Airlangga Hartarto

Foto:

Airlangga Hartarto


Nama Lengkap : Airlangga Hartarto

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Tempat Lahir : Surabaya

Tanggal Lahir : Senin, 1 Oktober 1962

Zodiac : Balance


Istri : Yanti K Isfandiary
Anak : Adanti, Audi, Bianda, Ravindra, Dines, Latasha, Mesar
BIOGRAFI

Airlangga Hartarto lahir pada tanggal 1 Oktober 1962 di jawa Timur tepatnya di kota Surabaya. Ia merupakan Anggota DPRI RI periode 2009 sampai 2014 yang berasal dari Partai Golkar. Ia merupakan anggota Komisi VII DPR RI.

Riwayat pendidikan Airlangga tergolong lengkap. Ia mengenyam pendidikan sekolah menengah atas di SMA Kanisius, Jakarta pada tahun 1981. Kemudian ia melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Universitas Gajahmada (UGM), Yogyakarta pada tahun 1987. Ia juga sempat melanjutkan pendidikannya sampai luar negeri. Tercatat ia pernah menjadi mahasiswa University of Pennsylvania, Philadelphia, USA pada tahun 1993 dan mahasiswa Monash University, Australia pada tahun 1996 diman di Universitas ini ia mendapat gelar Master Of Bussiness Administration (MBA). Dan terakhir ia menuntut ilmu di Melbourne Bussiness School University of Melbourne pada tahun 1997.

Pribadi yang dikenal aktif ini merupakan Ketua Osis selama menjadi murid SMA Kanisius dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Sebagai dampaknya, ia sekarang telah memimpin beberapa perusahaan seperti Presiden Komisaris dari PT. Fajar Surya Wisesa Tbk, Presiden Direktur PT. Jakarta Prime Crane (1991), Presiden Direktur PT. Bisma Narendra, dan Komisaris PT. Sorini Corporation Tbk. Ia juga memimpin beberapa organisasi seperti Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) dan Sekjen ASEAN Federations of Engineering Organizations (AFEO).

Karir politik Airlangga sendiri dimulai ketika ia berhasil terpilih menjadi Wakil Bendahara DPP Partai Golkar periode selama periode 2004-2009. Kemudian, suami dari Yanti K Isfandiary ini berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 setelah memenangi pemilu legislatif untuk daerah Pemilihan Jawa Barat V.

Airlangga merupakan pengagum ajaran Mahatma Gandhi. Ia memegang teguh prinsip mahatma Gandhi yang menyangkut tujuh hal yang harus dihindari yaitu kaya tanpa bekerja, kesenangan tanpa kesadaran, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa moral, ilmu tanpa kemanusiaan, penghargaan tanpa pengorbanan, dan politik tanpa prinsip.

Riset Dan Analisa Oleh Dwi zain

PENDIDIKAN
  • SMA Kanisius, Jakarta (1981)
  • Fakultas Teknik Mesin, UGM, Yogyakarta (1987)
  • AMP Wharton School, University of Pennsylvania, Philadelphia, USA (1993)
  • Master of Business Administration (MBA), Monash University, Australia (1996)
  • Master of Management Technology (MMT), Melbourne Business School University of Melbourne, Australia (1997)
KARIR
  • Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII)
  • Anggota Majelis Wali Amanah, Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Anggota DPR-RI, 2004–2009
  • Wakil Bendahara dalam Pengurus DPP Partai Golkar periode 2004-2009
  • Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) 2005–2008
  • Sekjen ASEAN Federations of Engineering Organizations (AFEO)
  • Presiden Komisaris dari PT. Fajar Surya Wisesa Tbk (1989-sekarang)
  • Presiden Direktur PT. Jakarta Prime Crane (1991-sekarang)
  • Presiden Direktur PT. Bisma Narendra (1994-sekarang)
  • Komisaris PT. Sorini Corporation Tbk
PENGHARGAAN
  • ASEAN Engineering Honorary fellow, conferred by Asean Federation of Engineering Organization di Myanmar pada tahun 2004
  • Buku:
  • Strategi Clustering dalam Industrialisasi Indonesia (terbitan Andi Offset, Yogyakarta, 2004)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 13 November 2019 14:08:29 Menko Luhut Ungkap Alasan Ahok Ditawari Jabatan di BUMN

    Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ahok mengaku ditawari posisi di salah satu BUMN. Menko Luhut tak ingin spekulasi soal alasan Erick memilih Ahok. Namun, dia mengakui kinerja Ahok bagus.

