Adobe

Foto:

Adobe


Nama Lengkap : Adobe

Alias : No Alias

Profesi : Perusahaan Peranti Lunak

Warga Negara : Adobe Systems complex, San Jose, California, Amerika Serikat


No Relation
BIOGRAFI

Adobe System Inc. merupakan salah satu pemimpin dalam bidang digital marketing dan digital media solution yang terkemuka di dunia. Layanan yang ditawarkan dapat memungkinkan para pelanggan untuk menciptakan konten-konten digital, media dan perangkat yang inovatif.

Adobe yang berperan sebagai sebuah produsen perangkat lunak komputer ini berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Sejak didirikan pada bulan Desember 1982 oleh salah satu tokoh Xerox PARC, John Warnock dan Charles Geschke. Nama perusahaan sendiri terinspirasi dari nama sungai kecil yang mengalir di belakang rumah kedua pendiri yang bernama Adobe Creek yang berada di Los Altos, California.

Dalam perkembangan Adobe, pada Desember 2005, perusahaan telah mengakuisisi pesaing-nya yakni Macromedia. Dengan proses akuisisi tersebut, perusahaan mampu menambah beberapa produk perangkat lunak dan platform baru, seperti ColdFusion, Dreamweaver, Flash dan Flex.

Produk pertama Adobe adalah PostScript yang telah dikembangkan dan mulai didistribusikan setelah pendiri-nya keluar dari Xerox PARC. Namun pada tahun 1985, Apple Computer mengambil alih lisensi PostScript untuk digunakan pada printer LaserWriter. Setelah PostScript, produk berikutnya adalah digital font yang dirilis dalam format yang diberi nama Type 1. Tak mau kalah, Apple kemudian mengembangkan saingannya yang diberi nama TrueType. Dalam TrueType menyediakan skala penuh dan kontrol yang tepat dari pola pixel yang dibuat oleh garis font yang kemudian diambil alih oleh Microsoft.

Guna menyaingi produk tersebut, Adobe kemudian meluncurkan spesifikasi baru yang berlabel Adobe Type Manager. Adobe Type Manager merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan skala WYSIWYG dari font Type 1 pada layar,seperti TrueType, meskipun tanpa perlu mengontrol tingkat presisi pixel. Namun Adobe terlalu terlambat untuk menyaingi TrueType.

Pada pertengahan tahun 1980-an, Adobe memasuki pasar perangkat lunak konsumen dengan meluncurkan Adobe Illustrator. Perangkat lunak ini merupakan sebuah program gambar yang berbasis vektor untuk Apple Macintosh. Tidak seperti MacDraw yang merupakan standar vektor Macinthosh, Illustrator dikembangkan dengan lebih fleksibel menggunakan kurva Bezier. Dengan ini dapat memberikan akurasi yang belum pernah tercapai pada program sebelumnya.

Pada tahun 1989, Adobe memperkenalkan produk yang menjadi andalannya yang kemudian dikenal dengan Photoshop. Program ini merupakan program editing grafis untuk Machintosh dengan fitur yang stabil. Dalam peluncurannya, Photoshop nyatanya dapat mendominasi di pasaran.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1993, Adobe mulai memperkenalkan  Portable Document Format atau lebih dikenal dengan PDF, dan Adobe Acrobat and Reader software. Hingga sekarang PDF menjadi standar internasional sehingga mendapatkan ISO 32000-1:2008. Teknologi ini kemudian diadopsi di seluruh dunia sebagai media umum untuk dokumen elektronik. Hal yang menjadi kontroversi saat Adobe melakukan kesalahan pada platform Macinthos. Adobe mengalami kegagalan dalam mengembangkan program desktop publishing (DTP). Namun, Adobe mulai melangkah dengan merilis InDesign. Beberapa tahun kemudian, Adobe dan Microsoft mulai menjalin kerjasama dengan meluncurkan format font yang diberi nama OpenType di tahun 1996.

Adobe selalu membuat langkah-langkah yang inovatif dengan meluncurkan beberapa program yang terdepan. Pada bulan Desember 1991, Adobe merilis Adobe Premiere yang diluncurkan kembali dengan Adobe Premiere Pro pada tahun 2003. Guna mengembangkan industri-nya, Adobe menjalin kerjasama dengan Aldus. Dengan terjalin kemitraan antara kedua pengembang perangkat lunak ini, Adobe kemudian menambahkan  Adobe PageMaker dan Adobe After Effects untuk mengontrol formal file TIFF.

Di tahun-tahun selanjutnya, Adobe terus menambahkan program-program seperti Adobe FrameMake di tahun 1995 untuk aplikasi DTP, Adobe InCopy di tahun 1999 sebagai pesaing QuarkCopyDesk dan beberapa program-program lainnya yang membantu kegiatan digital para pengguna hingga saat ini.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

Last update 10/10/2013  13:00

[gie]

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya