Ahmad Hudarni Rani

Foto:

Ahmad Hudarni Rani


Nama Lengkap : Ahmad Hudarni Rani

Alias : Hudarni

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Sungai Liat, Kepulauan Bangka Belitung

Tanggal Lahir : Senin, 20 November 1950

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


Istri : Elly Marleny
Anak : Febrilla Widyarni, M.Yudha Primadirani, Ade Citra Permatarani
BIOGRAFI

Drs. H.A. Hudarni Rani, SH., mengawali karirnya sebagai Guru SDN IV Sungai liat pada tahun 1967 - 1968. Kemudian, ia diterima bekerja di PT. Timah. Selama bekerja di PT. Timah, ia menjalani berbagai kedudukan yang berbeda, mulai dari yang awalnya hanya karyawan biasa hingga menjadi Staf Direksi pada tahun 1993. 

Sosok Hudarni Rani dikenal aktif berorganisasi sekaligus pandai menempatkan diri. Pengalaman organisasinya tidak dapat dianggap remeh. Ia pernah bergabung dengan Pemuda Muhammadiyah, AMPI, Wirakarya Indonesia, SOKSI, KNPI, PERSAHI, PERCASI, dan Golkar. Melalui Partai Golkar inilah, karir politik Hurdarni Rani mulai berkembang. 

Pada tahun 1997, ia berada pada titik puncak karirnya sebagai Ketua DPRD Kota Pangkalpinang hingga tahun 1999. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (2001 - 2002). Dari sinilah, ia kemudian dipercaya menjadi Gubernur Pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai gubernur, Hudarni Rani berusaha mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Ia tidak hanya fokus pada potensi provinsi ini sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia, namun ia juga mengembangkan potensi lain yang tak kalah prospektifnya. Selain timah, ia juga memperhatikan hasil alam lain yang bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat. Hudarni mengembangkan bidang pariwisata, yaitu panorama pantai yang tidak kalah mengagumkan. Ia yakin bahwa daerahnya akan mampu menjadi tujuan utama pariwisata di Indonesia jika semua potensi yang dimiliki dapat diolah secara maksimal. Hudarni juga memiliki visi mewujudkan negeri "Serumpun Sebalai" yang sejahtera melalui pemerintahan yang amanah dengan meningkatkan kualitas masyarakat serta memberdayakan semua potensi daerah secara arif dan berwawasan lingkungan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Riset dan analisa oleh Pilar Asa Susila

PENDIDIKAN
  • Sarjana Administrasi Negara STIA LAN-RI Bandung
  • Sarjana Hukum Perdata Uninus Bandung
KARIR
  • Gubernur Babel
  • Ketua DPRD Pangkal Pinang (1997 - 1999)
  • Wakil Ketua DPRD Babel
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya