Meneropong kehidupan orang super kaya

Reporter : Ririn Radiawati | Rabu, 24 Oktober 2012 07:22




Meneropong kehidupan orang super kaya
ilustrasi orang kaya. shutterstock.com

Merdeka.com - Di dunia ini terdapat 187.380 orang super kaya. Menurut riset Wealth X, harta kekayaan orang-orang kaya tersebut bila ditotal mencapai USD 25,7 triliun atau sekitar Rp 247.115 triliun. Jumlah itu mungkin bisa membayar utang-utang Indonesia hingga lunas, bahkan bersisa.

Lalu, apa saja kegiatan orang-orang kaya untuk menghabiskan uangnya? CEO Wealth X, Mykolas Rambus mengungkapkan, kegiatan orang-orang super kaya tak jauh dari kemewahan. Harta-harta orang kaya itu sebagian besar disimpan di negara-negara yang ramah pajak seperti Singapura atau Swiss.

"Orang super kaya sangat concern dengan pajak. Karena bisa saja dengan kekayaan tersebut, pajak yang harus dia bayar sekitar 30 persennya," jelas dia kepada merdeka.com.

Selain menanamkan uangnya untuk disimpan dan diinvestasikan, orang-orang super kaya juga menggunakan uangnya untuk membeli properti dan barang-barang penunjangnya yang mewah. Properti ini biasanya berlokasi di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Selain itu, mereka juga membeli mobil mewah.

"Salah satu yang mereka pasti lakukan adalah berbelanja ke luar negeri. Selalu ingin ke luar negeri. Karena mereka tidak harus berpikir ulang untuk membeli tiket pesawat kelas satu kemanapun mereka pergi," kata Mykolas.

Kira-kira, ke mana saja orang-orang kaya ini pergi? Mykolas menjelaskan, empat kota utama yang sering menjadi tujuan orang kaya adalah Paris, London, New York, dan Hong Kong. "Kalau bicara Asia, tujuannya pasti ke Hong Kong. Karena di sana barang-barang bermerek dijual sedikit lebih murah dibandingkan negara lain karena keringanan pajaknya," ungkap dia.

Sementara kebiasaan nyentrik lainnya adalah berlibur. Liburan ini juga tak kalah mewahnya. Mulai dari membangun rumah khusus liburan hingga beli yatch (kapal untuk berlayar tapi mewah). "Tempat yang dijadikan orang kaya untuk liburan adalah tempat yang sanggup memberikan privasi dan fasilitas lengkap. Jangan lupa, mereka juga memilih negara yang pajaknya paling sedikit," kata dia.

Sayangnya, Mykolas tidak menyebut Indonesia sebagai tujuan orang super kaya.

Satu lagi kebiasaan yang tidak bisa dihilangkan dan trennya ternyata terus meningkat, adalah politik. Mykolas mengungkapkan, menurut hasil risetnya, jumlah orang super kaya dunia yang terlibat dalam politik terus meningkat.

"Itu memang terjadi di mana saja. Di dunia, tren orang kaya yang terlibat politik memang meningkat," kata dia. Alasannya, lanjut Mykolas, karena memang uang dan kekuatan tidak bisa dipisahkan.

Menurut Mykolas, perilaku orang kaya, cenderung bosan jika dia sudah sukses menjalankan suatu bisnis. "Maka, dia akan mencari tantangan lain seperti bagaimana mengatur ekonomi dan pendidikan di negara tersebut," kata dia.

Di sisi lain, ada juga orang kaya yang terlibat politik agar bisnisnya semakin lancar. "Itu memang tidak bisa dipungkiri. Di AS saja, banyak konglomerat-konglomerat yang menyumbang untuk dana kampanye," kata dia.

[rin]

KUMPULAN BERITA
# Orang Terkaya

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER

LATEST UPDATE
  • Direstui SBY, Dahlan belum siapkan nama induk BUMN perkebunan
  • Demokrat minta 10 syarat pilkada langsung dibahas dalam panja
  • Kisah 'sesajen' dan wanita misterius di Gedung KPK
  • PR anak SD bikin heboh, buku matematika dinilai masih uji coba!
  • Pangdam Bukit Barisan: Kita transparan tuntaskan kasus Batam
  • Kemendikbud: Jawaban siswa di PR Matematika tidak salah
  • Kadin kritik Pertamina karena terlalu patuh pada pemerintah
  • Bule AS jualan burger di Purwokerto demi biaya pengobatan istri
  • Biang kemacetan, ratusan angkot di Kampung Melayu ditilang
  • Menyedihkan, 8 Pemain top ini tak pernah perkuat timnas
  • SHOW MORE