Ade Komarudin

Foto:

Ade Komarudin


Nama Lengkap : Ade Komarudin

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Purwakarta, Jawa Barat

Tanggal Lahir : Kamis, 20 Mei 1965

Zodiac : Taurus


Ayah : M. Thoha Mukhtar
Ibu : Nurhayati Thoha Mukhtar
Istri : Netty Marliza,SH
BIOGRAFI
Drs. Ade Komarudin, MH merupakan salah satu politikus senior yang telah menjabat sebagai anggota DPR RI selama empat periode berturut-turut. Pria kelahiran Purwakarta tanggal 20 Mei 1965 ini sejak tahun 1997 telah berhasil duduk di kursi DPR RI hingga tahun 2014. Mengawali karir politik dengan bergabung menjadi anggota partai Golongan Karya, karir politik Ade Komarudin terus menanjak. Ade Komarudin yang merupakan alumnus Universitas Islam Negeri, Jakarta ini di satu periode waktu pernah menjabat menjadi wakil sekretaris jenderal di dua organisasi kepemudaan yang berbeda, yakni Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sejak tahun 1993 hingga tahun 1998.

Selengkapnya

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 20 Juni 2018 16:37:51 Ical jenguk Ade Komarudin, begini kondisinya sekarang

    Mantan Ketua DPR Ade Komarudin masih harus menjalani pengobatan pasca insiden jatuh dari kamar mandi pada awal Januari lalu. Pria yang akrab disapa Akom itu mengalami pendarahan di kepala hingga harus menjalani operasi di RSPAD awal tahun 2018 lalu.

  • Senin, 21 Mei 2018 15:21:09 Jatah DPR dari proyek e-KTP dibahas di ruang kerja Ade Komarudin

    Jaksa Penuntut Umum pada KPK menghadirkan mantan Ketua Fraksi Golkar, Setya Novanto di sidang kasus korupsi proyek e-KTP atas terdakwa Anang Sugiana Sudihardjo. Dalam keterangannya sebagai saksi, Novanto membeberkan adanya pembahasan anggaran e-KTP di ruang sekretaris fraksi Golkar Ade Komarudin (Akom), lantai 12 DPR.

  • Rabu, 10 Januari 2018 16:14:06 Jatuh di kamar mandi, Ade Komarudin jalani operasi di RSPAD

    Jatuh di kamar mandi, Ade Komarudin jalani operasi di RSPAD. Mantan Ketua DPR Ade Komarudin jatuh di kamar mandi, Rabu (10/1). Akibat insiden tersebut, Ade saat ini tengah mendapat perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto.

  • Senin, 18 Desember 2017 17:08:27 Akom sebut kader Golkar pimpinan komisi dan AKD pantas jabat ketua DPR

    Akom sebut kader Golkar pimpinan komisi dan AKD pantas jabat ketua DPR. Mengenai siapa calon yang akan direkomendasikan, Akom mengatakan tak memiliki hak suara untuk menetapkan rekomendasi.

  • Senin, 11 Desember 2017 16:24:18 Saat Ade Komarudin jadi ketua DPR ganti Setnov tak perlu rapat pleno Golkar

    Saat Ade Komaruddin jadi ketua DPR ganti Setnov tak perlu rapat pleno Golkar. Ketum Golkar Setya Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin menggantikan dirinya sebagai ketua DPR. Novanto memutuskan untuk mundur dari posisi Ketua DPR dan telah mengirim surat tersebut kepada Sekretariat DPR.

  • Senin, 4 Desember 2017 19:48:16 Golkar akan kembali rapat pleno, Akom yakin putuskan Munaslub

    Soal Munaslub, Akom sebut 'ikan sepat ikan gabus'.

  • Kamis, 30 November 2017 20:33:57 Akom sebut SOKSI dukung Airlangga jadi Ketum Golkar dan Jokowi jadi capres

    Hasil rapat pleno lain yakni mendukung Joko Widodo kembali menjadi Presiden di Pemilu Serentak 2019 mendatang. Dukungan kepada Jokowi itu, kata Akom, merupakan amanat dari pendiri SOKSI Prof Suhardiman yang telah berjanji kepada Jokowi untuk membantunya menjadi Presiden hingga tahun 2024.

  • Rabu, 22 November 2017 11:57:53 Kasus korupsi e-KTP, Ade Komarudin diperiksa KPK sebagai saksi Setya Novanto

    Kasus korupsi e-KTP, Ade Komarudin diperiksa KPK sebagai saksi Setya Novanto. Mengenakan kemeja batik dan peci hitam, politisi Golkar ini bergegas masuk ke dalam lobi gedung KPK untuk mengisi buku tamu sambil mengenakan tanda pengenal berwarna merah, tanda pengenal yang digunakan saksi untuk menjalani pemeriksaan.

  • Senin, 16 Oktober 2017 14:53:57 Ade Komarudin akui pernah ketemu Irman, dicurhati proyek e-KTP

    Ade Komarudin mengaku pernah bertemu mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemdagri) yang juga tersangka korupsi e-KTP, Irman. Akom mengakui, Irman bertemu dan berkeluh kesah kepadanya.

  • Senin, 16 Oktober 2017 12:58:11 Takut Golkar bubar, Akom sudah ingatkan Setnov soal e-KTP lewat Ical

    Takut Golkar bubar, Akom sudah ingatkan Setnov soal e-KTP lewat Ical. Dia menjelaskan, saat itu dia menyampaikan kepada Ical terkait kegelisahannya dalam proyek e-KTP. Dia pun menitipkan pesan untuk Setya Novanto agar tidak terlibat dalam proyek tersebut.

  • Senin, 16 Oktober 2017 11:08:54 Sidang kasus e-KTP, Ade Komarudin jadi saksi Andi Narogong

    Sidang kasus e-KTP, Ade Komarudin jadi saksi Andi Narogong. Terdakwa Andi Narogong dari kasus proyek e-KTP hari ini kembali menjalani sidang di pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Sidang kali ini diagendakan mendengarkan keterangan para saksi.

  • Senin, 9 Oktober 2017 16:58:38 Gamawan Fauzi akui pernah ketemu Akom dan Irman di restoran Korea

    Gamawan Fauzi akui pernah ketemu Akom dan Irman di restoran Korea. Basir pun mencecar pertemuan tersebut membicarakan soal proyek e-KTP. Namun Gamawan mengelak hal tersebut. Gamawan pun menjelaskan pertemuan dengan Akom hanya membicarakan keluhannya dalam Partai Golkar.

  • Kamis, 28 September 2017 11:17:12 Pimpinan DPR yakin Fahri dan Akom tak tekan BPK agar diberi opini WTP

    Pimpinan DPR yakin Fahri dan Akom tak tekan BPK agar diberi opini WTP. Anggota VII Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Eddy Mulyadi menyebut pihaknya memberikan opini WTP kepada DPR karena takut dimarahi oleh Fahri dan Ade. Kesaksian Eddy disampaikan saat menjadi saksi dalam sidang kasus suap.

  • Rabu, 27 September 2017 22:25:33 Sekjen bantah ucapan BPK soal Fahri & Akom marah jika DPR tak diberi WTP

    Dia menjelaskan bahwa hal itu tidak masuk akal karena Fahri baru menjadi Wakil Ketua DPR pada tahun 2014 sedangkan pemberian opini WTP pada tahun 2009.

  • Rabu, 27 September 2017 21:20:58 BPK takut Akom dan Fahri Hamzah marah jika laporan keuangan dinilai buruk

    BPK takut Akom dan Fahri Hamzah marah jika laporan keuangan dinilai buruk. Anggota VII BPK Eddy Mulyadi Soepardi mengaku tak ingin DPR mendapatkan opini yang buruk atas laporan pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK. Alasannya, kata Eddy, ketua DPR saat itu Ade Komarudin (Akom) dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bisa ma

  • Jumat, 4 Agustus 2017 06:01:00 'Jurus ngeles' Akom saat disebut terima uang panas proyek e-KTP

    'Jurus ngeles' Akom saat disebut terima uang panas proyek e-KTP. Ia berkilah lantaran saat pengadaan proyek e-KTP saat itu bukan anggota komisi II, sehingga tak terlibat dalam proses e-KTP baik mulai dari perencanaan, pembahasan maupun pelaksanaan proyek tersebut.

  • Kamis, 3 Agustus 2017 20:29:54 KPK cecar Ade Komarudin seputar aliran dana e-KTP

    KPK memeriksa tiga saksi untuk kasus e-KTP dengan tersangka Setya Novanto. Ketiganya adalah Hilda Yulistiawati, Ade Komarudin dan Drajat Wisnu Setyawan.

  • Kamis, 3 Agustus 2017 14:53:54 Usai diperiksa KPK, Akom kembali bantah terima uang proyek e-KTP

    Usai diperiksa KPK, Akom kembali bantah terima uang proyek e-KTP. Akom berkilah lantaran saat pengadaan proyek e-KTP saat itu bukan anggota komisi II sehingga tak terlibat dalam proses e-KtP baik mulai dari perencanaan, pembahasan maupun pelaksanaan proyek tersebut.

  • Kamis, 3 Agustus 2017 09:50:57 Jadi saksi Setya Novanto, Ade Komarudin kembali diperiksa KPK

    Jadi saksi Setya Novanto, Ade Komarudin kembali diperiksa KPK. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, para saksi yang akan menjadi saksi salah satunya dari bidang politik yaitu Anggota DPR RI.

  • Jumat, 21 Juli 2017 21:01:02 KPK buru anggota DPR selain Akom & Miryam yang terima uang e-KTP

    KPK buru pihak lain selain Akom & Miryam yang terima uang e-KTP. KPK tidak menutup kemungkinan untuk membuktikan adanya anggota DPR lain yang menerima uang bancakan proyek e-KTP meski nama-nama mereka tidak tercantum di putusan majelis hakim.

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya