Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto

ARSIP BERITA
  • Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ahok mengaku ditawari posisi di salah satu BUMN. Menko Luhut tak ingin spekulasi soal alasan Erick memilih Ahok. Namun, dia mengakui kinerja Ahok bagus.

  • Politikus senior Golkar Mukhtarudin meyakini Munas Golkar yang digelar awal Desember nanti akan berlangsung musyawarah mufakat. Dia yakin, tidak ada pertarungan antar kader yang menguras energi nantinya.

  • Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, berjanji bahwa pemerintah tidak akan mengabaikan kondisi investor setelah adanya bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Ledakan terjadi sekira pukul 08.45 WIB. Kejadian ini pun dikhawatirkan dapat menghambat investasi.

  • Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, animo investor asing masuk ke Indonesia tidak menurun. Saat ini, sebanyak Rp700 triliun investasi siap antre masuk ke Indonesia. Hanya saja, investasi itu terkendala berbagai masalah domestik.

  • Lodewijk sebagai loyalis Airlangga Hartarto berharap dalam pemilihan Ketum Golkar bisa dilakukan dengan aklamasi.

  • Selasa, 12 November 2019 17:47:29 Pemerintah Diminta Perluas Akses Pendanaan UMKM

    Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan selain penurunan suku bunga KUR, pemerintah juga perlu mendorong akses pendanaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar lebih luas. Salah satunya memperbesar pagu kredit serta mempermudah izin pendanaan KUR.

  • Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melarang anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR untuk meninggalkan Jakarta hingga pelaksanaan Munas berakhir 6 Desember mendatang. Larangan ini dinilai sebagai upaya mencegah pengurus Golkar melakukan konsolidasi ke daerah-daerah.

  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 115,9 triliun hingga 30 September 2019. Adapun penyaluran KUR tersebut telah mencapai 82,79 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp140 triliun.

  • Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan Alex Noerdin mengutarakan keyakinannya jika musyawarah nasional Partai Golkar pada 4-5 Desember mendatang di Jakarta akan mencapai musyawarah mufakat.

  • Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, memimpin rapat koordinasi mengenai penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Rapat tersebut memutuskan untuk menurunkan suku bunga KUR menjadi 6 persen dari sebelumnya 7 persen.

  • Senin, 11 November 2019 19:56:05 Pemerintah Dorong Omnibus Law Masuk Prolegnas 2020

    Pemerintah mendorong kebijakan Omnibus Law atau penyederhanaan perizinan akan masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas 2020). Saat ini, naskah akademis Omnibus Law telah diselesaikan. Menko Airlangga menjelaskan Omnibus Law ini akan membahas ekosistem penyederhanaan perizinan dan investasi.

  • Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah akan menerbitkan daftar positif (positive list) investasi pada Januari 2020. Daftar positif tersebut merupakan daftar prioritas investasi yang dilakukan di Indonesia.

  • Airlangga Disarankan Pilih Jabatan Menteri atau Ketum Partai. Dengan demikian, kata dia, jika memilih salah satu, Airlangga tak langgar etika demokrasi. Menurutnya, Airlangga harus memberikan contoh kepada masyarakat.

  • Maman mengingatkan, dalam beberapa kesempatan Bamsoet sudah menyatakan dan mendukung Airlangga. Bahkan, Bamsoet juga berulangkali mengatakan sudah tidak ada lagi persaingan antara dirinya dan Airlangga.

  • Aziz menegaskan jika Airlangga Hartarto terpilih menjadi Ketum Golkar akan merangkul pendukung pesaingnya nanti.

  • Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku belum memutuskan apakah ingin maju dalam bursa pemilihan Ketua Umum Golkar di Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember nanti. Dia menunggu semua pihak sampai waktu Munas tiba.

  • 'Jokowi Puji Airlangga Berdasarkan Data Akurat dan Obyektif'. Namun, dengan pujian yang dilontarkan Jokowi, Asep melihat beberapa indikasi menunjukkan jika Jokowi lebih cenderung memilih Airlangga. Menurutnya, pidato Jokowi yang memberikan apresiasi tinggi untuk Airlangga adalah buktinya.

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas terkait pemberdayaan usaha, kecil dan menengah (UKM). Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi ingin UKM diberdayakan. Salah satunya, Presiden Jokowi meminta tahun depan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM dapat diturunkan dari saat ini 7 persen.

  • Pengamat Politik dari Universitas Parahyangan, Bandung Prof Asep Warlan Yusuf melihat gelagat dukungan politik yang diberikan Presiden Jokowi kepada Airlangga Hartarto di Munas Golkar. Beberapa indikasi menunjukkan jika Jokowi lebih cenderung memilih Airlangga ketimbang Bambang Soesatyo.

  • Pernyataan Presiden Jokowi di acara ulang tahun Golkar beberapa waktu lalu, kerap diterjemahkan secara berlebihan. Terbaru, Jokowi dianggap memberi "angin" kepada Airlangga Hartarto karena menyebut Golkar di bawa kepemimpinan menko perekonomian tersebut sangat melejit.