Bapak Bangsa Afrika Selatan, Nelson Mandela Meninggal Dunia

Jumat, 6 Desember 2013 06:17 Sumber :
Bapak Bangsa Afrika Selatan, Nelson Mandela Meninggal Dunia dok. Fameflynet

Merdeka.com - Nelson Mandela, negarawan Afrika Selatan meninggal dunia Kamis (05/12) waktu setempat. Pria yang berusia 95 tahun ini adalah bapak bangsa Afrika Selatan ini pernah dipenjara selama 27 tahun dan membebaskan negara tersebut dari politik apartheid yang mendiskriminasi warga Afrika kulit hitam.

Kabar duka bagi masyarakat Afsel tersebut dibenarkan oleh presiden Afsel yang menjabat, Jacob Zuma. "Dia telah beristirahat untuk selamanya. Dia beristirahat dalam damai. Negara kita telah kehilangan putra terbaik bangsa. Negara kita juga telah kehilangan sosok seorang ayah," ujar Zuma seperti yang dilansir CNN.

Presiden Afsel tersebut juga mengatakan bahwa Nelson Mandela adalah tokoh yang begitu kuat memancarkan pesan kemanusiaan. "Apa yang membuat Mandella hebat tentunya adalah kemanusiaannya. Kita bisa melihat sosoknya ada dalam diri kita masing-masing," tambahnya.

Prosesi pemakaman Mandela akan dilangsungkan secara kenegaraan. Afsel pun mengungkapkan bela sungkawa dengan memasang bendera setengah tiang.

Mandela yang dulu pernah menjabat sebagai presiden Afsel ini bergelut dengan penyakit dalam beberapa bulan terakhir. Salah satu penyakit parah yang dideritanya antara lain infeksi paru-paru. Ia harus keluar masuk rumah sakit karenanya. Dengan usia yang makin bertambah dan juga kondisi kesehatan tersebut, Mandela menghabiskan hari-hari terakhirnya di Eastern Cape Province, tempat di mana dia merasakan kedamaian.

Selamat jalan Nelson Mandela.

(cnn/dka)


Sumber: Kapanlagi.com
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini