Merdeka.com tersedia di Google Play


BI perkirakan inflasi 2013 tembus di atas 8 persen

Reporter : Sri Wiyanti | Selasa, 30 Juli 2013 19:45


BI perkirakan inflasi 2013 tembus di atas 8 persen
Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi hingga akhir tahun ini melebihi asumsi pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara perubahan (APBNP) yakni di atas 8 persen. Ini berkaca pada capaian inflasi Juli yang sudah sangat tinggi mencapai 2,87 persen atau lebih tinggi dari proyeksi semula yang mencapai 2,77 persen.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan revisi angka inflasi tersebut diperoleh BI berdasarkan survei perkembangan harga yang dilakukan oleh bank sentral.

"Survei perkembangan harga minggu ke empat bulan Juli inflasi 2,87 persen dari 2,77 persen. Sehingga year on year-nya di atas 8 persen. Kita hargai upaya pemerintah dan pemda menjaga tingkat inflasi," tutur Agus di Gedung Bank Indonesia, Selasa (30/7).

Agus mengatakan, BI berkomitmen akan terus menjaga inflasi tetap terkendali di bulan kedua setelah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. BI sendiri memproyeksi inflasi akan menurun di bulan Agustus dan kembali normal pada bulan September 2013.

"Tahun depan inflasi bisa kembali ke 4,5 plus minus 1 persen. Bahkan kita sudah estimasi inflasi tahun 2014 sekitar 4,3 persen," ungkap Agus.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menambahkan, inflasi tersebut terdiri dari inflasi bahan pangan yang meningkat sebesar 1,5 persen, inflasi harga-harga yang ditentukan oleh pemerintah, seperti BBM dan harga listrik naik sebesar 1,2 persen. Sedangkan inflasi inti hanya sebesar 0,1 persen.

"Karena inflasi pada Juli diprediksi sudah capai 2,87 persen maka sampai akhir tahun tetap di atas 8 persen," jelas Perry.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengisyaratkan bahwa Juli akan 'terbakar' oleh inflasi. Ini lantaran sejumlah aktivitas biaya tinggi yang biasa dilakukan masyarakat pada Juli bertepatan dengan momentum penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

"Momen menaikkan BBM, seperti menyiram api ke minyak, karena Juli itu puncak inflasi tahun ini. Selain BBM, ada pendaftaran sekolah, puasa, dan sebagainya," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo dalam diskusi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Jakarta.

Data BPS menunjukkan, komoditas cabe hingga minggu ketiga Juli sudah naik 78 persen. Padahal Cabe merupakan penyumbang inflasi terbesar ketiga setelah beras dan BBM subsidi. "Kalau cabe naik 78 persen, inflasi kita naik 0,7 persen," cetusnya.

Sementara harga BBM subsidi yang sejak 22 Juni dinaikkan Rp 1.500 per liter menjadi Rp 6.500 diperkirakan menyumbang inflasi sebesar 0,74 persen. Dengan demikian, jika ditambah sumbangan inflasi dari cabe 0,7 persen, angka inflasi Juli sudah menyentuh 1,5 persen. "Belum dari komoditas lain," katanya.

[bmo]

KUMPULAN BERITA
# Bank Indonesia# Inflasi

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Bank Indonesia, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Bank Indonesia.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Indonesia salah satu penyumbang besar penduduk miskin dunia
  • Ahok pilih bangun gedung sekolah baru ketimbang renovasi
  • Petugas JIS dicek darah buat cari pengidap penyakit kelamin
  • KPU akan lakukan pemungutan suara ulang hingga 23 April
  • TK JIS ditutup Kemendikbud, kepala sekolah minta maaf
  • Lewat kuasa hukum, 2 pelaku pencabulan siswa TK JIS minta maaf
  • 8 Karakteristik orang yang lahir bulan April
  • AirAsia target angkut 9,6 juta penumpang pada 2014
  • Pose shirtless, Jared Leto siap bikin iri banyak pria
  • Kemenangan Fahrur Razi anggota DPD RI asal Aceh digoyang
  • SHOW MORE