Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Facebook tambah fitur bikin netizen makin tergiur

Facebook tambah fitur bikin netizen makin tergiur Facebook. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sepanjang tahun 2012, Facebook termasuk rajin menawarkan fitur baru. Tak kurang dari 20 fitur lebih telah disiapkan situs jejaring sosial ini. Sebagian sudah bisa dinikmati pengguna, sementara sebagian lagi terpaksa harus ditarik mundur karena faktor legalitas.

Upaya ini tentunya tak lepas dari usaha Facebook untuk lebih memanjakan penggunanya. Dampaknya dapat dilihat dari jumlah pengguna Facebook yang berhasil menembus angka satu miliar pada bulan Oktober lalu. Di saat yang sama Facebook juga membanggakan bahwa mereka telah berhasil menjaring 1,13 triliun, 140,3 miliar koneksi pertemanan, 219 miliar foto hasil upload, dan 17 miliar post dengan tag lokasi.

Integrasi dan kolaborasi

Dua layanan online yang kini terintegrasi dengan Facebook adalah WordPress dan DropBox. Integrasi dua layanan online yang berbeda ini jelas dimaksudkan untuk memperkaya fasilitas sekaligus menjaring pengguna baru.Facebook juga sempat mengumumkan bahwa mereka sedang menguji layanan online-banking dengan Commonwealth Bank Australia. Raksasa sosial media ini berharap rencana mereka bisa terlaksana dalam tahun ini juga.Di tahun yang sama, Facebook juga menguji coba tombol Wants yang bisa dipergunakan bila pengguna berharap mendapatkan barang yang mereka jumpai di Facebook. Dalam uji cobanya ini, Facebook menjalin kerja sama dengan 7 retailer seperti Pottery Barn dan Victoria's Secret.November lalu, tersiar kabar kalau kubu Facebook dan Yahoo tengah sibuk mengadakan pertemuan. Fakta ini yang lantas memicu rumor kalau Facebook bakal menggabungkan kekuatan dengan Yahoo untuk menandingi mesin pencari Google. Sayangnya, Facebook membantah kabar soal mesin pencari ini.Apple dan HTC sempat juga dikaitkan dengan nama Facebook saat muncul kabar kalau jejaring sosial ini berencana membuat handset. Sayangnya, kabar ini ditanggapi Zuckerberg dengan pernyataan bahwa ide membuat smartphone adalah ide tak masuk akal.

Dislike & Collect

Ide di balik tombol Dislike ini adalah kebalikan dari tombol Like yang sudah lebih dulu diluncurkan. Sayangnya, meski banyak pengguna yang menanggapi positif, Facebook belum siap meluncurkan tombol yang satu ini.Tombol Collect berfungsi sebagai penanda barang atau produk mana saja yang diinginkan. Dengan tombol Collect ini setiap pengguna Facebook dapat melihat apa saja yang mereka inginkan dalam bentuk daftar dan mereka dapat membagi koleksi tersebut dengan pengguna Facebook lainnya.

Chatting

Setidaknya ada tiga fitur baru Facebook yang terkait fungsi chatting. Yang pertama adalah Messenger app yang akan muncul sebagai pop up dan terlepas dari situs induknya. Fungsi dari Messenger app ini adalah untuk mempersilakan pengguna Facebook untuk melakukan chatting tanpa harus membuka account Facebook mereka.Selain Messenger app, Facebook juga melansir fitur Facebook Messenger yang dapat digunakan tanpa harus login dengan account yang dimiliki. Tidak hanya itu saja, walaupun tidak memiliki account di Facebook penggunanya masih dapat menggunakan aplikasi tersebut.Fitur chatting ketiga adalah Poke yang kurang lebih mirip dengan Snapchat. Dengan aplikasi ini, nantinya pengguna bisa saling berkirim pesan, video, maupun foto yang hanya akan bertahan selama tiga hingga 10 detik sesuai dengan pengaturan pengguna.

Find Friends Nearby vs Facebook Nearby

Facebook sempat memberikan fitur yang memungkinkan pengguna melacak keberadaan teman atau kerabat yang ada di friend list mereka dengan mudah. Sayangnya, baru dilansir sebentar, Facebook terpaksa harus menarik mundur fitur ini karena khawatir muncul gugatan dari Friendthem yang lebih dulu memunculkan fitur ini sebagai aplikasi berbasis API Facebook.Tak lama berselang, jejaring sosial ini melansir fitur Facebook Nearby yang kurang lebih adalah 'search engine' Facebook untuk mencari tempat-tempat umum yang direkomendasikan banyak orang. Penggunanya dapat mencari tempat seperti restoran, cafe, hotel dan banyak lagi. Sepertinya Facebook Nearby ini adalah koreksi dari fitur Find Friends Nearby yang diluncurkan sebelumnya.

Fitur berbayar

Salah satu langkah Facebook yang cukup kontroversial adalah munculnya fitur berbayar yang memungkinkan pengguna mempromosikan post mereka. Dengan biaya tertentu, pengguna Facebook bisa memastikan bahwa status mereka bisa dilihat lebih banyak orang. Facebook juga melepas fitur promosi status berbayar yang akan membuat status yang dianggap penting dapat terus muncul di newsfeed.

Facebook App Center dan fitur lain

Mei lalu, Facebook mengumumkan akan segera meluncurkan Facebook App Center. Setelah berjalan hampir tiga bulan, akhirnya 'toko aplikasi' ini diluncurkan untuk semua pengguna Facebook di seluruh dunia. Di tahun yang sama Facebook juga melepas fitur baru yang memungkinkan pengguna mengubah isi komentar maupun status yang telah mereka buat sebelumnya.Fitur lain yang juga ditawarkan Facebook tahun ini adalah actions link yang mengizinkan para penggunanya terhubung dengan semua orang yang melakukan aktivitas sama. Mereka juga dapat saling bertukar komentar atau memberikan like terhadap aktivitas tersebut.Facebook juga memberikan wadah bagi penggunanya untuk mengikuti hal-hal menarik sesuai dengan minat mereka. Fitur bernama Facebook interest list ini juga memungkinkan pengguna menuliskan berbagai hal yang menarik seperti menulis resep masakan, menulis ulasan mengenai gadget, atau hal lainnya yang dapat di share ke teman atau ke publik.Tahun ini Facebook juga mulai mengintegrasikan email ke dalam timeline dan meluncurkan fitur notifikasi pernikahan dan pertunangan.  Selain itu, pengguna juga bisa mendengarkan musik sambil berinteraksi dengan sobat.

(mdk/roc)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Februari Hari Ulang Tahun Facebook, Ini Sejarah dan Perkembangannya

4 Februari Hari Ulang Tahun Facebook, Ini Sejarah dan Perkembangannya

Facebook menjadi jejaring sosial terbesar di dunia.

Baca Selengkapnya
Sempat Down, Instagram dan Facebook Kini Telah Pulih

Sempat Down, Instagram dan Facebook Kini Telah Pulih

Pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses Instagram untuk beberapa waktu.

Baca Selengkapnya
Instagram dan Facebook 'Down', Netizen Curhat di Twitter

Instagram dan Facebook 'Down', Netizen Curhat di Twitter

Tampilan pesan bertuliskan "Something went wrong" di laman utama disertai dengan tombol "Reload page".

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Apple Digosipkan Hentikan Pengembangan iPhone Layar Lipat?

Apple Digosipkan Hentikan Pengembangan iPhone Layar Lipat?

Mengapa Apple memutuskan hal itu jika mereka benar-benar menghentikan pengembangan iPhone layar lipat?

Baca Selengkapnya
Mark Zuckerberg Lega Jumlah Pengguna Instagram Lebih Banyak dari TikTok

Mark Zuckerberg Lega Jumlah Pengguna Instagram Lebih Banyak dari TikTok

Instagram telah mengambil alih TikTok sebagai aplikasi dengan unduhan terbanyak di 2023.

Baca Selengkapnya
Ambisi Besar Samsung Kalahkan Apple di Fitur Kesehatan

Ambisi Besar Samsung Kalahkan Apple di Fitur Kesehatan

Samsung ingin mengembangkan sensor kesehatan yang inovatif untuk perangkatnya agar bisa bersaing dengan Apple.

Baca Selengkapnya
Cara Mudah Mengidentifikasi Orang yang Putus Asa dan Ingin Mengakhiri Hidupnya

Cara Mudah Mengidentifikasi Orang yang Putus Asa dan Ingin Mengakhiri Hidupnya

Ada juga orang yang putus asa dengan menuliskan di media sosialnya untuk mencurahkan isi hati.

Baca Selengkapnya
Pesan Jokowi ke MA: Hakim Harus Peka Terhadap Rasa Keadilan Masyarakat

Pesan Jokowi ke MA: Hakim Harus Peka Terhadap Rasa Keadilan Masyarakat

Jokowi mengingatkan hakim agar peka terhadap rasa keadilan masyarakat dan mengikuti perkembangan teknologi.

Baca Selengkapnya
Jokowi Tekan Aturan Percepatan Transformasi Digital, Begini Isinya

Jokowi Tekan Aturan Percepatan Transformasi Digital, Begini Isinya

Pertimbangan penerbitan perpres itu untuk mendorong terwujudnya pelayanan publik berkualitas dan terpercaya.

Baca Selengkapnya