Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Serba Mahal Jelang Ramadan 2022

Serba Mahal Jelang Ramadan 2022 SPBU. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kenaikan harga bahan pokok memang kerap terjadi setiap jelang Ramadan. Harga-harga merangkak naik karena permintaan mulai mengalami peningkatan. Tahun ini, kenaikan tidak hanya pada barang kebutuhan pokok sehari-hari.

Mulai dari BBM, pulsa telepon hingga barang-barang yang dijual secara online mengalami kenaikan. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan pemerintah menaikkan tarif PPN menjadi 11 persen.

Lalu apa saja barang yang mengalami kenaikan harga jelang Ramadan, berikut ulasannya untuk Anda.

Harga Minyak Goreng Mahal

Di pertengahan bulan Maret, harga minyak goreng kemasan dilepas pemerintah mengikuti nilai keekonomiannya. Semula harga minyak goreng kemasan premium dibanderol Rp14.000 per liter. Kini setelah dilepas harga ke pasar hampir Rp25.000 per liter.

Meski begitu, untuk minyak goreng curah pemerintah tetap menentukan harga eceran tertinggi (HET) ditingkat konsumen. Pemerintah menetapkan harga minyak goreng curah di tingkat konsumen Rp14.000 per liter. Sayangnya, keberadaan minyak curah satu harga ini keberadaannya misterius. Pemerintah kerap berdalih, minyak goreng curah masih dalam proses distribusi.

"Beberapa pasar di Jakarta sudah dikirim yang dalam format curah," kata Airlangga saat meninjau Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, Kamis (24/3) lalu.

Hingga kini keberadaan minyak goreng curah masih sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional. Sementara kehadiran minyak goreng kemasan di berbagai toko ritel sudah dipajang dan penuh di rak-rak penyimpanan. Harganya per 2 liter dibanderol mencapai Rp50.000.

Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Tak hanya minyak goreng, sejumlah bahan kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Tren kenaikan harga pangan menjelang Ramadan biasanya mengalami kenaikan seiring dengan meningkatnya permintaan barang.

Berdasarkan pemantauan harga di situs Info Pangan Jakarta, terjadi kenaikan harga aneka cabai. Cabai merah keriting yang dijual per kilogram Rp46.404. Cabai merah besar naik menjadi Rp56.111 per kilogram, cabai rawit merah Rp58.574 per kilogram dan cabe rawit hijau Rp41.765 per kilogram.

Harga bawang merah juga terpantau mengalami kenaikan menjadi Rp35.553 per kilogram. Begitu juga dengan harga ayam ras per ekor di jual Rp39.911. Harga telur ayam ras juga tercatat tinggi di level Rp25.202 per kilogram.

Sementara itu, untuk harga beras terpantau stabil. Berkisar Rp11.442 - Rp12.251 per kilogram dari setiap jenisnya.

BBM Pertamax Naik Jadi Rp12.500 per Liter

Per 1 April 2022, pemerintah memutuskan menaikan harga BBM Pertamax menjadi Rp12.500 per liter. Kenaikan harga sudah dimulai dari pukul 00.00 dari yang semula Rp9.000 per liter.

Kenaikan harga Pertamax tersebut telah mendapatkan restu dari Komisi VI DPR RI. Usulan kenaikan harga BBM Pertamax diusulkan PT Pertamina (Persero). Alasannya untuk melakukan penyesuaian harga BBM nonsubsidi jenis RON 92 atau pertamax sebab harga jual bensin Pertamax yang sudah jauh dari nilai keekonomian.

"Komisi VI DPR RI mendukung penyesuaian harga BBM nonsubsidi yang mengikuti harga keekonomian minyak dunia untuk menjamin kesehatan keuangan PT Pertamina (Persero) dalam menjalankan penugasan pemerintah," kata Dirut Pertamina, Nicke Widyawati dalam RDP Komisi VI DPR, Jakarta (28/3). 

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan pemerintah sudah memutuskan untuk memberikan subsidi BBM jenis Pertalite. Hanya saja, kata Erick, pemerintah tidak lagi akan memberikan subsidi harga Pertamax. 

"Pemerintah sudah memutuskan ya Pertalite dijadikan subsidi, Pertamax tidak. Jadi kalau Pertamax naik, ya mohon maaf," kata Erick di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin Makassar, Rabu (30/3).

Harga Pulsa, Sikat Gigi Hingga Alat Elektronik Naik

Per 1 April 2022, pemerintah resmi menaikkan tarif PPN menjadi 11 persen dari sebelumnya 10 persen. Kenaikan tarif tersebut telah diputuskan lewat Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang disahkan Oktober tahun lalu. 

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang no. 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP), dan peningkatan PPN ini akan berlaku mulai 1 April 2022.

Akibatnya, sejumlah harga produk konsumsi mengalami kenaikan harga. Mulai dari harga barang elektronik seperti laptop, smartphone, televisi, dan alat elektronik rumah tangga lainnya. Produk textile seperti baju atau pakaian, celana, aksesoris dan lain-lain.

