Angela Merkel

Foto:

Angela Merkel


Nama Lengkap : Angela Merkel

Alias : Angela Dorothea Kasner

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Hamburg, West Germany

Tanggal Lahir : Sabtu, 17 Juli 1954

Zodiac : Cancer


Suami : Ulrich Merkel, Joachim Sauer
BIOGRAFI

ngela Dorothea Merkel atau dikenal dengan Angela Merkel adalah seroang Kanselir Jerman dan srbagai ketua Partai Uni Demoktatik Kristen (Christian Democratic Union). Merkel adalah anak dari Horst Kasner, seorang pendeta yang berasal dari Berlin dan Herlind Jentzsch, seorang guru dari Dazig yang lahir pada 17 Juli 1954. Di tahun kelahirannya ini bertepatan dengan penempatan tugas ayahnya untuk melayani gereja di Quitzow, dekat Perleberg, Templin sehingga mereka harus pindah kesana ke sebuah desa yang berjarak 80 km dari sebelah utara Berlin di Republik Demikratik Jerman yang Komunis.
Ia menjadi Anggota pada gerakan pemuda resmi yang dipimpin oleh pemuda Jerman Bebas saat menjadi murid di Jerman Timur. Setelah itu ia bergabung di Akademi Ilmu pengetahuan di organisasi pemuda tersebut dan menjadi anggota dewan distrik dan sekretaris untuk agitasi dan propaganda.
Tahun 1973 ia belajar di Universitas Leipzig dan mengambil jurusan fisika. Ia kemudian Lulus dari Universitas Leipzig tahun 1978 dan melanjutkan bekerja dan sekaligus belajar di Institut pusat untuk kimia fisika dari Akademi Ilmu Pengetahuan hingga 1990 lulus dngan gelar doktor dalam fisika. Setelah lulus ia kemudian bekerja di Kimia Kuantum. tahun 1989 ia terlibat dalam sebuah gerakan demokrasi dan bergabung dengan partai Demokratischer Aufbruch. Ia menjadi wakil juru biacara dari pemerintahan sementara sebelum penyatuan kembali di bawah pimpinan Lothar de Maiziere. Ia kemudian menjadi anggota Bundestag pada pemilu 1990. Ia menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Keaman Reaktor Nuklir di tahun 1994 dan memili sebuah platform untuk membangun karir politknya. Ia disebut sebagai Kohl sebagai "das Madchen" di kabinetnya karena ia menjadi menteri termuda dan anak emas Kohl.
Ia pertama kali menikah di tahun 1977 dengan seorang ahli fisika, Ulrich Merkel yang kemudian berakhir dengan perceraian di tahun 1982. Kemudian menikah lagi untuk yang kedua kalinya dengan seorang profesor Joachim Sauer, seorang ahli kimia di Universitas Humboltdt, Berlin, tahun 1998. Pernikahan keduanya ini digelar tanpa kehadiran dari orangtua maupun sahabat-sahabatnya.
Tahun 1998 ini juga pemerintahan Kohl dikalahkan dalam pemilu 1998. Ia kemudian ditunjuk untuk menjadi Sekretaris Jendral CDU dan ia menyaksikan kemenangan CDU dalam 6 dari 7 pemilu provinsi di tahun 1989 saja. Tanggal 10 April 2000, ia menjabat sebagai Ketua Partai CDU menggantikan Schauble. Terpilihnya ia menjadi Ketua oposisi ini membuatnya cukup terkenal di masyarakat sebagai penentang kanselir Gerhard Schroder di pemilu 2002 dan kekalahan Stoiber, pemimpin CSU, ia menjabat sebagai pemimpin oposisi konservatif di Parlemen Majelis rendah Jerman, Bundestag.
Pemilu 2005 Merkel resmi menjadi Kanselir Jerman dengan memenangkan 614 suara.

 

Riset dan Analisa oleh Yessi Dita Ariyasni

Last Update: 2 April 2014

PENDIDIKAN

University of Leipzig

KARIR
  • Kanselir Jerman, 2005
  • Menteri Lingkungan Hidup, Konservasi Alam dan Keamanan Nuklir, 1994-1998
  • Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda, 1991-1994
  • Anggota Bundestag, 1990

 

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya