Informasi Penghitungan Suara Sementara Hanya Ada Untuk DPR RI

Sumber : | Rabu, 8 April 2009 13:00




Informasi Penghitungan Suara Sementara Hanya Ada Untuk DPR RI
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Masyarakat atau sejumlah pihak yang ingin mengetahui hasil penghitungan suara sementara pemilu legislatif 2009 dari lembaga penyelenggara pemilu harus rela menunggu hingga dua pekan setelah hari pemungutan, mengingat KPU Pusat tidak menyediakan hasil tabulasi sementara melalui teknologi informasi.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Media Gathering yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jateng, di Kantor KPU di Semarang.

"Untuk pemilu 2009, KPU Pusat memang hanya menyediakan informasi penghitungan suara sementara untuk satu lembaga perwakilan saja yaitu DPR RI," ujar Ketua KPU Provinsi Jateng, Ida Budhiati didampingi sejumlah anggota KPU yang lainnya.

Berbeda dengan pelaksanaan pemilu 2004, KPU menyediakan tabulasi hasil penghitungan suara sementara melalui teknologi informasi untuk peroleh suara DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, serta DPD.

Untuk dapat mengakses hasil penghitungan suara sementara yang tidak tersedia melalui teknologi informasi, maka masyarakat yang berkepentingan mengetahui kegiatan tabulasi atau penghitungan suara sementara dapat mengakses berita acara atau hasil penghitungan sementara yang diumumkan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

Pada hari pemungutan suara 9 April nanti, katanya, informasi yang dapat diakses adalah berita acara dan sertifikat penghitungan suara yang diumumkan oleh petugas KPPS dibantu PPS di masing-masing TPS.

Ia mengatakan, kebijakan tersebut tidak hanya pada penyelenggaraan pemilu legislatif, tetapi juga pada pemilu presiden dan wakil presiden. "KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota tidak dapat berbuat banyak mengingat hanya pelaksanaan kebijakan KPU Pusat," ujarnya.

Apabila KPU Provinsi memaksakan kehendak untuk mengelola keuangan yang tidak sama dengan kebijakan KPU Pusat, pihaknya memprediksikan akan menghadapi kesulitan dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan yang sama dengan KPU Pusat.

"Padahal, prinsip pengelolaan keuangan KPU Provinsi harus mengikuti kebijakan KPU Pusat," jelasnya.

Seandainya kebijakan KPU Pusat tersebut tidak berdekatan hari pemungutan suara, KPU Provinsi Jateng dimungkinkan memiliki kesempatan untuk mengusulkan mekanisme penyediaan layanan informasi penghitungan hasil pemungutan suara sementara.

Namun, jika usulan tersebut dikabulkan oleh KPU Pusat sementara waktu yang tersedia terbatas, Ida memastikan hal itu sulit diwujudkan, mengingat harus mempersiapkan ketersediaan formulir dan merekrut tenaga untuk memasukkan data.

"Selain merepotkan, penyelenggara di tingkat KPPS juga akan terbebani karena harus mengisi formulir yang berbeda dengan yang sudah disediakan KPU Pusat hanya untuk satu lembaga perwakilan saja," ujarnya.

Hasil penghitungan suara pemilu 9 April mendatang diprediksi baru dapat diketahui pada 25 April 2009.

Pasalnya, kata Ida, penghitungan suara awal akan dilakukan oleh petugas di tingkat masing-masing PPK pada 11 April hingga 16 April, selanjutnya penghitungan tingkat KPU Kabupaten/Kota dilakukan 17 April hingga 21 April.

Setelah itu, penghitungan total untuk tingkat provinsi akan dilakukan pada 22 April hingga 25 April.

Jadwal sebelumnya, katanya, untuk penghitungan tingkat PPK dilakukan 11 April hingga 15 April, sedangkan tingkat KPU Kabupaten/Kota 17 April hingga 19 April, dan untuk tingkat Provinsi 19 April hingga 20 April.

"Mengingat ada daerah yang memiliki jumlah TPS lebih dari 200 TPS dan membutuhkan waktu penghitungan selama dua hari, maka kami mengusulkan ke KPU Pusat untuk dilakukan penjadwalan ulang untuk dilakukan penambahan waktu sehari," jelasnya.

Kegiatan tersebut juga ditandai dengan peluncuran website KPU Jateng. Dijelaskan Anggota KPU Jateng Andreas Pandiangan, layanan informasi, khususnya untuk perolehan suara partai dan caleg partai dilaporkan petugas KPPS melalui KPU Kabupaten/Kota melalui sistem yang dibuat tabulasi nasional.

"Prosesnya dari KPU Kabupaten/Kota melalui KPU Pusat. Untuk mengakses hasil penghitungan suara tersebut melalui alamat website tnp.kpu.go.id. Namun, yang bisa diakses hanya perolehan suara partai politik untuk DPR Pusat," ujarnya.(kpl/cax)


KUMPULAN BERITA
# Feronikel# Tambang

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya




{prev_next_news}


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Pukat UGM sebut pembangunan Pasar Soekarno terindikasi korupsi
  • Parpol pendukung Jokowi sudah puas pembagian jatah menteri
  • Pasar sudah antisipasi lambannya pengumuman menteri Jokowi
  • Tak terima disindir, Julia Perez sebut Hodijah seperti kecoa?
  • Akhirnya, trailer penuh sequel 'THE WOMAN IN BLACK' di rilis
  • Kabinet tak kunjung jelas, kepercayaan pada Jokowi terdegradasi
  • Fans EXO bikin ulah sampai prescon CART diundur
  • MK tolak 5 gugatan UU Pilkada
  • Diiming-imingi duit Rp 4 ribu, bocah 12 tahun disodomi tetangga
  • Nama 34 menteri sudah fix, Jokowi siap umumkan
  • SHOW MORE