Abdullah bin Abdul Aziz

Foto:

Abdullah bin Abdul Aziz


Nama Lengkap : Abdullah bin Abdul Aziz

Alias : Raja Abdullah

Profesi : Keluarga Kerajaan

Agama : Islam

Tanggal Lahir : Jumat, 1 Agustus 1924

Zodiac : Leo


Saudara : Salman bin Abdulaziz Al Saud
Istri : Alanoud Al Fayez , Jawahir bint Ali Hussein, Aida Fustuq, Munira Al Otaishan, Munira bint Abdullah Al Al Shaykh, Tathi bint Mishan al Faisal al Jarba, Hussa bint Trad bin Sattam ash-Sha'lan
BIOGRAFI

Abdullah bin Abdul Aziz merupakan Raja Arab Saudi yang meninggal di tahun 2015. Beliau merupakan salah satu anak dari sekian banyak putera Ibn Saud, pendiri Arab Saudi di masa modern ini. Beliau naik tahta setelah kematian saudara tirinya, Raja Fahd.

Sebelum menjadi raja di tahun 1996, beliau memasuki dunia politik sebagai Walikota Mekah di tahun 1961. Di tahun berikutnya, beliau diangkat sebagai Saudi Arabian National Guard. Dia juga menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan dan diberi nama putra mahkota saat Fahd naik takhta pada tahun 1982. Setelah Raja Fahd menderita stroke yang serius pada tahun 1995, Abdullah menjadi penguasa de facto dari Arab Saudi sampai naik takhta satu dekade kemudian.

Selama masa pemerintahannya, beliau termasuk salah satu pimpinan negara Timur Tengah yang memelihara hubungan erat dengan Amerika Serikat dan Inggris serta membeli miliaran dolar peralatan pertahanan dari kedua negara.Beliau juga memberikan hak bagi wanita untuk dipilih di dewan kota dan bersaing di Olimpiade. Selanjutnya , Abdullah mempertahankan status quo selama muncul gelombang protes di Kerajaan Arab Saudi.

Menurut berbagai laporan, Abdullah merupakan raja yang pernah menikah sebanyak 30 kali dan memiliki lebih dari 35 putera. Raja Abdullah juga memiliki kekayaan pribadi yang diperkirakan mencapai 18 juta dolar dan membuatnya sebagai kepala negara ketiga terkaya di dunia. Pada tanggal 23 Januari 2015, Raja Abdullah meninggal di usia 90 tahun akibat sakit pneumonia. Beliau kemudian digantikan oleh saudara tirinya yaitu Raja Salman.

Riset dan Analisis oleh Febrianti Diah Kusumaningrum.

KARIR

Raja Arab Saudi (1996-2005)

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya