Pertamina kembangkan PLTP Lahendong Sulawesi Utara

Reporter : Novita Intan Sari | Sabtu, 12 Januari 2013 16:31

Pertamina kembangkan PLTP Lahendong Sulawesi Utara
PLTU Drajat. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husen mengatakan perseroan terus melakukan pengembangan lapangan panas bumi di wilayah kerja panas bumi Lahendong, Sulawesi Utara.


Pengembangan tersebut untuk pasokan uap ke PLTP Lahendong yang dioperasikan oleh PT PLN dengan kapasitas terpasang 20 megawatt. Daerah prospek Lahendong seluas 12 kilometer persegi dan memiliki sumber daya sekitar 300 megawatt dengan cadangan terbukti sebesar 80 megawatt

"Panas bumi dari Lahendong merupakan salah satu pilar pendukung pasokan listrik di Sulawesi Utara. Sebanyak 40 persen di antaranya telah bersumber dari energi panas bumi," ujarnya di Garut, Jawa Barat, Sabtu (12/1).

Selain itu, perseroan segera merampungkan PLTP unit 5 Kamojang yang dikelola oleh Pertamina Geothermal Energy yang merupakan pengembangan dari 4 unit PLTP dengan kapasitas terpasang mencapai 200 megawatt.
Pembangkit tersebut dapat mulai beroperasi pada akhir 2014 dengan kapasitas terpasang sebesar 30 mw.

Lokasi PLTP Unit 5 Kamojang berdampingan dengan lokasi PLTP Unit 4 Kamojang dalam lahan seluas 3,85 hektare (ha) yang terletak 42 kilometer sebelah tenggara Kota Bandung atau 23 sebelah barat laut kota Garut.

[arr]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# PLTU# Pertamina

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE