Malik

Kamis, 19 Juli 2012 03:35 Sumber :
Sujiwo Tejo @foto: KapanLagi.com®

Merdeka.com - Nama Candra Malik, seorang musisi sufi asal Solo, memang baru di belantika musik Indonesia. Namun, melihat banyaknya maestro yang menyokong album dan konser Kidung Sufi Samudra Cinta Candra Malik jelas menunjukkan dia bukan orang 'biasa'.

Para maestro yang terlibat dalam pagelaran ini yakni Wakil Ketua Syuriah PBNU KH Ahmad Mustafa Bisri (Gus Mus), Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), Idris Sardi, dan Addie MS beserta Twilite Orchestra. Lalu, Dewa Budjana, Tohpati, Trie Utami, Sujiwo Tejo, Hendri Lamiri, Dik Doank dan Komunitas Kandank Jurank Doank, John Paul Ivan (ex Boomerang), Marzuki Mohamad Kill The DJ (Jogjakarta Hip Hop Foundation), dan Heru Wahyono (Shaggy Dog).

Kidung Sufi Samudera Cinta menghadirkan 12 lagu religi bernuansa yang jauh dari irama padang pasir. "Religi dan Kultur adalah satu dan lain hal. Islam tidak selalu sama dengan Arab dan Arab tidak selalu sama dengan Islam," ujar Pria kelahiran Solo, 25 Maret 1978 ini kepada media saat jumpa pers sebelum konser di PPHUI, Kuningan Jaksel, Selasa (17/7).

"Ragam musik dan lirik Kidung Sufi membuat siapa saja bisa mendengarkan bagaimana genre musik klasik, Jazz, Pop, Rock, Rap, Raggae dan suluk wayang kulit, berjumpa dalam kerukunan dan harmoni, yang masing-masing menonjol sesuai jati diri," ujar Candra.

Konser dibuka dengan Mukaddimah Cinta yang seharusnya berkolaborasi dengan Emha Anun Najib alias Cak Nun. Namun, Cak Nun berhalangan hadir. Kolaborasi dengan Sujiwo Tejo, Marzuki Kill the DJ, dan Heru Shaggy Dog dalam Samudra Debu membuat suasana meriah. "Kita bisa menikmati lagu religi dengan banyak cara. Seperti ngerap ini," ujarnya.

Selain Cak Nun, hanya Budayawan KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang dikenal Gus Mus yang tidak bisa hadir. Sebagian besar maestro yang terlibat dalam album Kidung Sufi terlihat ikut serta memeriahkan acara. "Saya sendiri berharap bahwa album ini mampu menyampaikan pesan kepada seluruh umat di seluruh dunia, bahwa Islam merupakan agama yang penuh Cinta dan kasih sayang," harapnya. (kpl/uji/adb)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini