Nasib bisnis Malaysia Airlines yang makin limbung

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo | Kamis, 13 Maret 2014 07:00




Nasib bisnis Malaysia Airlines yang makin limbung
Ilustrasi Malaysia Airlines. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pesawat Boeing 777-200 yang diterbangkan maskapai Malaysia Airlines hilang sejak Sabtu pagi (8/3). Pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu diterbangkan oleh Kapten Zaharie Ahmad Shah (53) pada pukul 00.41 waktu Malaysia.

MH370 lepas landas dari Kuala Lumpur Malaysia menuju Beijing, China. Pesawat yang mengangkut 239 penumpang, termasuk dua bayi dan 12 awak kabin itu seharusnya tiba di Beijing tepat pada pukul 06.40 waktu setempat. Namun, pesawat tersebut tak kunjung tiba di Beijing.

Pihak Malaysia Airlines mengaku kehilangan kontak dengan pesawat tersebut. Kejadian ini lantas langsung membuat kinerja Malaysia Airlines terpukul.

Dikutip dari BBC, terlihat saham maskapai milik pemerintah Malaysia ini terjun bebas hingga 18 persen dua hari yang lalu. Posisi saham ini menjadi yang terendah baru sepanjang sejarah perusahaan.

Sepanjang tahun ini, saham maskapai tersebut sudah merosot lebih dari 33 persen. Titik terendah terakhir terjadi pada 4 Maret.

Tahun lalu, Malaysian Airlines System mencatat kerugian sebesar 1,17 miliar ringgit atau setara USD 360 juta. Meningkat ketimbang tahun sebelumnya sebesar 432 juta ringgit.

Kejadian hilangnya pesawat Malaysia Airlines ini turut memberi efek domino. Saham Boeing, pabrikan pesawat hilang tersebut, turut melemah 1,3 persen pada pembukaan perdagangan awal pekan ini.

Dikutip dari USAToday, harga saham Boeing ditutup turun antara USD 1,65 sampai USD 126,89 per lembar saham.

Kejadian ini tentunya membuat para calon konsumen pesawat lebih berhati-hati. Para calon penumpang tentunya akan berpikir dua kali untuk menggunakan Malaysia Airline.

Namun, pihak Malaysia Airlines mengklaim insiden hilangnya pesawat penerbangan MH370 milik mereka tidak mengganggu penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta ke Kuala Lumpur maupun sebaliknya.

"Tidak ada penurunan penumpang atau pembatalan penerbangan oleh penumpang atas insiden ini," kata Manager Malaysia Airlines Bandara Soekarno Hatta Abdul Shukor Saleh.

Seperti diketahui, Angkatan Laut Vietnam mengaku telah menemukan posisi pesawat MH370 Malaysia Airlines yang hilang. Radar mereka menunjukkan pesawat itu terhempas jatuh ke laut. AL Vietnam menjelaskan pesawat jatuh ke laut sekitar 153 mil sebelah Selatan pulau Phu Quoc.

Ada tujuh penumpang yang berkewarganegaraan Indonesia dalam pesawat Malaysia Airlines MH370 yang dilaporkan hilang tersebut. Berdasar penelusuran merdeka.com, nama-nama penumpang dari Indonesia diantaranya Vinny Chynthyatio, Wang Willysurijanto, Ferry Indra Swadaya, Sugianto Lo, Firman Chandra, Siregar, Indra Suria Tanurisam, dan Herry Indra Suadaya.

Insiden nahas Pesawat Boeing 777 yang diterbangkan maskapai Malaysia Airlines itu mirip tragedi hilangnya pesawat milik Adam Air. Kala itu, Tanggal 1 Januari 2007, pesawat Boeing 737-400 bernomor registrasi PK-KKW milik Adam Air lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya pukul 12.55 WIB.

Seharusnya, pesawat tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 16.14 WITA. Namun, pesawat tersebut mengalami kecelakaan dan hilang kontak sekitar pukul 14.53 WIB.

Pesawat jatuh di laut dengan kecepatan tinggi hingga mengakibatkan badan pesawat terbelah dua. Ada 96 penumpang dalam pesawat nahas yang dipiloti Kapten Refri A Widodo itu. Tidak ada satu pun yang selamat.

Terbukti salah karena tidak mengadakan perawatan dan pengecekan pesawat, Adam Air dinyatakan bangkrut oleh pemerintah. Izin terbangnya dicabut karena kecelakaan tersebut.

Baca juga:
Usai hilang dari radar, MH370 masih terbang selama empat jam
Pejabat Malaysia: Tak ada serpihan di lokasi citra satelit China
5 Kebingungan yang muncul dalam pencarian MH370
Serpihan di Laut Cina Selatan bukan dari Malaysia Airlines MH370
Tweet tanggapi Malaysia Airlines ini berujung kecaman

[bim]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER

LATEST UPDATE
  • Suarez dipastikan tampil lawan Indonesia U-19
  • PDIP optimis MK putuskan gugatan UU MD3 sebelum 1 Oktober
  • Tak dapat izin masuk Gaza, delegasi DPR terpaksa pulang
  • Nasabah Century minta pemilik baru Bank Mutiara penuhi kewajiban
  • Wapres Boediono: Kekerasan dan terorisme bukan ajaran Islam
  • Alex - Novita akan menikah di tempat Yesus lakukan pemberkatan
  • Bawa sabu dan ekstasi, WN Malaysia dibekuk di Bandara Kualanamu
  • Perdana menteri Thailand minta nasihat peramal
  • Bertahan dengan mesin diesel, Renault hadirkan Duster 4x4
  • Kasad minta Polisi jangan takut bertugas pasca bentrok TNI-Polri
  • SHOW MORE