Arumi Bachsin: pemuda harus nasionalis!

Selasa, 28 Februari 2012 12:07 Sumber :
Arumi Bachsin: pemuda harus nasionalis! Arumi Bachsin dan Ki Kusumo

Merdeka.com - Mengikuti perkembangan teknologi bukan berarti meninggalkan kebiasaan dan jati diri sebagai warga Indonesia. Inilah pesan yang ingin disampaikan oleh Arumi Bachsin saat ditemui wartawan pada acara pelantikan pengurus baru KPMP (Komando Pejuang Merah Putih) Tambora, Jakarta Barat di Aula Kecamatan Tambora, Jakarta Barat (24/2). Bagi Arumi, pemuda harus nasionalis.

Menurut Arumi, bergabung dengan organisasi kepemudaan yang bersifat nasionalisme adalah suatu langkah yang positif. "Aku sendiri memang orang Indonesia asli, kalau memang saya tidak tahu apa-apa tentang Indonesia berarti sama aja bohong dong, cuma hanya numpang lahir aja," tukasnya.

Arumi juga mengungkapkan pendapatnya bahwa di mana pun seseorang berada, ia harus mengetahui sejarah atau asal usulnya. "Itu yang membuat kita mengetahui jati diri kita seperti apa," jelasnya.

Di kesempatan tersebut Arumi juga mengungkapkan keprihatinannya atas lunturnya keinginan lembaga-lembaga formal seperti sekolah untuk melestarikan budaya melaksanakan upacara bendera. "Dengan alasan apapun sebenarnya (upacara) itu tidak bisa dihilangkan karena kita berada di Indonesia, Indonesia memiliki sejarah, memiliki bibit bobotnya. Kalau kita tidak mengetahui dan tidak menghormati itu, mau jadi apa kita?" tegas Arumi.

Saat disinggung tentang apakah ia juga melakukan kegiatan-kegiatan nasionalis selama ia masih di sekolah dulu, Arumi dengan bangga mengiyakan. "Dulu (aku juga mengikuti) upacara bendera, berpakaian lengkap, nyanyi indonesia raya, mengheningkan cipta, membacakan undang-undang dasar ?45, kemudian juga nyanyi lagu-lagu nasional," ujarnya. (kpl/ato/rzm)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini