Wapres kesal operasional Bandara Kuala Namu molor

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo | Rabu, 6 Februari 2013 18:11

Wapres kesal operasional Bandara Kuala Namu molor
kantor baru wapres. setwapres

Merdeka.com - Wakil Presiden Boediono geram dengan terus molornya operasional Bandara Kuala Namu, Medan. Rencana awal, pengoperasian bandara ini ditarget pada April, namun molor menjadi Agustus.


Mundurnya operasional bandara ini lantaran terhambatnya pembangunan sarana pendukung akses menuju bandara yakni jalan non-tol. Masalah pembebasan tanah menjadi faktor penyebabnya.

Boediono menginstruksikan agar operasional bandara ini bisa segera dilakukan. "Jangan sampai ada pengunduran jadwal lagi," tegas Boediono saat rapat koordinasi pembangunan bandara di kantor wapres, Jakarta, Rabu (6/2).

Jalan non-tol ini menjadi unsur vital dalam mendukung kelancaran operasional bandara dengan kapasitas sekitar delapan juta penumpang per tahun ini. Sebab, kereta api khusus bandara hanya mampu mengangkut 15 persen dari total pengunjung.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memastikan Bandara Kuala Namu menjadi salah satu bandara yang akan selesai pengembangannya tahun ini. Selain Kuala Namu, Bandara Ngurah Rai dan Bandara Sepinggan menjadi target untuk selesai tahun ini.

"Bandara kita hampir semua mengalami over crowded sehingga harus dipacu pengembangannya dan direncanakan tahun ini dan tahun depan akan kita resmikan penggunaannya," jelasnya.

[noe]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE