Arif Budimanta

Arif Budimanta

ARSIP BERITA
  • Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta meluncurkan buku karangannya yang berjudul "Pancasilanomics: Jalan Keadilan dan Kemakmuran". Buku tersebut lahir dari refleksi konseptualnya mengenai kehidupan perekonomian nasional yang berlandaskan pancasila.

  • Dalam pandangannya, banyak sentimen global yang mempengaruhi kinerja IHSG di pasar saham. Oleh karena itu, dia optimis bahwa anjloknya indeks di bursa saham akan diwarnai banyak faktor.

  • Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta, menilai Bank Indonesia (BI) masih akan melonggarkan kebijakan dengan menurunkan suku bunga acuan. Kata dia, ruang penurunan suku bunga BI masih terlihat, merespon perlambatan ekonomi global yang kini terjadi.

  • Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta, mengatakan Indonesia masih jauh dari ancaman krisis ekonomi. Menurutnya, dengan ketahanan ekonomi yang masih kuat, Indonesia masih bisa bertahan di tengah perlambatan ekonomi global.

  • Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) memberikan lima rekomendasi kebijakan untuk Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di periode 2019-2024. Perumusan intensif ini disebut bertujuan untuk mewujudkan cita-cita yang baik demi keadilan dan kemakmuran rakyat.

  • Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kementerian Perindustrian Muhdori mengatakan, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor andalan karena memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional.

  • Baju impor bekas tersebut selain kehadirannya yang melanggar regulasi, juga dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan konsumen dalam hal ini masyarakat yang membeli dan memakainya.

  • Wakil Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta, menyambut positif terkait rencana Presiden Jokowi untuk membuat Kementerian Investasi. Menurutnya, hal tersebut sudah lebih dulu direalisasikan oleh negara-negara maju lainnya.

  • Presiden terpilih sekaligus petahana, Joko Widodo, menyampaikan kebutuhannya akan sosok menteri berani di kabinet Jokowi periode II. Jokowi ingin mewujudkan Indonesia menjadi negara maju sekaligus tahan terhadap gejolak global. Kuncinya salah satunya investasi dan reformasi birokrasi.

  • Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta menilai, adanya milenial dapat menghadirkan pemikiran baru. Bahkan, keberadaan generasi muda diharapkan mengeluarkan Indonesia dari lingkaran pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen.

  • Wakil Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta mengatakan Indonesia perlu melakukan gebrakan dalam pengembangan Information and Communication Technologies (ICT) untuk meningkatan investasi dan daya saing RI di tingkat global.

  • Wakil Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta menyebutkan, pidato visi-misi pemerintahan Presiden Joko Widodo 5 tahun ke depan memberikan kepastian bagi pelaku pasar. Menurutnya, cara Jokowi mengutarakan pesan pemerintahannya telah memberikan komitmen yang pasti untuk investor.

  • Sudah saatnya pemerintah mulai bergeser mengandalkan ekspor dan investasi untuk menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Hal ini juga sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo yang mengatakan kunci pertumbuhan ekonomi saat ini hanya ada dua, yakni kenaikan ekspor dan investasi.

  • Arif mengatakan, untuk mencegah terjadinya perlambatan terhadap pertumbuhan ekspor, maka salah satu upayanya adalah dengan memperluas pasar baru. Sebab selama ini, kedua negara tersebut tersebut masih menjadi pasar potensial bagi Indonesia.

  • Wakil Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta menilai defisit neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 sebesar USD 2,50 miliar harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, lantaran menjadi terbesar dibandingkan tahun-tahun lalu.

  • Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf, Arif Budimanta mengatakan, manfaat pembangunan infrastruktur seperti bandara tidak dapat dirasakan dalam waktu dekat namun untuk jangka panjang. Artinya, bandara baru bisa ramai setelah 10 hingga 50 tahun.

  • Ke depan, investasi akan digenjot untuk dapat menghasilkan devisa yang lebih besar. Bersamaan dengan ini, pemerintahan nantinya juga akan fokus bergerak menciptakan substitusi impor dengan demikian tidak banyak devisa yang keluar dari dalam negeri.

  • KLHK sebelumnya berasal dari 2 kementerian yang berbeda, yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan. Sedangkan Kementerian PUPR berasal Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dengan Kementerian Perumahan Rakyat.

  • Seperti diketahui, Jokowi berjanji fokus ke bidang Sumber Daya Manusia (SDM) jika kembali terpilih untuk memimpin Indonesia 5 tahun mendatang. Pada periode pertama, Jokowi memang fokus ke bidang infrastruktur, sehingga mendapat kritikan mengabaikan aspek-aspek SDM.

  • Juru Bicara Tim Kampanye Nasional TKN Joko Widodo-Ma'aruf Amin, Arif Budimanta menjelaskan, program Kartu Prakerja akan dioptimalkan dengan menggandeng pemerintah daerah dan sektor industri.