Bursa saham Indonesia ke enam terbesar di Asia

Reporter : Novita Intan Sari | Kamis, 15 Agustus 2013 14:19




Bursa saham Indonesia ke enam terbesar di Asia
Penutupan Bursa. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Tahun ini pasar modal Indonesia sudah berumur 36 tahun. Artinya pasar modal Indonesia merupakan tertua ke enam di Asia setelah Jepang, Hongkong, China, Korea Selatan dan Singapura. Di usia yang menyentuh angka 36 tahun, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berhasil mencatatkan kenaikan kapitalisasi market (market cap) hingga Rp 4,611 triliun (per 13 Agustus 2013) dibanding per 2 Januari 2013 yang hanya Rp 4,158 triliun.

"Angka-angka tersebut mengantarkan posisi bursa saham Indonesia berada dalam urutan ke enam terbesar," ujar Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida di Gedung OJK, Jakarta, Kamis (15/8).

Nurhaida mengklaim, sepanjang Januari-Juli 2013 atau satu semester, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami tren menguat. "Indeks kita berada di posisi ke enam setelah indeks asal Jepang, Hongkong, China, Korea Selatan dan Singapura ," jelas dia.

Pada 20 Mei 2013, IHSG berhasil mencatatkan rekor indeks tertinggi sepanjang sejarah dengan ditutup pada level 5.214. Sehingga membuat nilai kapitalisasi pasar saham juga mengalami kenaikan sebesar 12,79 persen dari Rp 4.127 triliun pada akhir Desember 2012 menjadi Rp 4.655 triliun pada 14 Agustus 2013.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menuturkan, pasar modal sudah ada di Indonesia sejak tahun 1912, dengan dibukanya Bursa Efek di Jakarta.

Dia mengakui, kinerja awal pasar modal tidak terlalu menggembirakan namun saat ini pasar modal Indonesia terus tumbuh dan berkembang. "Dengan begitu hari ini kami memperingati 36 diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia pada 10 Agustus 1977," katanya.

Menurutnya, beralihnya pengawasan pasar modal, lembaga keuangan non bank dan nantinya perbankan ke OJK, termasuk salah satu tonggak sejarah yang sangat penting dalam perkembangan industri keuangan termasuk industri pasar modal.

"OJK tidak hanya menggabungkan fungsi dari regulator-regulator sebelumnya dan menjalankan business as usual. Sehingga kami nanti mampu mengefektifkan kegiatan pengawasan di berbagai sektor dalam industri jasa keuangan," jelas dia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa kegiatan yang menjadi fokus di bidang pasar modal adalah berupaya mendorong pendalaman pasar modal melalui peningkatan supply dan demand di pasar.

"Untuk meningkatkan supply, OJK akan terus menjadikan pasar modal sebagai sumber pendanaan yang mudah di akses sedangan untuk meningkatkan demand, OJK juga akan terus menjadikan pasar modal sebagai sarana investasi yang kondusif fan atraktif," ungkapnya.

Pasar modal Indonesia dihadapkan pada persaingan dengan pasar modal negara-negara tetangga dalam menarik minat investor dan emiten. "Dukungan berbagai pemangku kepentingan pasar modal sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan pasar modal yang kuat dan sehat," tutup dia.

[noe]

KUMPULAN BERITA
# BEI# Bursa Saham# OJK

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Ki Sabdo Jagad: Ada kekuatan gaib yang mau mengganggu Jokowi
  • Nah Loh, Luhan EXO Ketahuan Lagi Santai di Beijing!
  • Main judi biar melek, pensiunan Satpol PP kini tidur di penjara
  • Pohon tua di samping rumah wapres tumbang, timpa mobil dan lapak
  • Rinada semakin siap hadapi kasus gambar syur
  • Gerai properti Inggris tak sengaja putar film biru di teras toko
  • Jokowi istirahat, pertemuan dengan pimpinan DPR diundur besok
  • Pengamat ingatkan Jokowi segera atasi ancaman kuota BBM jebol
  • 'Fifty Shades of Grey' syuting ulang karena kurang chemistry?
  • Ancelotti ungkap cara jinakkan Messi
  • SHOW MORE