Telkom dan perguruan tinggi kerja sama angkat desa miskin

Reporter : Dwi Andi Susanto | Selasa, 9 April 2013 18:53




Telkom dan perguruan tinggi kerja sama angkat desa miskin
Telkom © 2013 Telkom

Merdeka.com - Dalam pengoptimalan program BUMN, Telkom gandeng sejumlah perguruan tinggi untuk ikut bangun desa tertinggal.

Dikutip dari Antara (09/04), PT Telkom Indonesia siap menyukseskan program pemerintah (BUMN) untuk meningkatkan dan mengangkat 124 desa miskin di Indonesia.

Agar upayanya dapat berjalan dengan lancar Telkom menggandeng sejumlah perguruan tinggi.

"Program BUMN Membangun Desa yang digelar Telkom tahun 2013 sebanyak 124 desa kategori tertinggal di sejumlah provinsi di Indonesia, 24 desa diantaranya di wilayah Jawa Barat," kata Senior General Manager CDC PT Telkom Ade Suhli di sela-sela penyerahan program BUMN Membangun Desa di Kertasari Kabupaten Bandung.

Menurut dia, kerjasama dengan pihak perguruan tinggi adalah langkah yang tepat karena dengan selain tugas akan semakin ringan, sinergi antara kedua belah pihak juga akan mengoptimalkan program pemberdayaan masyarakat desa tertinggal atau miskin.

Ia mencontohkan, di wilayah Priangan, Jawa Barat, Telkom menggandeng STIE Ekuitas, Unpad dan ITB dalam pengembangan program BUMN Membangun Desa tersebut.

"Tim pengajar dari perguruan tinggi dilibatkan untuk membuat survey dan mapping di desa yang masuk kategori miskin, namun memiliki potensi untuk berkembang. Pendampingan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan," kata Ade Suhli.

Selain itu, keterlibatan mahasiswa dalam melakukan pendampingan, merupakan salah satu keunggulan dari program sinergitas itu, sehingga program yang digulirkan bisa berjalan secara maksimal.

"Diutamakan program ini memaksimalkan mahasiswa putra daerah setempat, sehingga pendampingan bisa berjalan dengan baik dan ada semangat untuk membangun desa," katanya.

Program membangun dan peduli desa itu, kata Suhli digelar di seluruh Indonesia dengan mengedepankan sinergitas dengan perguruan tinggi dan masyarakat setempat. Programnya disesuaikan dengan potensi dan kultur yang cocok untuk pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakatnya.

"Setiap desa programnya tidak sama namun disesuaikan dengan hasil survey oleh tim dari perguruan tinggi, mereka juga diseleksi. Bola berhasil maka ke depan kelompok masyarakat itu berpeluang untuk mendapatkan pembiayaan kemitraan dari Telkom," kata SGM CGC Telkom itu menambahkan.

Sementara itu Camat Kertasari, Cep Azis menyambut baik program BUMN Membangun Desa ke desa-desa tertinggal seperti di daerahnya. Ia berharap program itu digelar secara berkesinambungan dan tidak hanya melibatkan satu BUMN saja.

"Sinergitas ini sangat membantu warga desa seperti di Cihawuk ini, sebagian besar mereka petani penggarap, tidak punya lahan sendiri sehingga perlu ada terobosan usaha mandiri yang bisa digarap oleh masyarakat yang sesuai dengan kultur di sini," katanya.

Pengembangan budidaya domba Garut, kata Cep Azis cukup tepat karena kondisinya alamnya cocok dan banyak terdapat hijauan untuk pakan. Selain domba Garut daerah itu juga cocok untuk pengembangan sapi perah dan kambing perah, disamping unggul di sektor pertanian.

[das]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# PT Telkom

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Cerita Yasonna, menteri pertama Jokowi yang rapat dengan DPR
  • 4 Program di Indonesia contek kesuksesan negara lain
  • Asus rilis FonePad 7 baru dengan prosesor Quad-core Intel 64-bit
  • Rahasia kecantikan keluarga Kardashian akhirnya terungkap!
  • Pamer foto sedang disembah, Syahrini dicaci maki netizen
  • Ini sosok Yorrys Raweyai yang rusak agenda Ical
  • Trailer 'JURASSIC WORLD' sebar teror dan kengerian! Simak yuk
  • Tahun depan, Ahok akan resmikan lima pasar rakyat
  • Diserang ramai-ramai, Menko Polhukam ralat pernyataannya
  • Patung kepala dari permen karet bekas, kreatif atau jorok?
  • SHOW MORE