Arcandra Tahar

Foto:

Arcandra Tahar


Nama Lengkap : Arcandra Tahar

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Padang


No Relation
BIOGRAFI
Arcandra Tahar adalah wakil Menteri ESDM, mendampingi Ignasius Jonan, pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi yang baru saja dilantik, 14 Oktober 2016. Sebelum berada di posisinya sekarang, Arcandra sempat mencicipi jabatan Menteri ESDM selama 20 hari saja. Ini merupakan rekor masa kerja terpendek dalam sejarah Indonesia.

Selengkapnya

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 17 Mei 2019 16:50:39 Defisit Terbesar Neraca Perdagangan Akibat Impor Premium dan Pertamax untuk Lebaran

    Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, buka suara terkait defisit neraca perdagangan sektor migas pada kuartal I 2019. Menurut dia, peningkatan impor migas terjadi karena naiknya impor BBM jenis Premium dan Pertamax sementara impor minyak mentah turun.

  • Selasa, 7 Mei 2019 16:09:31 Arcandra Beberkan Sebab Pertamina Gagal Kelola Blok Migas West Ganal

    PT Pertamina (Persero) dan Eni Indonesia Ltd gagal mengelola Blok Minyak dan Gas Bumi (migas) West Ganal, dalam lelang wilayah kerja migas tahap I 2019, dengan mekanisme lelang reguler. Pertamina dan Eni Indonesia membentuk konsorsium dan menjadi peserta lelang Blok Migas Tahap I dengan mengincar Blok West Ganal.

  • Selasa, 7 Mei 2019 15:40:41 Pemerintah Akan Lelang Ulang Blok Migas Yang Tak Laku

    Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, pihaknya akan melelang ulang tiga blok minyak dan gas bumi (migas) yang tidak dimenangkan kontraktor, dalam lelang Wilayah Kerja (WK) Migas tahap pertama 2019.

  • Selasa, 7 Mei 2019 14:46:08 ESDM Umumkan Pemenang Lelang Blok Migas Anambas dan Selat Panjang

    Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan pemenang lelang dua blok atau wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) tahap I Tahun 2019. Lelang dilakukan dengan mekanisme Lelang Reguler yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2019 sampai dengan 25 April 2019.

  • Jumat, 26 April 2019 13:33:02 ESDM Dukung Percepatan Produksi Migas Repsol di Blok Sakakemang

    Repsol, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Spanyol, berkomitmen dapat memproduksi pertama migas (first oil) dari Blok Sakakemang, Sumatera Selatan dalam waktu kurang dalam 3 tahun ke depan. Repsol memiliki komitmen untuk mempercepat produksi migas di Sakakemang dari 5 tahun.

  • Jumat, 19 April 2019 12:00:00 Arcandra Beberkan Alasan Blok Migas RI Ramai Dilirik Investor

    Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat hasil lelang lima wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi (migas) konvensional tahap I 2019 telah diakses sebanyak 22 kali dari 18 perusahaan. Dari hasil ini menunjukkan bahwa iklim investasi migas Indonesia telah dilirik oleh investor.

  • Jumat, 19 April 2019 11:15:20 Mei, ESDM Terbitkan Aturan Gratiskan Data Migas

    Kementerian ESDM berencana menggratiskan raw data minyak dan gas bumi (migas) Indonesia untuk dapat diakses secara luas oleh investor. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya untuk menarik investor masuk ke Indonesia. Meski akan digratiskan pembukaan akses data migas ini tidak akan melepaskan kontrol negara.

  • Kamis, 18 April 2019 13:39:36 Arcandra Sebut 14 Blok Migas Eksplorasi Pakai Skema Gross Split, Bantah Tak Menarik

    Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, menegaskan bahwa skema Gross Split cukup menarik dalam kontrak kerja wilayah kerja (WK) migas eksplorasi. Menurut Arcandra, anggapan bahwa skema gross split tidak cocok untuk blok migas eksplorasi adalah sebuah miskonsepsi.

  • Kamis, 11 April 2019 11:23:40 Arcandra Tahar Dorong Pelaku Usaha Tambang Gunakan Online System

    Dalam rangka mendukung transparansi dalam pengelolaan SDA tersebut, Kementerian ESDM sendiri telah membuat terobosan dengan membangun Sistem Elektronik Penerimaan Negara Bukan Pajak Mineral dan Batubara (ePNBP Minerba) dan Minerba Online Monitoring System (MOMS).

  • Kamis, 4 April 2019 10:03:00 Raup Suara Jokowi-Ma'ruf di Sumbar, TKN Andalkan Archandra Tahar

    Menurutnya, negosiator paling handal saat ini yakni Archandra. Hasto menceritakan bagaimana Archandra mampu menarik simpati warga dengan sikapnya yang santun dan pandai mengaji dan mampu menepis hoaks.

  • Rabu, 20 Maret 2019 20:14:14 Tak Lagi Impor, AKR dan Vale Bakal Serap MFO dari Pertamina

    Arcandra mengatakan, penyerapan MFO milik Pertamina dalam rangka menjaga tren positif neraca perdagangan Indonesia yang per Februari surplus USD 330 juta setelah empat bulan sebelumnya mengalami defisit.

  • Selasa, 19 Maret 2019 16:56:17 ESDM Temukan Solar Ilegal Campuran Oli Bekas Beredar di Jakarta Utara

    Kementerian Energi Sumber Daya‎ Mineral (ESDM) menemukan peredaran solar yang tidak sesuai standard, di wilayah Muara Baru dan Muara Angke, Jakarta. Solar ilegal tidak standard yang ditemukan, berupa campuran oli bekas dan minyak mentah dari kegiatan ilegal yang sudah diolah.

  • Jumat, 1 Maret 2019 16:37:00 Arcandra Tahar: Temuan Cadangan Gas Besar Di Sumsel Diprioritaskan Untuk Dalam Negeri

    Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, gas yang dihasilkan dari Blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

  • Jumat, 22 Februari 2019 17:28:00 Arcandra Tahar: Pertamina Tak Mungkin Bangkrut Jalankan Program BBM Satu Harga

    Arcandra membeberkan hitungan bahwa biaya Pertamina untuk operasional BBM Satu Harga adalah sekitar Rp 800 miliar sedangkan Pertamina dapat revenue dari salah satu blok, yaitu Blok Rokan per tahun Rp 40 triliun.

  • Kamis, 21 Februari 2019 18:45:47 ESDM Lelang Lima Blok Migas Skema Gross Split, Ini Rinciannya

    Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, WK Eks Produksi yang ditawarkan yaitu WK Selat Panjang dan West Kampar serta WK Eksplorasi terdiri dari WK Anambas, West Ganal, dan West Kaimana.

  • Selasa, 19 Februari 2019 15:10:19 Arcandra Tahar: 5 Kali Eksplorasi Hanya Satu Kali Berhasil Temukan Kandungan Migas

    Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, pemerintah ingin memperbaiki penggunaan data dari sisi data geologi dan geofisika (G and G), untuk meningkatkan kesuksesan kegiatan pencarian minyak atau sukses rasio.

  • Selasa, 19 Februari 2019 13:50:09 Tingkatkan Produksi Migas, Pemerintah Permudah Akses Data ke Investor

    Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, ada beberapa pilihan daya yang dimungkinkan bisa dibuka untuk calon investor, seperti data akuisisi dan data spesifikasi survei sesmik. Namun belum ada keputusan untuk data yang bisa diakses.

  • Selasa, 19 Februari 2019 12:46:46 Pemerintah Kumpulkan Rp 31,5 Triliun Cari Kandungan Migas

    Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, pihaknya telah berhasil mengumpulkan uang Rp 31,5 triliun, untuk mendanai kegiatan pencarian kandungan minyak dan ‎gas bumi (migas). Saat ini ada 35 Blok Migas yang berkontrak, terdiri dari 14 blok eksplorasi dan 21 blok perpanjangan.

  • Senin, 18 Februari 2019 21:05:25 Per Februari 2019, 40 WK Migas Gunakan Skema Gross Split

    Pemerintah kembali menandatangani tiga Kontrak Kerja Sama (KKS) Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi Konvensional dengan skema gross split. Ketiga WK Migas yang ditandatangani tersebut merupakan hasil Penawaran WK Migas Konvensional Tahap III Tahun 2018, yakni WK Migas South Andaman, South Sakakemang, dan Maratua.

  • Kamis, 14 Februari 2019 07:00:00 Mengupas Harga Avtur di Indonesia

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas mengenai harga avtur. Jika harga avtur bisa lebih kompetitif maka secara tidak langsung akan mempengaruhi harga tiket maskapai.

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya