Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

[DUEL] Lenovo P780 vs Samsung Galaxy Grand Quattro I8552

[DUEL] Lenovo P780 vs Samsung Galaxy Grand Quattro I8552 Lenovo P780 vs Samsung Galaxy Grand Quattro I8552. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah beberapa hari lalu mencoba mengadu spesifikasi antara Lenovo A850 dan Samsung Galaxy Grand Neo , kali ini merdeka.com akan mencoba lagi mempertemukan dua produk yang masih dari lenovo dan Samsung.

Untuk kali ini, yang akan bertanding adalah Lenovo P780 (8GB) melawan Samsung Grand Quattro I8552 atau biasa disebut dengan Win Duos. Apabila kedua perangkat yang memiliki keunggulan sendiri-sendiri ini bertemu, siapa yang bakal lebih unggul?

Berikut penjelasan dari komparasi kedua produk dari Samsung dan Lenovo tersebut.

Desain dan ukuran

Untuk desain dari kedua model ini, baik Lenovo dan Samsung masih mengedepankan karakteristik atau ciri khas produk dari mereka. Lenovo P780 (8GB) (8GB) tampil dengan bentuk minimalis kotak, sedangkan Samsung Samsung Grand Quattro I8552 hadir dengan desain lonjong dan ujungnya yang tumpul.Dari segi ukurannya, kedua perangkat ini tidak jauh berbeda. Dimensi total Galaxy Win Duos ini adalah 133,3 x 70,7 x 9,7 mm, sedangkan P780 (8GB) berukuran 143 x 73 x 10 mm.Hanya saja, produk dari Samsung ini unggul dari sisi bobotnya. Galaxy Grand Quattro I8552 ini memiliki bobot lebih ringan 18 persen atau hanya 143,9 gram dibandingkan dengan P780 (8GB) yang memiliki berat 176 gram.Dengan bobot yang cukup ringan tersebut membuat penggunanya tidak kerepotan apalagi merasa capek di lengan ketika menggunakan Samsung Galaxy Win Duos ini dalam jangka waktu yang lama.

Layar

Untuk urusan layarnya, Lenovo P780 (8GB) memiliki layar yang lebih besar 6 persen dibandingkan produk dari Samsung itu, yaitu 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel (~294 ppi), sedangkan Galaxy Win Duos hanya memiliki layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi 480 x 800 pixel (~199 ppi).Tidak hanya unggul di sisi besaran layarnya, Lenovo P780 (8GB) juga unggul dari segi kualitas layarnya. Apabila Samsung Galaxy Grand Quattro I8552 hanya menggunakan teknologi TFT, Lenovo P780 (8GB) sudah memakai teknologi IPS LCD.Dengan teknologi tersebut pengguna P780 (8GB) akan mendapatkan tampilan 140 persen lebih cerah dan tajam dibandingkan dengan Galaxy Win Duos. Dan lagi, ketika digunakan untuk membaca, menonton video, browsing di internet dan melakukan aktivitas lainnya, layar dari produk Lenovo itu lebih leluasa dan nyaman.

Kamera

Dari segi kamera, sekali lagi Lenovo P780 (8GB) mengungguli Samsung Galaxy Grand Quattro I8552. Lenovo telah membekali P780 (8GB) dengan kamera bagian belakang yang memiliki resolusi sebesar 8MP, sedangkan Wind Duos hanya dilengkapi dengan kamera bagian belakang beresolusi 5MP saja. Kamera pada bagian depan untuk kedua produk ini menggunakan teknologi yang sama yaitu VGA.Dengan besaran resolusi yang dimiliki P780 (8GB), maka penggunanya akan mendapatkan kualitas gambar atau video yang jempolan atau 60 persen lebih baik dibandingkan ketika menggunakan kamera pada produk dari Samsung itu.Untuk fasilitas pendukung kameranya, kedua produk ini telah dilengkapi dengan fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus dan face detection.

Hardware

Walaupun memiliki prosesor yang sedikit sama, yaitu P780 (8GB) dilengkapi dengan prosesor Quad-Core 1.2GHz Cortex-A7 dan Win Duos menggunakan prosesor Quad-Core 1.2GHz Cortex-A5, namun dari sisi penggunaan chipsetnya, nampaknya P780 (8GB) tetap lebih unggul dibandingkan Galaxy Grand Quattro I8552.Galaxy Grand Quattro I8552 menggunakan chipset buatan Qualcomm MSM8625Q Snapdragon 200, sedangkan P780 (8GB) sudah memakai chipset Mediatek MT6589 yang menurut banyak pengamat lebih unggul dibandingkan dengan milik Qualcomm.Selain itu, untuk masalah grafisnya, produk dari Samsung tersebut menggunakan GPU Adreno 203 dan perangkat milik Lenovo itu memakai GPU PowerVR SGX544.Untuk urusan storage dan memorinya, P780 (8GB) dan Galaxy Grand Quattro I8552 sama-sama dilengkapi dengan RAM 1GBG dan internal storage 8GB yang dapat ditambah sampai dengan 32GB dengan menggunakan microSD.

Koneksi data

Pada dasarnya perangkat besutan Lenovo dan Samsung ini dilengkapi dengan fitur koneksitas data yang sama, yaitu GPRS, EDGA, HSDPA, HSUPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot dan Bluetooth v3.0, namun Galaxy Grand Quattro I8552 memiliki tambahan fitur DLNA yang berfungsi sebagai sarana pairing perangkat dengan gadget lain yang kompatibel untuk mengirimkan data musik, foto atau video melalui Wi-Fi.Selain itu, fasilitas DLNA ini juga berfungsi sebagai penyambung antara perangkat mobile tersebut dengan TV yang kompatible melalui jaringan Wi-Fi.

Baterai

Dari segi baterainya ini, kedua produk tersebut masing-masing memiliki keunggulan. Contohnya saja, Lenovo P780 unggul dari sisi besaran kapasitas baterainya yang berjenis Lithium Polymer 4000 mAh, sedangkan baterai milik Galaxy Grand Quattro I8552 hanya memiliki kapasitas sebesar 2000 mAh dengan jenis baterai Lithium Ion.Keunggulan Galaxy Grand Quattro I8552 dibandingkan dengan Lenovo P780 dari segi baterai adalah baterai produk dari Samsung ini dapat diganti apabila rusak, sedangkan milik Lenovo sudah menancap atau unremovable battery.Baterai pada P780 mampu bertahan sampai dengan 480 jam dalam mode standby dan sampai dengan 43 jam (2G) atau sampai dengan 25 jam (3G) untuk digunakan berkomunikasi.Sedangkan, baterai yang digunakan oleh Galaxy Grand Quattro I8552 diklaim mampu bertahan sampai dengan 210 jam (3G) dan sampai dengan 11 jam (3G) dalam mode bicara.

Ketersediaan

Dua perangkat mobile yang sama-sama menggunakan operating system Android v4 Jelly Bean ini merupakan gadget Dual SIM. Galaxy Grand Quattro I8552 hadir dalam dua warna pilihan yaitu hitam dan putih, sedangkan P780 hanya ada dalam satu warna saja yaitu hitam.Sedangkan dari segi harga, Galaxy Grand Quattro I8552 dijual dengan harga Rp 2,899,000 dan Lenovo P780 dipasarkan dengan harga Rp 3,199,000.

Kesimpulan

Tentunya dari penjelasan dan perbandingan kedua perangkat ini sebelumnya, maka dapat dikatakan bahwa Lenovo P780 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Samsung Galaxy Grand Quattro I8552.Walaupun dijual dengan harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk Samsung itu, namun P780 memiliki kualitas lebih yang dapat dibanggakan.

(mdk/das)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sederet Fitur Pro di Redmi Note 13 dan Redmi Note 13 5G, Hadirkan Kamera 108 MP hingga Layar AMOLED FHD+

Sederet Fitur Pro di Redmi Note 13 dan Redmi Note 13 5G, Hadirkan Kamera 108 MP hingga Layar AMOLED FHD+

Nggak kalah dari Series Pro, ini ragam fitur canggih yang dipunya oleh Redmi Note 13 dan Redmi Note 13 5G.

Baca Selengkapnya
Daftar Harga HP Samsung Galaxy S24 Series di Indonesia, Paling Murah Segini

Daftar Harga HP Samsung Galaxy S24 Series di Indonesia, Paling Murah Segini

Ini daftar lengkap harga Samsung Galaxy S24 di Indonesia. Berminat yang mana?

Baca Selengkapnya
Kelebihan Layar AMOLED dan Kekurangannya, Perlu Diketahui

Kelebihan Layar AMOLED dan Kekurangannya, Perlu Diketahui

Layar AMOLED merupakan teknologi layar yang dapat menghasilkan cahaya sendiri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sehari Sebelum Dirilis, Segini Harga Samsung Galaxy S24?

Sehari Sebelum Dirilis, Segini Harga Samsung Galaxy S24?

Beragam informasi menyebut Samsung Galaxy S24 punya harga segini.

Baca Selengkapnya
Begini Penampakan Detail Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang Baru Dirilis di Indonesia

Begini Penampakan Detail Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang Baru Dirilis di Indonesia

Samsung Indonesia baru saja merilis duo flagship yang ditunggu-tunggu di tahun ini yakni Galaxy Z Fold5 & Flip5.

Baca Selengkapnya
Penjualan Samsung Galaxy S24 Salip Galaxy S23 secara Global, Seri Ultra Tetap Jadi Terpopuler

Penjualan Samsung Galaxy S24 Salip Galaxy S23 secara Global, Seri Ultra Tetap Jadi Terpopuler

Ini merupakan riset dari lembaga Counterpoint Research yang memotret penjualan seri flagship Samsung.

Baca Selengkapnya
Daftar Harga dan Spesifikasi Mobil Mitsubishi Pajero Sport Maret 2024

Daftar Harga dan Spesifikasi Mobil Mitsubishi Pajero Sport Maret 2024

Daftar lengkap harga dan spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport untuk bulan Maret 2024. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
Daftar HP Android Bekas yang Masih Punya Harga Jual Tinggi dan Dicari Kolektor

Daftar HP Android Bekas yang Masih Punya Harga Jual Tinggi dan Dicari Kolektor

Berikut ini deretan HP Android bekas yang dicari-cari.

Baca Selengkapnya
Intip Kecanggihan Exynos, Prosesor dengan Performa Gahar, Anti Lag Cocok Untuk Dipakai Gaming

Intip Kecanggihan Exynos, Prosesor dengan Performa Gahar, Anti Lag Cocok Untuk Dipakai Gaming

Exynos jadi salah satu prosesor yang keunggulannya nggak boleh disepelekan.

Baca Selengkapnya