  • Rabu, 13 November 2019 12:42:06 Yakinkan Investor Usai Bom Bunuh Diri di Medan, Pemerintah Pastikan Keamanan Terjaga

    Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, berjanji bahwa pemerintah tidak akan mengabaikan kondisi investor setelah adanya bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Ledakan terjadi sekira pukul 08.45 WIB. Kejadian ini pun dikhawatirkan dapat menghambat investasi.

  • Selasa, 12 November 2019 17:47:29 Pemerintah Diminta Perluas Akses Pendanaan UMKM

    Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan selain penurunan suku bunga KUR, pemerintah juga perlu mendorong akses pendanaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar lebih luas. Salah satunya memperbesar pagu kredit serta mempermudah izin pendanaan KUR.

  • Selasa, 12 November 2019 17:00:00 Larang Anggota FPG Keluar Jakarta, Airlangga Cegah Konsolidasi Pengurus DPD?

    Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melarang anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR untuk meninggalkan Jakarta hingga pelaksanaan Munas berakhir 6 Desember mendatang. Larangan ini dinilai sebagai upaya mencegah pengurus Golkar melakukan konsolidasi ke daerah-daerah.

  • Selasa, 12 November 2019 15:35:36 Per September 2019, Bank Salurkan KUR Rp115,9 Triliun

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 115,9 triliun hingga 30 September 2019. Adapun penyaluran KUR tersebut telah mencapai 82,79 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp140 triliun.

  • Selasa, 12 November 2019 14:39:12 Ketua DPD Golkar Sumsel Alex Noerdin Sebut Arah Munas Golkar akan Musyawarah Mufakat

    Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan Alex Noerdin mengutarakan keyakinannya jika musyawarah nasional Partai Golkar pada 4-5 Desember mendatang di Jakarta akan mencapai musyawarah mufakat.

  • Selasa, 12 November 2019 12:51:13 Januari 2020, Bunga Kredit Usaha Rakyat Turun Menjadi 6 Persen

    Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, memimpin rapat koordinasi mengenai penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Rapat tersebut memutuskan untuk menurunkan suku bunga KUR menjadi 6 persen dari sebelumnya 7 persen.

  • Senin, 11 November 2019 19:56:05 Pemerintah Dorong Omnibus Law Masuk Prolegnas 2020

    Pemerintah mendorong kebijakan Omnibus Law atau penyederhanaan perizinan akan masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas 2020). Saat ini, naskah akademis Omnibus Law telah diselesaikan. Menko Airlangga menjelaskan Omnibus Law ini akan membahas ekosistem penyederhanaan perizinan dan investasi.

  • Senin, 11 November 2019 19:02:30 Januari 2020, Pemerintah Terbitkan Daftar Positif Investasi

    Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah akan menerbitkan daftar positif (positive list) investasi pada Januari 2020. Daftar positif tersebut merupakan daftar prioritas investasi yang dilakukan di Indonesia.

  • Senin, 11 November 2019 18:48:07 Airlangga Disarankan Pilih Jabatan Menteri atau Ketum Partai

    Airlangga Disarankan Pilih Jabatan Menteri atau Ketum Partai. Dengan demikian, kata dia, jika memilih salah satu, Airlangga tak langgar etika demokrasi. Menurutnya, Airlangga harus memberikan contoh kepada masyarakat.

  • Senin, 11 November 2019 18:42:04 Kubu Airlangga Sindir Bamsoet: Mirip Syahrini 'Maju Mundur Cantik'

    Maman mengingatkan, dalam beberapa kesempatan Bamsoet sudah menyatakan dan mendukung Airlangga. Bahkan, Bamsoet juga berulangkali mengatakan sudah tidak ada lagi persaingan antara dirinya dan Airlangga.

  • Senin, 11 November 2019 18:37:19 Kubu Airlangga Sebut Aklamasi Bisa Terjadi di Munas Golkar

    Aziz menegaskan jika Airlangga Hartarto terpilih menjadi Ketum Golkar akan merangkul pendukung pesaingnya nanti.

  • Senin, 11 November 2019 18:26:48 Bamsoet: Saya Belum Putuskan Maju atau Tidak di Munas Golkar

    Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku belum memutuskan apakah ingin maju dalam bursa pemilihan Ketua Umum Golkar di Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember nanti. Dia menunggu semua pihak sampai waktu Munas tiba.

  • Senin, 11 November 2019 16:50:17 Jokowi Puji Airlangga Disebut Berdasarkan Data Akurat dan Obyektif

    'Jokowi Puji Airlangga Berdasarkan Data Akurat dan Obyektif'. Namun, dengan pujian yang dilontarkan Jokowi, Asep melihat beberapa indikasi menunjukkan jika Jokowi lebih cenderung memilih Airlangga. Menurutnya, pidato Jokowi yang memberikan apresiasi tinggi untuk Airlangga adalah buktinya.

  • Senin, 11 November 2019 16:14:38 Presiden Jokowi Minta Bunga KUR Kembali Diturunkan di 2020

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas terkait pemberdayaan usaha, kecil dan menengah (UKM). Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi ingin UKM diberdayakan. Salah satunya, Presiden Jokowi meminta tahun depan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM dapat diturunkan dari saat ini 7 persen.

  • Senin, 11 November 2019 12:11:00 Pujian Jokowi untuk Airlangga Disebut Berdasarkan Fakta dan Data

    Pengamat Politik dari Universitas Parahyangan, Bandung Prof Asep Warlan Yusuf melihat gelagat dukungan politik yang diberikan Presiden Jokowi kepada Airlangga Hartarto di Munas Golkar. Beberapa indikasi menunjukkan jika Jokowi lebih cenderung memilih Airlangga ketimbang Bambang Soesatyo.

  • Senin, 11 November 2019 11:31:00 Puji Airlangga Top, Jokowi Tidak Bisa Diartikan Memihak Jelang Munas Golkar

    Pernyataan Presiden Jokowi di acara ulang tahun Golkar beberapa waktu lalu, kerap diterjemahkan secara berlebihan. Terbaru, Jokowi dianggap memberi "angin" kepada Airlangga Hartarto karena menyebut Golkar di bawa kepemimpinan menko perekonomian tersebut sangat melejit.

  • Minggu, 10 November 2019 23:33:39 Ketua DPP Golkar Bangga Airlangga Dipuji 'Top' oleh Jokowi

    Ketua DPP Golkar Bidang Ekokraf Ricky Rachmadi berpandangan, pujian Presiden Jokowi untuk Ketum Airlangga Hartarto sangat terbilang wajar diberikan. Sebab, dalam kepemimpinan periode pertama Airlangga di Partai Golkar memang banyak melahirkan prestasi maupun capaian-capaian kemajuan.

  • Minggu, 10 November 2019 10:56:22 Istana Tegaskan Jokowi Netral Soal Urusan Caketum Golkar

    Fadjroel menyebut, pujian Jokowi tidak merujuk kepada salah satu caketum Golkar.

  • Minggu, 10 November 2019 10:01:55 Jokowi Bantah Pujian ke Airlangga Sebagai Dukungan di Munas Golkar

    "Itu adalah urusan internal di Golkar," pungkasnya.

Sebelumnya