Aksi Levitasi Dedi Corbuzier adalah edit Adobe Photoshop?

Reporter : Dwi Andi Susanto | Jumat, 29 November 2013 16:43




Aksi Levitasi Dedi Corbuzier adalah edit Adobe Photoshop?
Foto di account Twitter Dedi Corbuzier © Twitter.com

Merdeka.com - Sebuah foto yang memperlihatkan Master Illusionis Dedi Corbuzier membuat seorang wanita terbang di sebelahnya menjadi pembicaraan di salah satu forum terbesar di Indonesia.

Memang apabila dilihat secara sekilas, tidak akan nampak satu hal yang ganjil. Akan tetapi, apabila dilihat secara seksama, maka nampak ada beberapa hal aneh yang membuat foto yang diunggah di account Twitter Dedi Corbuzier tersebut lebih mirip merupakan hasil editan bukan nyata.

Menurut beberapa pengamatan anggota forum tersebut ada yang menyebutkan bahwa sang wanita tersebut tidak terbang dan terlihat melayang karena faktor ilusi optik dan permainan lensa saja, namun sebagian besar menyebutkan foto tersebut adalah hasil edit Adobe Photoshop.


Untuk lebih jelasnya, mungkin dapat dilakukan sedikit analisis kecil.

Untuk nomor 1: Terdapat satu pemotongan yang kemungkinan menggunakan Polygonal Lasso dan kurang begitu rapi, sehingga terdapat beberapa sedikit sisa-sisa dari background lama.

Untuk nomor 2: Secara logika, terbang dengan jarak yang tidak begitu tinggi tersebut, maka obyek masih akan meninggalkan bayangan (walaupun tipis) tepat di bagian bawah, namun pada gambar tidak ada bayangan lurus yang jatuh melainkan lebih condong ke arah kanan.

Untuk nomor 3: Secara logika, seseorang yang terbang ujung kaki akan lebih rendah dari tumit, namun terlihat pada gambar ujung kaki sengaja dibuat meruncing agar terlihat lebih rendah dari tumit. Dari pengeditan tersebut justru membuat aneh pada sisi kakinya atau dapat dibilang tidak seimbang dengan ukuran tubuh dan kaki manusia normalnya.

Untuk nomor 4: Bayangan yang jatuh menerpa dinding hanya terfokus pada satu titik saja, secara logika apabila cahaya berasal dari depan, maka bayangan akan lebih banyak menghiasi background.

Untuk nomor 5: Warna tangan dari sang wanita lebih pucat dan lebih terang dari tangan Dedi Corbuzier.

Untuk nomor 6: Terdapat kejanggalan pada sisi background yang kemungkinan sebelumnya telah dilakukan editing dengan membubuhkan fitur blur pada Adobe Photoshop. Secara logika, dengan format kamera yang mampu menimbulkan noise, maka unsur noise tidak akan hanya menerpa pada sisi-sisi tertentu saja, melainkan akan menyebar secara merata. Lain kasus apabila menggunakan kamera atau filter berjenis lomo atau sejenisnya.

Selain ke-6 poin di atas, apabila dipikir secara logika, jarak antara wanita dan sang Master juga tidak terlalu jauh, namun menjadi satu hal yang sedikit aneh, apabila ukuran sang wanita lebih kecil atau mengkerut dibandingkan Dedi Corbuzier.

Memang, belum dapat dibuktikan secara pasti apakah foto tersebut adalah hasil rekayasa atau bukan, namun tidak sedikit yang mengatakan bahwa foto itu adalah hasil edit Adobe Photoshop.

Bagaimana menurut Anda?

[das]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# Adobe# Photoshop

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Korupsi, Wabup Pelalawan dituntut 9 tahun bui
  • Tim Independen: Kisruh Polri vs KPK sekarang paling berat
  • Maradona dan rekan gelapkan uang bank Rp 1,3 M
  • Polda Metro bongkar sindikat pendaur ulang oli ilegal
  • Penyelewengan turun, BPH Migas minta tambah kuota solar subsidi
  • BNN ingin eksekusi mati di Indonesia konsisten
  • Belum rezeki, Chua Kotak alami keguguran
  • Jokowi masih pertimbangkan tak lantik Komjen Budi jadi Kapolri
  • Dimutasi Polisi, tapi tak ngantor di Lemhannas, ke mana Suhardi?
  • Dikejar warga, perampok di Pelalawan umbar tembakan
  • SHOW MORE