Angkat novel 'Bumi Manusia' jadi film, Anggy Umbara tertantang

Selasa, 15 September 2015 16:58 Sumber :
Angkat novel 'Bumi Manusia' jadi film, Anggy Umbara tertantang Anggy Umbara/©KapanLagi.com®/Budy Santoso

Merdeka.com - Tahun ini nampaknya jadi tahun yang produktif bagi sutradara muda berbakat, Anggy Umbara. Setelah sukses dengan film drama komedi COMIC 8: CASINO KINGS, kini dirinya sedang sibuk mempromosikan film action religi terbarunya, 3 (TIGA).

Kabar terbaru, sutradara tambun ini dikabarkan bakal menjadi sutradara film adaptasi fenomenal dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Novel yang digarap saat beliau berada di pengasingan Pulau Buru ini masih dalam tahap persiapan, menurut pengakuan Anggy.

Novel kontroversial ini adalah novel pertama dari Tetralogi Buru. Ditulis pada 1975, novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1980. Sayang, setahun kemudian buku ini dilarang beredar oleh pemerintah. Padahal sejak diterbitkan, buku ini sudah 10 kali dicetak ulang.

Bumi Manusia bercerita tentang perjuangan seorang siswa pribumi, Minke, yang sangat pandai dan kritis. Berlatar pada tahun 1989-1918, novel ini mengisahkan revolusi yang mulai bergejolak di hati beberapa orang warga Indonesia yang mulai jengah dengan kolonialisme.

008 busan copy

Mengangkat novel fenomenal berarti banyak pula tantangan yang harus dihadapi Anggy, terutama soal perbedaan cerita antara versi novel dan filmnya. Namun, dirinya hanya menanggapi dengan bijak soal hal ini.

"Setiap film pasti mempunyai keunikan dan kekuatannya masing-masing. Nggak selayaknya untuk dibanding-bandingkan apalagi dinilai dengan cara pukul rata. Proses dan challengenya pun berbeda-beda dalam pembuatannya," ujarnya saat dihubungi awak media via telepon.

Ia mengakui jika tantangan menggarap Bumi Manusia tidaklah mudah. Ia dan timnya harus berusaha ekstra hati-hati untuk mengadaptasi cerita dalam novel ke dalam skenario film.

"Sejauh ini challenge yang ada masih di seputar substansi cerita yang harus teradaptasi secara baik dan tepat ke dalam skenario untuk dijadikan film," tandasnya

(kpl/abs/tch)


Sumber: Kapanlagi.com
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Film Indonesia 2015
  3. Film Adaptasi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini