Berapa gaji PNS?

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo | Kamis, 19 Juli 2012 08:30




Berapa gaji PNS?
PNS. datakudatamu.wordpress.com

Merdeka.com - Berbicara mengenai pekerjaan, tentu tidak lepas dari persoalan pendapatan atau gaji yang diterima seorang tenaga kerja. Gaji dinikmati sebagai jerih payah dan hasil kerja keras pekerja setelah bekerja selama satu bulan.

Tidak semua pekerjaan menjanjikan pendapatan yang sesuai dengan harapan. Terkadang, pekerjaan yang diimpikan tidak selalu menawarkan dan memberikan gaji sesuai keinginan. Salah satunya adalah gaji pegawai negeri sipil (PNS), yang tentu tidak sebanding dengan tingginya minat masyarakat menjadi PNS.

Besaran gaji yang diterima seorang PNS baru, bisa dikatakan masih di bawah gaji karyawan swasta. Namun, pemerintah secara konsisten menaikkan gaji PNS setiap tahun dengan besaran yang dihitung mempertimbangkan tingkat inflasi.

Aturan hukum mengenai besaran gaji yang diterima PNS tercantum dalam Peraturan Pemerintah nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah mengalami perubahan sebanyak 14 kali. Dengan demikian, terhitung sejak 1977, sudah 14 kali PNS mengalami kenaikan atau penyesuaian gaji.

Sebenarnya, berapa gaji yang diterima seorang PNS baru? "Pegawai yang baru masuk gaji pokok sekitar Rp 1,6 juta. Jika ditambah tunjangan-tunjangan maka take home pay sekitar Rp 2 juta," ungkap Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Eko Prasojo kepada merdeka.com.

Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No.15 tahun 2012 tentang perubahan Peraturan Pemerintah nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS), gaji pokok PNS untuk golongan Ia sekitar Rp 1,8 juta, Ib sekitar Rp 1,9 juta, Ic sebesar Rp 2 juta, dan Id sebesar Rp 2,1 juta. Sedangkan untuk PNS golongan IIa sebesar Rp 2,6 juta, IIb sekitar Rp 2,75 juta, IIc sekitar Rp 2,86 juta, dan IId sekitar Rp 2,98 juta.

Untuk PNS golongan IIIa gaji pokoknya Rp 3,3 juta, IIIb sebesar Rp 3,4 juta, IIIc sebesar Rp 3,59 juta, dan IIId sebesar Rp 3,74 juta. Sedangkan untuk gaji pokok PNS golongan IVa sekitar Rp 3,9 juta, IVb sebesar Rp 4 juta, IVc mengantongi gaji pokok sebesar Rp 4,2 juta, IVd dengan gaji pkok Rp 4,4 juta dan golongan IVe mendapat Rp 4,6 juta.

Namun, lanjut Eko, nilai tersebut belum termasuk tunjangan kinerja. Eko menjelaskan, tunjangan kinerja yang dimaksud adalah remunerasi sesuai dengan agenda program reformasi birokrasi yang sudah dijalankan di beberapa kementerian/lembaga. "Sebagian instansi pemerintah saat ini sudah mendapatkan remunerasi. Bahkan saat ini sudah banyak yang mendaftar untuk mendapatkan remunerasi," ujarnya.

Tahun depan, pemerintah telah mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menaikkan gaji PNS sebesar 7 persen. Persoalan gaji PNS memang menarik perhatian. Salah satunya karena nilai atau alokasi untuk gaji PNS dalam postur anggaran negara maupun anggaran daerah, sangat besar.

Pemerintah daerah rata-rata mengalokasikan anggaran pembayaran gaji atau dikenal dengan belanja pegawai antara 50-70 persen dari keseluruhan belanja. Tingginya alokasi belanja pegawai dalam postur APBN juga mendapat perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY meminta agar postur anggaran negara memprioritaskan belanja produktif seperti belanja modal, dan menghemat belanja lain yang kurang produktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya belanja pegawai.

[oer]

KUMPULAN BERITA
# PNS

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Gelar acara 'Unlock the future', Asus kenalkan ZenFone baru?
  • Cerita tragis pembantaian satu keluarga di Jombang
  • 4 Kritik seputar kasak kusuk kabinet & menteri ekonomi Jokowi
  • Baru jadi presiden, Jokowi mulai ditagih janji kampanye
  • Miss Universe 1965 Asal Thailand tak menua setelah 50 tahun
  • Menyorot gaya busana Ibu Negara Iriana
  • Gara-gara lihat orangtua bersetubuh, pria ini cabuli bocah SD
  • Batal umumkan menteri di Priok, Jokowi terbelenggu parpol?
  • Benigno: Jangan terlalu kritik pak Jokowi
  • Review: Tolak menyerah, Arsenal menang dramatis
  • SHOW MORE