Hatta sesumbar APEC jadikan Indonesia kekuatan ekonomi dunia

Reporter : Wisnoe Moerti | Sabtu, 5 Oktober 2013 10:52




Hatta sesumbar APEC jadikan Indonesia kekuatan ekonomi dunia
Media Center APEC di Bali. ©2013 Merdeka.com/laurencius

Merdeka.com - Sebelum gelaran APEC 2013 dimulai, hujan kritik menyerbu pemerintah. Salah satu kritik menyebut APEC tidak bermanfaat bagi perekonomian nasional.

Pemerintah pun angkat bicara. Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang ditemui di sela-sela gelaran APEC di Nusa Dua, Bali, mengklaim penyelenggaraan APEC 2013 memberikan makna yang kuat bagi Indonesia. Yaitu sebagai kekuatan regional, bahkan ke depan bisa menjadi salah satu kekuatan global.

"Salah kalau ada yang menilai APEC tidak Memberikan manfaat bagi Indonesia," klaim Hatta Rajasa seperti dilansir Antara, Sabtu (5/10).

Dia mengajak semua pihak yang selama ini menentang APEC untuk melihat posisi Indonesia dalam perspektif yang lebih optimistis ketimbang sudut pandang yang kritis. Menurutnya, Indonesia bisa mendapat keuntungan dari situasi global seperti sekarang.

"Tiga prioritas utama dalam APEC Bali merupakan kepentingan Indonesia untuk bisa mendekatkan APEC dengan rakyat. Lewat Bogor Goals tahun 1994 tercipta semangat kerja sama perdagangan, dan lewat APEC Bali kali ini diberikan makna yang lebih membumi buat Indonesia," katanya.

Tiga prioritas APEC Bali adalah Attaining the Bogor Goals (mewujudkan Bogor Goals), Sustainable Growth with Equity (mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan pemerataan), dan Promoting Connectivity (memperkuat konektivitas).

Salah satu buktinya, Hatta menyebutkan, 75 persen total perdagangan Indonesia terjalin dengan negara-negara anggota APEC. Dia juga meyakini, pertumbuhan perdagangan Indonesia-APEC lebih tinggi dari pertumbuhan perdagangan Indonesia di luar kawasan Asia Pasifik.

"Kondisi ini menjadikan Indonesia memiliki posisi strategis. Itu sebabnya dibutuhkan pandangan yang optimis bahwa Indonesia bisa menjadi 'regional power' dan juga 'global power'," katanya.

Di mata Hatta, APEC juga momentum mensinergikan konsep MP3EI, sehingga terbuka akses terhadap arus investasi dan akses pasar yang bisa memicu pertumbuhan ekonomi daerah, sekaligus meningkatkan produktifitas industri dalam negeri.

Makna Bogor Goals, katanya, memastikan pertumbuhan ekonomi yang mengacu pada kesetaraan dan kesejahteraan sosial, sedangkan pilar kedua menekankan penciptaan kesejahteraan dan pemerataan hasil-hasil ekonomi bagi masyarakat.

Pilar ketiga,meningkatkan kinerja mesin perekonomian dengan mengacu pada perbaikan konektivitas antara pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan.

"Pada akhirnya nanti akan meningkatkan posisi daya saing Indonesia. Jadi kepentingan nasional kita akan tercermin dari pembangunan infrastruktur yang mendorong peningkatan kemampuan daya saing. Nantinya tercipta kondisi global antara 'ree trade' dengan 'fair trade'." ujarnya.

Hatta mengatakan, KTT APEC Bali bisa menghasilkan semacam deklarasi. Semisal Bali Innitiatives atau Bali Goals yang memberikan bentuk kerja sama yang sama-sama menguntungkan bagi semua.

[noe]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# APEC

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Curhat Prisia Nasution - Restu jadi anak SMA di 'UNLIMITED LOVE'
  • Ini 4 Kapal Perang TNI AL yang siaga di perbatasan Malaysia
  • Cerita pembunuhan Sri Wahyuni oleh Jean Alter
  • Mesranya... Emma Stone - Andrew Garfield ciuman di depan umum
  • Ini alasan para gadis cantik mau jadi bintang porno di Jepang
  • Pemakaian sunblock bikin pria mandul?
  • 6 Kesalahan yang harus dihindari saat cuci muka
  • Tiba-tiba lubang raksasa menuju 'neraka' muncul di Rusia
  • Lelaki di China bisa ikut merasakan sakitnya melahirkan
  • Syarat perawan bagi calon Polwan dinilai melanggar HAM
  • SHOW MORE