Kemudian harga perlengkapan kebersihan seperti aneka sabun, pasta gigi, sikat gigi dan lain-lain. Produk alas kaki seperti sepatu dan sandal. Berbagai jenis produk tas dan aksesorisnya. Motor, mobil dan barang lainnya yang dikenakan PPN. Termasuk jasa iklan digital, hingga barang yang dibeli di market place.

Tak hanya itu, harga pulsa telepon, paket data hingga tagihan internet juga mengalami kenaikan harga. Sejumlah provider sudah melakukan penyesuaian harga dengan kenaikan tarif PPN. 

Pemilik konter pulsa, Fatimah mengungkapkan harga paket data sudah mengalami kenaikan. Harga paket data 5 GB yang biasa dijual Rp45.000, akan naik menjadi Rp46.000. Kenaikan tersebut menyesuaikan harga dari agen yang mengalami kenaikan Rp1.000.

"Kalau kemarin harga dasarnya masih Rp42.900, sekarang menjadi Rp43.900," kata Fatimah saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Jumat (1/4).

Beberapa penyedia layanan internet juga akan mengumumkan kenaikan harga. Diantaranya IndiHome, Biznet dan First Media bakal segera menaikkan harga per 1 April 2022. 

Selain itu, harga dasar token listrik juga mengalami kenaikan. Rata-rata kenaikannya berkisar Rp300 - Rp400. 

Harga token listrik PLN senilai Rp20.000 yang biasanya Rp20.050, naik menjadi Rp20.350. Harga token listrik Rp50.000 semula Rp50.050 menjadi Rp50.350.

Sementara harga token PLN senilai Rp200.000 yang semula Rp200.050 menjadi Rp200.450. Begitu juga dengan token PLN senilai Rp500.000 yang semula Rp500.050 menjadi Rp500.450.

(mdk/idr)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Awal Ramadan Pemerintah Naikkan Harga Eceran Tertinggi Beras, Cek Harganya di Sini

Awal Ramadan Pemerintah Naikkan Harga Eceran Tertinggi Beras, Cek Harganya di Sini

Kenaikan HET beras ini berlaku mulai 10- 23 Maret 2024 di 8 wilayah Indonesia.

Baca Selengkapnya
Jelang Bulan Ramadan, Jokowi Ingin Masyarakat Beribadah Tenang

Jelang Bulan Ramadan, Jokowi Ingin Masyarakat Beribadah Tenang

Para menteri diminta untuk menjaga harga pangan jelang Idul Fitri.

Baca Selengkapnya
Mendag Akhirnya Buka Suara soal Penyebab Mahalnya Harga Beras di Awal Ramadan

Mendag Akhirnya Buka Suara soal Penyebab Mahalnya Harga Beras di Awal Ramadan

Sejak 10 Maret 2024, Pemerintah menaikkan harga eceran tertinggi (HET) beras premium sebesar Rp1.000 per kilogram (kg).

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Badan Pangan Sebut Harga Beras Bakal Turun di Saat Ramadan, Ini Alasannya

Badan Pangan Sebut Harga Beras Bakal Turun di Saat Ramadan, Ini Alasannya

Kepala Bapanas menyebut harga beras saat Ramadan akan turun.

Baca Selengkapnya
Digelar saat Bulan Ramadan, Begini Keseruan Kegiatan Pasar Murah

Digelar saat Bulan Ramadan, Begini Keseruan Kegiatan Pasar Murah "Semar Mesem" di Sleman

Program ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan harga menjelang Lebaran 2024.

Baca Selengkapnya
Ternyata, Kenaikan PPN 12 Persen Jadi Tertinggi di Asia Tenggara

Ternyata, Kenaikan PPN 12 Persen Jadi Tertinggi di Asia Tenggara

Kenaikan PPN dengan menggunakan single tarif dapat menyebabkan semakin menurunnya daya saing industri.

Baca Selengkapnya
H-1 Jelang Puasa Ramadan, Pedagang Pasar Senen Bingung Harga Daging Sapi Terus Naik

H-1 Jelang Puasa Ramadan, Pedagang Pasar Senen Bingung Harga Daging Sapi Terus Naik

Pedagang Pasar Senen mengaku merasa bingung untuk harga daging kerap melonjak setiap bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
FOTO: Menjelang Bulan Suci Ramadan, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Naik

FOTO: Menjelang Bulan Suci Ramadan, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Naik

Sepekan jelang bulan suci Ramadan 2024, sejumlah harga pangan mengalami kenaikan.

Baca Selengkapnya
3 Hal yang Perlu Diperbaiki Menjelang Ramadan, Salah Satunya Ikhlas Menerima Takdir

3 Hal yang Perlu Diperbaiki Menjelang Ramadan, Salah Satunya Ikhlas Menerima Takdir

Penting untuk mempersiapkan diri menjelang bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya