Pidato Bernanke tetap berikan angin segar bursa saham

Reporter : Ririn Radiawati | Senin, 3 September 2012 07:47

Pidato Bernanke tetap berikan angin segar bursa saham
Ben Bernanke. Reuters

Merdeka.com - Meskipun pidato Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve, Ben Bernanke, tidak menyebutkan akan mengeluarkan stimulus tahap ke tiga, namun pernyataan Bernanke tetap memberikan angin segar kepada investor.


Pada akhir pekan lalu, pidato Bernanke di pertemuan bankir di Jackson Hole, Wyoming, memperingatkan bahwa stagnannya penambahan jumlah tenaga kerja baru sangat mengkhawatirkan sehingga dia akan berupaya untuk menanggulangi hal tersebut dengan memberikan bantuan melalui kebijakan baru dalam pertemuan the Fed berikutnya pada 12-13 September.

"Pelaku pasar telah menilai belum tentu The Fed akan meluncurkan stimulus QE3 namun, komentar Bernanke ini tetap akan menjadi sentimen positif di pasar," ujar analis saham dari Indosurya Asset Management Reza Priyambada, Senin (3/9).

Dengan pernyataan tersebut, bursa saham AS ditutup positif kecuali pada bursa saham Argentina, Brazil, dan Meksiko.

Dengan menguatnya saham AS, lanjut Reza, tentu akan berpengaruh juga untuk saham di Indonesia. Hal ini akan membuat saham Tanah Air menguat pada awal pekan sekaligus awal bulan September ini. Reza memperkirakan bahwa pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini akan bergerak pada kisaran support 4.025-4.048 dan resistance 4.085-4.105.

Sementara beberapa saham yang patut dicermati pada saat perdagangan antara lain adalah BW Plantation (BWPT), Indo Tambangraya Megah (ITMG), Semen Gresik (SMGR), Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), Astra Internasional (ASII), Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), Gudang Garam (GGRM), Lippo Karawaci (LPKR), Surya Semesta Internusa (SSIA), Bank Mandiri (BMRI), Bank Pembangunan Jawa Timur (BJTM), dan Mitra Adiperkasa (MAPI).

[rin]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# IHSG

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE