Kebiri adalah kunci umur panjang

Reporter : Ikhwan Arief Prihastian | Rabu, 26 September 2012 20:20

Kebiri adalah kunci umur panjang
Lukisan kuno tentang kasim. ©2012 Wired.com

Merdeka.com - Peneliti berhasil mendapatkan temuan baru yang dapat membuat para pria terkejut. Mereka menemukan pria dapat hidup lebih panjang jika alat kelaminnya dikebiri.

Peneliti Universitas Inha, Korea, meneliti catatan sejarah tentang kehidupan bangsawan pada 500 tahun yang lalu. Hasilnya pria yang dikebiri mampu hidup 14 hingga 19 tahun lebih lama dibandingkan yang tidak. Hal ini terlihat dari perbandingan umur para kasim yang dikebiri dengan anggota keluarga kerajaan yang tidak.

Peneliti mengatakan, yang membedakan adalah ketiadaan hormon sex pada pria yang dikebiri. Hormon sex termasuk testosteron dianggap bertanggung jawab atas lebih pendeknya umur pria. Hal ini dianggap juga menjelaskan kenapa wanita dapat hidup lebih lama dibandingkan pria.

Kasim merupakan pejabat dan pelayan pria pada masa kerajaan Korea dan China kuno. Mereka diwajibkan mengebiri alat kelamin mereka untuk mencegah hubungan gelap dengan anggota kerajaan.

Kyung-Jin Min dan Cheol-Koo Lee menjelaskan bahwa kasim Korea adalah 130 kali lebih mungkin untuk hidup lebih dari 100 tahun dibanding pria biasa. Sedangkan raja dan anggota keluarga kerajaan, menurut informasi Telegraph.co.uk (24/09), memiliki rentang umur paling pendek di istana. Mereka rata-rata hanya mampu hidup hingga umur 40-an tahun.

[ikh]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Penelitian

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE