WHO: Virus MERS jadi ancaman global

Reporter : Destriyana | Kamis, 30 Mei 2013 11:34

WHO: Virus MERS jadi ancaman global
Ilustrasi virus. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Sebastian Kaulitzki

Merdeka.com - Tiga orang telah meninggal akibat virus jenis baru mirip SARS, dengan jumlah korban tewas total 27 orang.


Para korban yang tidak disebutkan namanya itu berasal dari Arab Saudi dan meninggal di wilayah Timur Tengah, sebagaimana dikonfirmasi Kementerian Kesehatan Saudi kemarin (29/5).

Rabu kemarin, seorang pria 65 tahun ditemukan meninggal di Perancis setelah terjangkit virus Mers yang kini dianggap sebagai ancaman global dengan 49 kasus telah dikonfirmasi di seluruh dunia.

Awal pekan ini, Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa penyakit yang pertama kali diidentifikasi pada bulan September itu kini menjadi perhatian global.

Virus MERS-CoV memiliki hubungan erat dengan SARS, yang menewaskan sekitar 800 orang di dunia pada tahun 2003. Dr Margaret Chan, kepala WHO, menyampaikan sebuah pidato pada hari Senin lalu (27/5) di Jenewa.

"Kami memiliki terlalu sedikit pemahaman tentang virus ini bila dibandingkan dengan besarnya potensi ancaman," kata Chan pada pertemuan WHO tahunan, seperti dilansir Daily Mail (29/5).

WHO juga mengatakan pada awal bulan ini tercatat 20 dari 40 kasus yang dikonfirmasi berakhir dengan kematian. Sebagian besar orang yang terinfeksi itu dikonfirmasi telah melakukan perjalanan ke Qatar, Arab Saudi, Yordania atau Pakistan. Ditemukan pula beberapa kasus di Inggris dan Jerman.

Tunisia pekan lalu telah menjadi negara kesembilan di mana virus MERS telah dikonfirmasi. Untuk itu, otoritas Perancis awal bulan ini mulai membagi-bagikan selebaran di bandara untuk para wisatawan yang hendak pergi ke Timur Tengah agar lebih sering mencuci tangan dan membatasi kontak dengan hewan.

[des]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE