2 Hal yang membuat performa PC menurun

Reporter : Dwi Andi Susanto | Senin, 19 November 2012 20:08




2 Hal yang membuat performa PC menurun
Ilustrasi © 2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Satu hal yang menjadikan pengguna PC jengkel adalah ketika mendapati perangkat komputer mereka mulai mengalami kelambatan dalam kinerja. Ada 2 hal yang patut diketahui kenapa hal tersebut terjadi.

Memang hal ini sudah banyak diketahui khususnya oleh orang-orang yang paham masalah komputer, namun banyak juga yang tidak mengerti dan menyalahkan performa hardware ketika kinerja komputernya menurun.

Seperti yang dilansir oleh How Life Works (12/11), tidak semua hardware di dalam sebuah komputer yang menjadi faktor utama menurunnya kinerja perangkat tersebut. Menurut pakar komputer, dalam beberapa kasus, hardware yang digunakan dapat di-restore agar kembali menjadi baru lagi.

Permasalahan yang menjadi performa sebuah komputer menurun terletak pada dua hal utama, yaitu:

Registry
Setiap kali Anda atau siapa saja yang mengoperasikan suatu program, game atau mengotak-atik data, registry software yang terdapat dalam PC akan mengupdate perintah-perintah baru untuk menjalankannya. Ketika, program atau game tersebut dibuang atau di-uninstall dari dalam komputer, perintah-perintah tersebut kebanyakan masih tertinggal di dalam PC.

Karena banyaknya perintah yang tertinggal tersebut, maka 'sampah' di dalam registry juga akan semakin menumpuk. Ketika seseorang menghidupkan komputernya, PC juga akan memindai registry-registry tersebut secara otomatis. Oleh karenanya, kinerja PC akan semakin menurun karena terlalu banyak 'tugas' yang harus dikerjakan dan tidak sebanding dengan kapasitas memori yang dipunyai.

Saat ini banyak software-software baik yang gratis maupun yang berbayar diciptakan sebagai 'tukang sampah' di registry. Anda dapat meminta bantuan Google untuk mendapatkan software-software tersebut.

Spyware dan virus
Selain masalah di registry, spyware dan virus juga menjadi salah satu faktor yang membuat kinerja PC menurun. Dikarenakan ada 'tugas-tugas khusus' yang dioperasikan dari dalam dan tidak disadari oleh pengguna PC maka komputer secara otomatis akan bekerja dua kali lebih berat.

Tidak hanya itu saja, spyware dan virus yang sudah menginfeksi sebuah perangkat komputer juga akan memangkas jumlah memori yang dimiliki oleh PC. Apabila, memori PC sudah banyak terpangkas, otomatis kinerja komputer juga akan menurun.

Disarankan agar tidak mengakses website yang tidak jelas track recordnya atau mengunduh program secara sembarangan. Sebagai catatan, internet adalah salah satu tempat yang sangat berbahaya, oleh karenanya diwajibkan untuk berjaga-jaga apabila terhubung dengan dunia nirkabel ini.

[das]


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • 5 Kabar terbaru Honda CBR150R jelang perilisan
  • 5 Gelandang paling doyan cetak gol dalam sejarah Premier League
  • Diduga terlibat pencucian uang, PNS Kota Batam ditangkap polisi
  • Jokowi akan kunjungi museum Bung Karno di Bali
  • Pria dengan buah zakar seberat 45 kilogram jalani operasi
  • Setahun konflik, Bamus akhirnya islah
  • Polisi masih rahasiakan penyebab kapal terbakar di Pulau Seribu
  • SBY sebut sistem ekonomi neolib tak suka subsidi ke rakyat
  • SBY: Selama memerintah saya turunkan defisit anggaran
  • Tukang sihir India tikam dan bakar lelaki diduga saingannya
  • SHOW MORE