Andi Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman

ARSIP BERITA
  • Pada persidangan kali ini, pengadilan masih melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi dari pihak penggugat dan tergugat. Saat memeriksa kelengkapan tersebut, kuasa hukum dari Tempo selaku tergugat telah melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.

  • Penyempurnaan data selalu melibatkan sejumlah kementerian lembaga terkait. Untuk penyediaan data luas lahan sawah, BPS katanya telah berkoordinasi dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian ATR/BPN dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

  • Dia mengatakan, ketidakakuratan data lahan sawah yang dikeluarkan BPS setelah dikaji mencapai 92 persen. Dengan kesalahan tersebut akan berdampak terhadap kuota subsidi pupuk yang berkurang hingga 600 ribu ton pada 2021.

  • Andi Amran Sulaiman secara resmi menyerahkan jabatan sebagai Menteri Pertanian (Mentan) yang telah diemban selama periode 2014-2019 kepada Syahrul Yasin Limpo (SYL).

  • Kementerian Pertanian menggelar proses serah terima jabatan (sertijab) untuk tugas Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2024 antara Andi Amran Sulaiman kepada Syahrul Yasin Limpo. Dalam proses sertijab, Amran dan Syahrul kompak mengenakan kemeja batik.

  • Kamis, 24 Oktober 2019 06:10:00 Mereka yang 'Tergusur' dari Kabinet Baru Jokowi

    Ada 17 menteri yang pernah menjabat di era Jokowi-JK, kini sudah tidak menjabat lagi di era Jokowi-Ma'ruf Amin

  • Selasa, 15 Oktober 2019 15:46:13 PR Besar Mentan Amran Versi Faisal Basri

    Ekonom Senior Faisal Basri mengatakan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto merupakan tiga sosok yang secara kinerja buruk dalam bantu penerimaan pajak.

  • Ekonom Senior, Faisal Basri, mengkritisi penerimaan pajak yang cenderung menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dia lantas mempertanyakan kinerja kepemimpinan kabinet Jokowi di tiga kementerian yang vital dalam penerimaan pajak. Dia mengatakan, pajak memang merupakan sebuah instrumen strategis.

  • Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman optimis Indonesia bisa segera swasembada gula, menyusul target investasi gula dengan membangun 10 pabrik gula baru selama lima tahun rampung dilaksanakan.

  • Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi mengenai kondisi pangan terkini termasuk beras. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog). Adapun posisi ketersediaan saat ini mencapai 2,4 hingga 2,5 juta.

  • Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menegaskan bahwa pasokan jagung dalam negeri sangat cukup dan Indonesia tidak perlu memerlukan impor. Stok jagung masih tersedia di Gudang Bulog sebanyak 20 ribu ton.

  • Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman berkomitmen akan terus melanjutkan program Kartu Tani. Dia berharap, program ini bisa memudahkan petani di saat Indonesia menyongsong era industri 4.0 atau revolusi industri ke-4.

  • Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menyampaikan Kartu Tani saat ini masih butuh optimalisasi agar hasilnya bisa dijangkau oleh seluruh petani di wilayah Indonesia. Pengoptimalan ini agar Kartu Tani bisa digunakan oleh petani yang berada jauh di puncak gunung dan pelosok-pelosok daerah.

  • Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengingatkan para eksportir agar tidak membuat para petani rugi. Menurutnya, petani adalah saudara kembar eksportir sehingga kualitas produk yang akan diekspor akan bergantung pada petani.

  • Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengaku tidak khawatir menghadapi musim kemarau dan kekeringan di Indonesia pada tahun ini. Pembangunan embung selama 4 tahun terakhir dinilai mampu menjaga kinerja sektor pertanian. Kendati nantinya ada kekeringan di beberapa daerah menurutnya tidak akan signifikan.

  • Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan ekspor produk pertanian terus meningkat hingga 100 persen per tahun. Total volume ekspor tahun 2014 sebanyak 33 juta ton, namun pada tahun 2018 telah mencapai 42,5 juta ton.

  • Upaya yang dilakukan Mentan Amran yaitu dengan membangun jaringan irigasi tersier. Bahkan, proses konstruksinya pun saat ini telah berhasil melampaui arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

  • Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan pihaknya kini telah sukses mengembangkan lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan. Ini sesuai dengan cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah negara penyalur pangan terbesar di dunia.

  • Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengatakan ekspor produk pertanian yang terus meningkat salah satunya bisa tercapai berkat adanya kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

  • Badan Urusan Logistik (Bulog) menilai harga beras Indonesia terlalu tinggi untuk masuk pasar ekspor. Menanggapi hal itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan harga beras Indonesia masih lebih murah dibanding negara tetangga. Biaya produksi beras Indonesia juga dinilai cukup kompetitif.